Resep Pesmol Ikan Mas, Lezat Sekali

Stephen Brewer   23/09/2020 09:59

Pesmol Ikan Mas
Pesmol Ikan Mas

Lagi mencari ide resep pesmol ikan mas yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Jika salah mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal pesmol ikan mas yang enak harusnya sih punya aroma dan cita rasa yang mampu memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari pesmol ikan mas, pertama dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara mengolah dan menghidangkannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan pesmol ikan mas yang enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Ibu saya jago banget masak masakan Indonesia. Tapi saya belum pandai urusan masakan yang bumbunya banyak, saya lebih suka bikin kue & pasta hehehe. Tapi kali ini saya coba masak ikan mas dengan instruksi dari ibu.

Di bawah ini ada beberapa tips dan trik praktis dalam mengolah pesmol ikan mas yang siap dikreasikan. Anda dapat membuat Pesmol Ikan Mas menggunakan 19 jenis bahan dan 8 tahap pembuatan. Berikut ini cara dalam menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan untuk menyiapkan Pesmol Ikan Mas:
  1. Sediakan ikan mas
  2. Siapkan daun bawang
  3. Ambil cabe merah keriting
  4. Ambil cabe rawit ijo
  5. Siapkan tomat
  6. Siapkan Jeruk nipis
  7. Siapkan daun salam
  8. Gunakan daun jeruk
  9. Sediakan sereh geprek
  10. Ambil Lengkuas geprek
  11. Siapkan Bumbu halus :
  12. Sediakan bawang putih
  13. Ambil bawang merah
  14. Siapkan kemiri
  15. Sediakan jahe
  16. Ambil kunyit
  17. Ambil Garam
  18. Ambil Minyak goreng
  19. Gunakan Gula

Resep Pesmol Ikan Mas Lengkap Dengan Cara Membuatnya. Sajian sedap dengan bahan dasar ikan mas yaitu Ikan Mas Pesmol. Mudah sekali dibuat dan bahan yang diperlukan untuk membuatnya pun sederhana. Bumbu-bumbunya banyak menggunakan rempah-rempah yang menambah kenikmatannya.

Cara menyiapkan Pesmol Ikan Mas:
  1. Cuci bersih ikan mas, lalu beri perasan jeruk nipis dan sedikit garam, diamkan sekitar 10 menit
  2. Setelah 10 menit,panaskan minyak lalu goreng ikan hingga warna kuning keemasan, angkat dan tiriskan
  3. Siapkan bumbu halusnya, lalu tumis hingga harum,
  4. Tambahkan daun salam, daun jeruk, sereh, lengkuas dan tomat
  5. Aduk2 dan kemudian tambahkan gula garam dan penyedap sambil tes rasa
  6. Lalu masukkan cabe merah yg sudah dipotong serong, dan cabe rawit ijo utuh
  7. Dan tambahkan sedikit air, aduk2 kemudian masukkan ikan nya, jgn terlalu banyak di aduk agar ikan tdk hancur, diamkan saja sampai air nya menyusut dan bumbu menjadi kental
  8. Setelah bumbu mengental dan terlihat kluar minyak, masukkan daun bawang nya, aduk sebentar lalu angkat dan sajikan..

Sekilas hidangan ini terlihat mirip ikan bandeng bumbu kuning. Resep ikan pesmol merupakan salah satu resep masakan Indonesia dengan bahan utama berupa ikan mas, walaupun demikian bisa juga menggunakan bahan lainnya seperti kembung, lele, bandeng bahkan udang pun dapat digunakan sebagai bahan utama. Yang paling terkenal dengan pesmol ikan mas adalah daerah cianjur, jawa barat. Jadi buat yang sedang mencari resepnya bisa langsung cek sendiri. Resep Ikan Mas Pesmol Bumbu Kuning Enak - Jika membicarakan bahan makanan yang memiliki gizi tinggi, ikan pasti termasuk di dalamnya.

Bagaimana? Gampang kan? Itulah cara menyiapkan pesmol ikan mas yang bisa Anda praktikkan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved