Langkah Mudah untuk Membuat Soto Betawi rumahan, Bikin Ngiler

Jane Burns   19/11/2020 05:32

Soto Betawi rumahan
Soto Betawi rumahan

Anda sedang mencari inspirasi resep soto betawi rumahan yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Kalau keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal soto betawi rumahan yang enak seharusnya memiliki aroma dan rasa yang bisa memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari soto betawi rumahan, pertama dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar, sampai cara mengolah dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau hendak menyiapkan soto betawi rumahan yang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat menjadi sajian istimewa.

Soto Betawi merupakan soto yang populer di daerah Jakarta. Seperti halnya soto Madura dan soto sulung, soto Betawi juga menggunakan jeroan. Selain jeroan, sering kali organ-organ lain juga disertakan, seperti mata, terpedo, dan juga hati.

Di bawah ini ada beberapa tips dan trik praktis yang dapat diterapkan untuk mengolah soto betawi rumahan yang siap dikreasikan. Anda dapat menyiapkan Soto Betawi rumahan menggunakan 19 bahan dan 6 tahap pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan untuk menyiapkan Soto Betawi rumahan:
  1. Gunakan 1/4 kg ayam (bersihkan)
  2. Ambil 3 bh kentang (potong2 besar)
  3. Gunakan Santan kelapa (saya pke Kara)
  4. Siapkan 4 bh bawang merah
  5. Sediakan 2 siung bawang putih
  6. Sediakan 2 butir kemiri
  7. Ambil 1 cm kunyit
  8. Ambil 1 cm jahe
  9. Gunakan 1 sdt ketumbar bubuk
  10. Siapkan 2 lembar daun jeruk
  11. Sediakan 1 lembar daun salam
  12. Gunakan 1 btng sereh
  13. Sediakan 1 bh tomat
  14. Gunakan 1 lembar daun bawang
  15. Ambil 1 bh jeruk lemon
  16. Ambil secukupnya Gula & garam
  17. Siapkan Minyak goreng secukupnya (u/ menumis bumbu)
  18. Gunakan Emping (untuk toping pelengkap)
  19. Ambil Bawang goreng

Soto Betawai merupakan kuliner yang khas dari Jakarta, sebenarnya tidak jauh berbeda dengan Soto lainnya. Namun, soto betawai memiliki ciri khas tertentu. Makanan aku kali ini dari soto betawi roemahan yang rasanya itu rasa rumahan banget. Kuahnya yang sedap gurih nikmat , serta varian isian dagingnya (daging , kikil , paru , iga) juga beragam , serta tekstur dagingnya yang lembut dan porsinya yang bikin kenyang , kalian juga bisa loh gaes extra topping di soto kalian.

Langkah-langkah membuat Soto Betawi rumahan:
  1. Ayam direbus lalu digoreng lalu disuir.sisihkan
  2. Kentang digoreng.sisihkan
  3. Haluskan bawang merah,bawang putih,kemiri,kunyit,jahe,dan ketumbar.
  4. Tumis bumbu yg tadi dihaluskan masukan juga daun salam dan sereh,tumis hingga harum,tambahkn air secukupnya.Lalu tambahkan garam dan gula secukupnya.Setelah agak mendidih masukan santan sambil diaduk2 agar santan tidak pecah.kemudian masukan kentang dan ayam yg sudah digoreng tadi dlm api sedang masak sampai matang lalu masukan daun bawang.
  5. Saat akan disajikan jgn lupa tambahkn potongan tomat,bawang goreng dan emping.
  6. Selamat mencoba 😉

Soto Betawi ini merupakan salah satu hidangan rumahan yang cocok dinikmati dalam segala suasana. Seperti saat cuaca tak menentu, yang terkadang bahkan membuat tubuh menjadi lemas dan terserang flu. Di cuaca ini kamu bisa mengembalikan stamina dengan makan soto Betawi yang menggugah selera karena rasanya yang segar dan gurih. Usaha Rumahan Soto Betawi yang menghasilkan kini banyak bermunculan terutama untuk para ibu rumah tangga. Usaha yang dilakukan di rumah, tidak membutuhkan toko dengan letak strategis.

Terima kasih telah membaca resep yang tim kami tampilkan di halaman ini. Besar harapan kami, olahan Soto Betawi rumahan yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan makanan yang menarik untuk keluarga/teman maupun menjadi ide bagi Anda yang berkeinginan untuk berbisnis kuliner. Selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved