Resep Soto Betawi asli, Bisa Manjain Lidah

Eva Barton   08/09/2020 20:47

Soto Betawi asli
Soto Betawi asli

Anda sedang mencari inspirasi resep soto betawi asli yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Jika keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal soto betawi asli yang enak harusnya sih mempunyai aroma dan rasa yang bisa memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari soto betawi asli, pertama dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau hendak menyiapkan soto betawi asli yang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa menjadi suguhan istimewa.

Menu yang akan Resep Koki sajikan kali ini adalah menu yang berasal dari Ibu Kota Negara kita, yap! Soto betawi adalah salah satu varian masakan soto yang cukup disukai oleh banyak orang di seluruh nusantara. Soto Betawi adalah : Soto Asli Jakarta merupakan salah satu kuliner Nusantara yang begitu populer.

Berikut ini ada beberapa tips dan trik praktis dalam mengolah soto betawi asli yang siap dikreasikan. Anda bisa membuat Soto Betawi asli memakai 23 jenis bahan dan 7 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah untuk menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan dalam pembuatan Soto Betawi asli:
  1. Siapkan 1/2 kilo ayam
  2. Sediakan 500 ml santan
  3. Sediakan 2 liter air
  4. Gunakan Bahan pelengkap :
  5. Ambil 1/2 kilo kentang (dibuat perkedel)
  6. Sediakan 4 butir tomat
  7. Siapkan Bawang goreng
  8. Siapkan 1 ons emping
  9. Siapkan kecap
  10. Gunakan cuka
  11. Gunakan Bumbu kuah soto :
  12. Gunakan 1 batang sereh (memarkan)
  13. Gunakan 1 ruas jahe, lengkuas (memarkan)
  14. Siapkan 2 siung bawang putih
  15. Ambil 2 lembar daun salam
  16. Ambil royco
  17. Ambil rasa ayam
  18. Sediakan garam
  19. Siapkan lada
  20. Ambil cabe rawit (rebus)
  21. Siapkan ulek bersama garam
  22. Gunakan Sambal :
  23. Siapkan Cabe merah

Salah satu jenis soto yang ada di Indonesia ini sangat unik karena berbeda dengan beberapa jenis soto lainnya yang hanya memakai daging sebagai bahan utama. Soto Betawi memakai daging sapi dan juga beberapa bahan lain seperti torpedo dan juga jeroan. Selain itu, Resep Soto Betawi Asli - Soto merupakan hidangan dengan kuah yang tersebar di Indonesia. Kuah hidangan ini dapat berwarna keruh atau bening.

Langkah-langkah menyiapkan Soto Betawi asli:
  1. Bumbu kuah soto
  2. Cuci bersih ayam, rebus bersama 2 liter air. Masukan bumbu kuah soto. Kecuali Royco dan lada
  3. Setelah matang, kurang lebih 30menit, masukan santan. Lada dan Royco tambah garam. Aduk2 Sampai matang. Angkat ayam.
  4. Rebus cabe merah dan cabe rawit. Ulek bersama garam
  5. Goreng ayam
  6. Sajikan.
  7. Masukan irisan tomat,perkedel,ayam,bawang goreng,kecap manis,cuka,emping,sambal. Selamat mencoba

Warna tersebut disebabkan dari campuran bahan-bahan di dalamnya. Soto dengan warna kuah yang keruh biasanya diberi tambahan santan. Sejak saat itulah makanan soto betawi menjadi populer di seantero Jakarta dan banyak kota lain di Indonesia. Resep Rahasia Cara Membuat Soto Betawi Lezat Asli Betawi. Yang mempopulerkan dan pertama memakai kata Soto Betawi adalah penjual soto di THR Lokasari.

Terima kasih telah membaca resep yang kami tampilkan di sini. Besar harapan kami, olahan Soto Betawi asli yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan makanan yang sedap untuk keluarga/teman ataupun menjadi inspirasi untuk berjualan makanan. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved