Resep Pentol corah Anti Gagal

Bertha Walker   18/08/2020 07:23

Pentol corah
Pentol corah

Anda sedang mencari ide resep pentol corah yang unik? Cara membuatnya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal pentol corah yang enak harusnya sih punya aroma dan rasa yang dapat memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari pentol corah, mulai dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar, hingga cara mengolah dan menyajikannya. Tidak usah pusing jika mau menyiapkan pentol corah yang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan istimewa.

Pentol corah itu, yang khas saosnya yang puedess endes, tapi kalo beli kadang suka takut sendiri, warnanya muerah, bahane apa aja, kan kita gak paham, coba deh bikin sendiri lebih pisa ngontrol isi dan prosesnya, juga disesuaikan dengan selera kita Pentol Corah adalah jajanan bercita rasa pedas itu menjadi salah satu kuliner khas bisa dinikmati saat jalan-jalan ke Kota Gadis. Terutama bagi para penikmat kuliner pedas. Salah satu camilan yang inovasi yang paling banyak digemari di Jawa Timur adalah pentol corah.

Berikut ini ada beberapa tips dan trik praktis untuk membuat pentol corah yang siap dikreasikan. Anda dapat menyiapkan Pentol corah menggunakan 10 bahan dan 4 langkah pembuatan. Berikut ini langkah-langkah dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan untuk menyiapkan Pentol corah:
  1. Siapkan 10 Tahu kopong
  2. Gunakan 150 gram Terigu
  3. Siapkan 150 gram Tapioka
  4. Ambil 1/2 sdt Garam
  5. Sediakan 1/2 sdt bawang putih bubuk
  6. Sediakan Kaldu bubuk 3/4 sachet(royko)
  7. Ambil 1 batang daun bawang
  8. Siapkan 1 batang daun seledri
  9. Gunakan 250-300 ml Air kurang lebih
  10. Ambil 1/2 sdt Lada bubuk

Seperti pentol pada umumnya, corah Madiun terbuat dari tepung kanji, tahu, bawang putih dan garam. Kawasan Rejomulyo memang terkenal dengan pusat pembuatan dan penjualan pentol corah. Untuk pentol corahnya, Bu Ninik hanya menggunakan pentol corah yang dibuat dari tepung kanji, tahu, air, dan bumbu yang terdiri atas bawang putih dan garam. Pentol corah bikinan Ninik tersebar hingga Nganjuk, Ponorogo, Magetan, dan sejumlah kabupaten tetangga lain.

Langkah-langkah menyiapkan Pentol corah:
  1. Belah tahu disalah satu sisinya lalu sisihkan
  2. Campur terigu,tapioka,lada,bawang putih,kaldu bubuk,garam,irisan seledri dan daun bawang,aduk rata lalu tambhkan air sedikit2 sampai teksturnya seperti adonan bakwan
  3. Masukkan adonan kedalam tahu,trus sisa adonan tambah sedikit air sekitar 30 ml hingga teksturnya encer masukkan kedalam loyang (olesi minyak biar tidak lengket) lalu kukus hingga matang 20-30 menit
  4. Jika sudah matang angkat dan potong2 sesuai selera lalu beri saus.untuk saus home made nya next resep ya

Pentol corah adalah makanan khas Madiun yang wajib kamu cobain jika kamu adalah pecinta kuliner yang memiliki cita rasa yang pedas. Tahu corah terbuat dari bahan utama campuran tepung terigu, tepung kanji, air, olahan bumbu rempah-rempah seperti bawang putih, merica dan juga garam. Pentol corah biasanya juga dihidangkan bersama dengan cakar ayam dan krupuk bawang. Penjual pentol corah di Madiun terkenal di daerah Desa Rejomulyo, Kecamatan Kartoharjo. Makanan khas Madiun Jatim yang diberi nama pentol corah ini dibuat dari tepung terigu yang dicampur dengan tepung kanji, kemudian ditambahkan dengan bumbu bumbu berupa merica, bawang putih, garam, dan juga air.

Bagaimana? Mudah bukan? Itulah cara membuat pentol corah yang bisa Anda lakukan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved