Bagaimana Membuat Pesmol Ikan Mas yang Enak Banget

Mathilda Ortiz   01/08/2020 21:57

Pesmol Ikan Mas
Pesmol Ikan Mas

Anda sedang mencari inspirasi resep pesmol ikan mas yang unik? Cara menyiapkannya memang susah-susah gampang. Jika keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal pesmol ikan mas yang enak selayaknya punya aroma dan rasa yang bisa memancing selera kita.

Ibu saya jago banget masak masakan Indonesia. Tapi saya belum pandai urusan masakan yang bumbunya banyak, saya lebih suka bikin kue & pasta hehehe. Tapi kali ini saya coba masak ikan mas dengan instruksi dari ibu.

Banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari pesmol ikan mas, mulai dari jenis bahan, kedua pemilihan bahan segar hingga cara mengolah dan menghidangkannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan pesmol ikan mas enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat menjadi suguhan spesial.

Nah, kali ini kita coba, yuk, siapkan pesmol ikan mas sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat untuk membantu menjaga kesehatan tubuhmu sekeluarga. Anda bisa menyiapkan Pesmol Ikan Mas memakai 16 bahan dan 5 langkah pembuatan. Berikut ini langkah-langkah untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan dalam menyiapkan Pesmol Ikan Mas:
  1. Siapkan ikan mas (sesuai selera)
  2. Gunakan jeruk nipis
  3. Ambil cabe rawit utuh
  4. Siapkan daun bawang potong2
  5. Ambil daun jeruk buang tulangnya
  6. Sediakan lengkuas geprek
  7. Gunakan sereh geprek
  8. Siapkan kaldu bubuk,gula dan garam
  9. Sediakan air
  10. Siapkan Bumbu Halus
  11. Ambil bawang merah
  12. Ambil bawang putih
  13. Sediakan jahe
  14. Ambil ketumbar
  15. Siapkan kemiri
  16. Gunakan kunyit

Resep Pesmol Ikan Mas Lengkap Dengan Cara Membuatnya. Sajian sedap dengan bahan dasar ikan mas yaitu Ikan Mas Pesmol. Mudah sekali dibuat dan bahan yang diperlukan untuk membuatnya pun sederhana. Bumbu-bumbunya banyak menggunakan rempah-rempah yang menambah kenikmatannya.

Cara membuat Pesmol Ikan Mas:
  1. Siapkan semua bahan2nya.
  2. Bersihkan ikan dari sisik dan isi perutnya, kerat2 punggungnya lalu cuci bersih, lumuri dengan perasan jeruk nipis dan garam, diamkan 15 menit.
  3. Panaskan minyak goreng, goreng ikan hingga matang dan kering, angkat dan sisihkan.
  4. Panaskan minyak goreng, tumis bumbu halus hingga harum, masukkan daun jeruk, lengkuas dan sereh, tumis hingga bumbu benar2 matang, beri air secukupnya, bubuhi garam,kaldu bubuk,dan gula secukupnya.
  5. Masukkan cabe rawit dan daun bawang, koreksi rasanya jika sudah pas masukkan ikan, aduk rata biarkan bumbu meresap ke ikan, jika bumbu sudah meresap keseluruh angkat dan sajikan.

Sekilas hidangan ini terlihat mirip ikan bandeng bumbu kuning. Resep ikan pesmol merupakan salah satu resep masakan Indonesia dengan bahan utama berupa ikan mas, walaupun demikian bisa juga menggunakan bahan lainnya seperti kembung, lele, bandeng bahkan udang pun dapat digunakan sebagai bahan utama. Yang paling terkenal dengan pesmol ikan mas adalah daerah cianjur, jawa barat. Jadi buat yang sedang mencari resepnya bisa langsung cek sendiri. Resep Ikan Mas Pesmol Bumbu Kuning Enak - Jika membicarakan bahan makanan yang memiliki gizi tinggi, ikan pasti termasuk di dalamnya.

Terima kasih telah menggunakan resep yang kami tampilkan di halaman ini. Harapan kami, olahan Pesmol Ikan Mas yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan makanan yang menarik untuk keluarga/teman ataupun menjadi ide dalam berjualan makanan. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved