Resep Olahan nasi sisa (cireng nasi empuk) Anti Gagal

Jane Peterson   19/07/2020 23:37

Olahan nasi sisa (cireng nasi empuk)
Olahan nasi sisa (cireng nasi empuk)

Anda sedang mencari ide resep olahan nasi sisa (cireng nasi empuk) yang unik? Cara membuatnya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Kalau salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal olahan nasi sisa (cireng nasi empuk) yang enak selayaknya memiliki aroma dan cita rasa yang bisa memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari olahan nasi sisa (cireng nasi empuk), mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, hingga cara mengolah dan menyajikannya. Tak perlu pusing jika hendak menyiapkan olahan nasi sisa (cireng nasi empuk) enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu menjadi sajian istimewa.

Nasi putih yang tidak habis dimakan bisa diproses kembali menjadi kerupuk, sempol, pempek, omelet, atau kue lumpur. Sebelumnya pastikan nasi masih layak makan. Resep Olahan nasi sisa (cireng nasi empuk).

Nah, kali ini kita coba, yuk, kreasikan olahan nasi sisa (cireng nasi empuk) sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda dapat membuat Olahan nasi sisa (cireng nasi empuk) menggunakan 12 jenis bahan dan 9 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan untuk menyiapkan Olahan nasi sisa (cireng nasi empuk):
  1. Siapkan 7-8 centong Nasi
  2. Gunakan 1 sdm tepung terigu
  3. Gunakan 12 sdm tepung tapioka
  4. Sediakan 1 buah wortel (iris dadu kecil)
  5. Gunakan 2 batang daun bawang
  6. Gunakan 2 batang daun seledri
  7. Siapkan secukupnya Air
  8. Sediakan Bumbu
  9. Sediakan 1 sdt merica bubuk
  10. Gunakan 1 sdt ketumbar bubuk
  11. Ambil 3 siung bawang putih
  12. Sediakan secukupnya Garam

Membuatnya pun sederhana dan hasilnya lezat. Resep olahan cemilan unik dari nasi sisa dapat menjadi solusi dari kebiasaan sisanya masakan nasi di rumah yang seringkali membuat jengkel. Saking jengkelnya, bisa jadi nasi sisa yang sudah tidak dimakan lagi akan dibuang. Namun, sangat menyayangkan jika nasi sisa di rumah harus dibuang sementara banyak orang yang belum tentu bisa menikmati.

Cara menyiapkan Olahan nasi sisa (cireng nasi empuk):
  1. Siapkan nasi dan blender jangan terlalu lembut agar cireng tidak terlalu lembek (tidak diblender sebenarnya tidak apa2, sy diblender karena ada yg agak keras 🤭), kwmjdkan sisihkan dalam wadah
  2. Cuci dan potong wortel, daun bawang dan seledri, sisihkan dulu
  3. Campurkan bumbu pada nasi
  4. Campurkan sayur pada nasi yang sudah dibumbui sampai merata
  5. Masukan tepung terigu dan tepung tapioka, uleni dan tambahkan air jika perlu (kalau saya karena sudah dblender nasi sudah lembek tidak saya tambah air lagi)
  6. Siapkan wadah untuk membentuk adonan setelah tercampur semua, ingat berikan tepung pada wadah agar tidak lengket, tepung luar tidak perlu terlalu banyak hanya agar tidak lengket saja (kalau terlalu banyak cireng jadi bau tepung dan nanti rontok setelah matang)
  7. Goreng dengan api sedang dan semua cireng tertutup minyak ya
  8. Jika cireng terlalu banyak boleh disimpan di freezer
  9. Setelah matang siap disajikan

Nasi kebuli merupakan salah satu hidangan olahan nasi dan daging yang populer dan banyak digemari masyarakat. Biasanya, nasi kebuli dimasak dengan berbagai bumbu rempah yang membuat cita rasanya semakin khas. Bukan hanya rasa, aroma nasi kebuli pun sedap dan selalu menggugah selera setiap penikmatny Punya sisa nasi di rumah? Gorengan gurih ini paling enak jadi cemilan saat nonton TV dengan keluarga. Cara membuatnya juga mudah, tentunya juga lebih sehat karena bahan di dapur sendiri tentu lebih terjaga kualitasnya.

Gimana nih? Gampang kan? Itulah cara menyiapkan olahan nasi sisa (cireng nasi empuk) yang bisa Anda praktikkan di rumah. Selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved