Bagaimana Membuat Telur Setengah Matang yang Sempurna

Gene Higgins   07/07/2020 20:50

Telur Setengah Matang
Telur Setengah Matang

Lagi mencari inspirasi resep telur setengah matang yang unik? Cara membuatnya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal telur setengah matang yang enak seharusnya mempunyai aroma dan cita rasa yang bisa memancing selera kita.

Adakah manfaat telur setengah matang untuk kesehatan? Tidak dapat dipungkiri bahwa pemasakan telur, terutama dengan suhu tinggi, dapat mengurangi kandungan nutrisi dalam telur itu sendiri. Telur setengah matang adalah telur yang diolah tidak sampai semua bagian telur mengeras.

Banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari telur setengah matang, pertama dari jenis bahan, kedua pemilihan bahan segar hingga cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing jika ingin menyiapkan telur setengah matang yang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa jadi suguhan istimewa.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan telur setengah matang sendiri di rumah. Tetap berbahan sederhana, hidangan ini bisa memberi manfaat untuk membantu menjaga kesehatan tubuhmu sekeluarga. Anda dapat menyiapkan Telur Setengah Matang memakai 3 bahan dan 5 tahap pembuatan. Berikut ini cara untuk menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan dalam pembuatan Telur Setengah Matang:
  1. Gunakan 8 butir telur ayam kampung
  2. Ambil Air secukupnya supaya bisa menutupi seluruh permukaan telur
  3. Sediakan Lada dan garam untuk taburan

Orang mengonsumsi telur setengah matang dengan alasan selain teksturnya yang lembut, juga agar tidak merusak nutrisi. Kalau Anda lebih suka telur setengah matang—yang digoreng kemudian dibalik untuk mendapatkan kuning telur yang sedikit encer—jangan takut! Asalkan wajannya dipanaskan terlebih dahulu dan. Khasiat.co.id - Telur setengah matang merupakan salah satu makanan yang mengandung banyak nutrisi.

Langkah-langkah membuat Telur Setengah Matang:
  1. Siapkan panci beserta tutupnya. Mesti yang bisa menutup rapat ya, saya sih pakai piring yg lebih lebar dari bibir panci saja.
  2. Didihkan air di panci, setelah mendidih masukkan telur ayam kampungnya pelan-pelan menggunakan sendok sayur supaya telur tidak retak. Masukkan satu per satu hingga semua telur habis. Matikan api. Segera tutup rapat pancinya.
  3. Biarkan 5 menit untuk telur room temperature, bila telur dingin dari kulkas, tambahkan waktu jadi 6 menit
  4. Buka tutup panci, keluarkan telur dan pecahkan satu per satu (lebih baik jika kita ingat urutan telur yg dimasukkan pertama, baiknya diangkat duluan)
  5. Taburkan garam dan lada di atas telur. Sajikan dengan roti bakar atau pelengkap lainnya.

Kemudian, nutrisi esensial di dalam makanan ini seperti riboflavin. Telur setengah matang akan memberikan protein yang melimpah dengan jumlah kalori yang rendah. Diantara kalian pasti ada yang suka memakan telur setengah matang, dan nggak heran sih karena telur setengah matang memang cukup banyak disukai orang. Didihkan air yang cukup membenamkan seluruh telur. Setelah mendidih masukkan telur perlahan, bisa menggunakan centong atau saringan (saya menggunakan panci untuk membuat pasta, jadi tinggal dibenamkan).

Terima kasih telah menggunakan resep yang tim kami tampilkan di sini. Besar harapan kami, olahan Telur Setengah Matang yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan hidangan yang menarik untuk keluarga/teman maupun menjadi inspirasi untuk berbisnis kuliner. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved