Resep Pentol Corah Khas Madiun Anti Gagal

Teresa Wallace   02/11/2020 11:47

Pentol Corah Khas Madiun
Pentol Corah Khas Madiun

Sedang mencari inspirasi resep pentol corah khas madiun yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal pentol corah khas madiun yang enak seharusnya punya aroma dan cita rasa yang mampu memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari pentol corah khas madiun, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, hingga cara mengolah dan menghidangkannya. Tidak usah pusing jika mau menyiapkan pentol corah khas madiun enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu jadi sajian spesial.

Pentol corah khas madiun , berhubung gag ada yg jualan di sini akhirx buat sendiri aja 😀 Nur Liya Ulfa Niyfa. Dari pada jauh beli nya di Madiun ya buat sendiri aja lah🥰🥰 Diyah Ayu Aprillia. Merdeka.com - Selain terkenal dengan brem yang bercita rasa manis, Madiun juga memiliki jajanan lain yang tak kalah legendaris, yaitu Pentol Corah.

Nah, kali ini kita coba, yuk, siapkan pentol corah khas madiun sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, hidangan ini bisa memberi manfaat untuk membantu menjaga kesehatan tubuhmu sekeluarga. Anda dapat membuat Pentol Corah Khas Madiun menggunakan 16 bahan dan 6 langkah pembuatan. Berikut ini langkah-langkah dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan dalam pembuatan Pentol Corah Khas Madiun:
  1. Ambil 100 gram tepung kanji
  2. Siapkan 200 gram tepung terigu
  3. Gunakan 10 buah tahu pong
  4. Ambil 3 siung bawang putih
  5. Sediakan 1 bgks kaldu bubuk (royco atau apapun)
  6. Sediakan 1 bgks lada bubuk (ladaku)
  7. Sediakan 200 ml air hangat
  8. Sediakan Bahan Saus :
  9. Sediakan sesuai selera cabe keriting dan rawit
  10. Siapkan 2 siung bawang putih
  11. Siapkan 2 siung bawang merah
  12. Gunakan 1 buah tomat cerry
  13. Siapkan 5 bgks saus extra pedas (indofood kecil)
  14. Ambil secukupnya garam
  15. Sediakan 1 sdm kecap manis
  16. Sediakan 1 sdt gula pasir

Pentol Corah adalah jajanan bercita rasa pedas itu menjadi salah satu kuliner khas bisa dinikmati saat jalan-jalan ke Kota Gadis. Terutama bagi para penikmat kuliner pedas. Selain terkenal dengan brem yang bercita rasa manis, Madiun juga memiliki jajanan lain yang tak kalah legendaris, yaitu Pentol Corah. Pecel Madiun (resepdanmasakan.com) Pecel menjadi satu ikon kuliner khas Madiun yang wajib traveler cicipi.

Cara membuat Pentol Corah Khas Madiun:
  1. Haluskan bawang putih. Masukkan kedua tepung, bawang halus, kaldu bubuk, lada dan air sedikit-sedikit.
  2. Uleni adonan (kalo pengen adonan tidak terlalu kenyal, tambahkan lagi sedikit air dingin. Tapi jngn sampai terlalu cair ya)
  3. Siapkan tahu, belah tengahnya dan masukkan adonannya. Siapkan kukusannya ya moms
  4. Masukkan tahu ke dalam kukusan. Siapkan bahan saus.
  5. Semua bahan diblender halus kecuali garam, kecap, gula, dan saus. Blender dg sedikit air. Masak sampai mengental, tambahkan saus, kecap, garam, dan gula. Masak sampai mengental.
  6. Setelah matang, potong pentol corah dan sajikan bersama sambal. Nikmat dimakan pas panas2nya tuh moms^^

Karena menjadi kuliner yang ikonik, maka tidak heran jika banyak pedagang yang menjajakan pecel Madiun. Kawasan Rejomulyo memang terkenal dengan pusat pembuatan dan penjualan pentol corah. Untuk pentol corahnya, Bu Ninik hanya menggunakan pentol corah yang dibuat dari tepung kanji, tahu, air, dan bumbu yang terdiri atas bawang putih dan garam. Pentol corah adalah makanan khas Madiun yang wajib kamu cobain jika kamu adalah pecinta kuliner yang memiliki cita rasa yang pedas. Tahu corah terbuat dari bahan utama campuran tepung terigu, tepung kanji, air, olahan bumbu rempah-rempah seperti bawang putih, merica dan juga garam.

Bagaimana? Mudah bukan? Itulah cara membuat pentol corah khas madiun yang bisa Anda lakukan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved