Resep Pesmol Ikan Mas yang Menggugah Selera

Harold Byrd   02/10/2020 14:04

Pesmol Ikan Mas
Pesmol Ikan Mas

Anda sedang mencari inspirasi resep pesmol ikan mas yang unik? Cara membuatnya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Kalau salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal pesmol ikan mas yang enak selayaknya memiliki aroma dan cita rasa yang bisa memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari pesmol ikan mas, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan pesmol ikan mas yang enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa menjadi suguhan spesial.

Ibu saya jago banget masak masakan Indonesia. Tapi saya belum pandai urusan masakan yang bumbunya banyak, saya lebih suka bikin kue & pasta hehehe. Tapi kali ini saya coba masak ikan mas dengan instruksi dari ibu.

Nah, kali ini kita coba, yuk, siapkan pesmol ikan mas sendiri di rumah. Tetap berbahan yang sederhana, hidangan ini bisa memberi manfaat untuk membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Pesmol Ikan Mas menggunakan 17 jenis bahan dan 5 tahap pembuatan. Berikut ini cara untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan dalam pembuatan Pesmol Ikan Mas:
  1. Siapkan 3 ekor ikan mas
  2. Gunakan 1/2 bh jeruk nipis
  3. Gunakan 2 btg sereh
  4. Gunakan 2 lbr daun jeruk
  5. Ambil 3 lbr daun salam
  6. Siapkan 3 cm lengkuas, memarkan
  7. Siapkan Seikat kemangi
  8. Siapkan Secukupnya cabe rawit
  9. Ambil Bumbu halus:
  10. Ambil 7 btr bawang merah
  11. Siapkan 4 siung bawang putih
  12. Ambil 2 btr kemiri
  13. Siapkan 1 sdm ketumbar
  14. Siapkan 2 cm kunyit
  15. Siapkan 3 cm jahe
  16. Gunakan Secukupnya gula, garam dan kaldu bubuk
  17. Sediakan 200 ml air

Resep Pesmol Ikan Mas Lengkap Dengan Cara Membuatnya. Sajian sedap dengan bahan dasar ikan mas yaitu Ikan Mas Pesmol. Mudah sekali dibuat dan bahan yang diperlukan untuk membuatnya pun sederhana. Bumbu-bumbunya banyak menggunakan rempah-rempah yang menambah kenikmatannya.

Cara menyiapkan Pesmol Ikan Mas:
  1. Bersihkan ikan mas dari sisik dan isi perutnya, cuci bersih. Beri air jeruk nipis dan sedikit garam. Biarkan ±15menit. Cuci bersih lagi, tiriskan dan goreng sampai kuning keemasan. Sisihkan
  2. Siapkan bahan-bahan
  3. Tumis bumbu halus, daun salam, daun jeruk, sereh dan lengkuas sampai wangi. Masukkan air aduk rata. Bubuhi gula, garam dan kaldu bubuk
  4. Masukkan cabe rawit, ikan mas goreng, aduk sampai bumbu meresap
  5. Menjelang diangkat masukkan kemangi. Aduk rata. Angkat dan sajikan

Sekilas hidangan ini terlihat mirip ikan bandeng bumbu kuning. Resep ikan pesmol merupakan salah satu resep masakan Indonesia dengan bahan utama berupa ikan mas, walaupun demikian bisa juga menggunakan bahan lainnya seperti kembung, lele, bandeng bahkan udang pun dapat digunakan sebagai bahan utama. Yang paling terkenal dengan pesmol ikan mas adalah daerah cianjur, jawa barat. Jadi buat yang sedang mencari resepnya bisa langsung cek sendiri. Resep Ikan Mas Pesmol Bumbu Kuning Enak - Jika membicarakan bahan makanan yang memiliki gizi tinggi, ikan pasti termasuk di dalamnya.

Bagaimana? Gampang kan? Itulah cara membuat pesmol ikan mas yang bisa Anda praktikkan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved