Langkah Mudah untuk Membuat Soto betawi oseng ala H.mamat Anti Gagal

Danny Romero   21/06/2020 12:48

Soto betawi oseng ala H.mamat
Soto betawi oseng ala H.mamat

Anda sedang mencari inspirasi resep soto betawi oseng ala h.mamat yang unik? Cara membuatnya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Jika salah mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal soto betawi oseng ala h.mamat yang enak harusnya sih punya aroma dan rasa yang dapat memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari soto betawi oseng ala h.mamat, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara mengolah dan menyajikannya. Tak perlu pusing kalau mau menyiapkan soto betawi oseng ala h.mamat enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu jadi suguhan istimewa.

Mamat terletak pada proses pembuatan air santan kelapanya, dan rempah-rempah yang dibuat menggunakan peralatan tradisional. Sajian menu dengan kuah terpisah, dipadu kelezatan oseng daging yang terdiri dari pilihan daging sapi, kaki, urat, kikil, atau daging ayam, menjadi salah satu menu andalan. Bagi yang belum tau, awalnya soto oseng daging ini pertama kali diperkenalkan oleh rumah makan soto tersohor di kawasan Jakarta Pusat bernama "Soto Betawi H Mamat".

Nah, kali ini kita coba, yuk, kreasikan soto betawi oseng ala h.mamat sendiri di rumah. Tetap berbahan yang sederhana, sajian ini dapat memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa menyiapkan Soto betawi oseng ala H.mamat memakai 25 bahan dan 7 tahap pembuatan. Berikut ini cara untuk menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan dalam menyiapkan Soto betawi oseng ala H.mamat:
  1. Ambil Daging sapi/ayam 200gr (rebus sampai empuk) dgn air 500ml
  2. Ambil Bumbu halus :
  3. Ambil 4 bawang merah
  4. Siapkan 2 bawang putih
  5. Sediakan 1 kemiri (disangrai)
  6. Sediakan 1/2 sdt ketumbar
  7. Ambil 1/2 sdt jinten
  8. Ambil Bumbu cemplung :
  9. Siapkan 1/2 ruas jahe digeprek
  10. Sediakan 1/2 ruas lengkuas digeprek
  11. Gunakan 4 bh cengkeh
  12. Siapkan Pala sedikit saja
  13. Sediakan secukupnya Garam
  14. Siapkan 2 lembar daun salam,5lembar daun jeruk
  15. Ambil 500 ml santan kental dr 1/2butir kelapa
  16. Ambil 200 ml susu cair
  17. Ambil 2 bahan tomat potong2
  18. Sediakan Bawang goreng
  19. Gunakan Jeruk limau
  20. Sediakan Bahan daging oseng :
  21. Ambil Ayam
  22. Siapkan 5 bawang merah di iris
  23. Siapkan 1 sdm kecap manis
  24. Siapkan 2 bh tomat dipotong2
  25. Siapkan 15 bh cabe rawit hijau di potong2

Isi dari daging oseng nya ini adalah daging sapi, tomat, sama potongan cabe ijo. Kalo ke sini selalu pesan oseng" daging+soto kuah santannya. Dagingnya lembut rasanya manis gurih, bawang gorengnya itu loh nikmat bgt, ditambah potongan tomat dan rawit sebagai pelengkap. Santannya cukup kental, berempah dan gurih, ditambah emping, potongan daun bawang dan bawang goreng yg harum.

Cara menyiapkan Soto betawi oseng ala H.mamat:
  1. Rebus sapi/ayam hingga lunak, sisihkan dagingnya lalu potong kotak2 dadu
  2. Membuat kuah santan:
  3. Ambil kaldu bekas rebusan,masukan bumbu halus yg telah ditumis dahulu dengan bahan cemplungan lalu masukan santan susu garam koreksi rasa,masukan tomat yg uda dipotong2 didihkan sebentar,lalu masukan 1sdm blueband smpe lumer
  4. Daging oseng:
  5. Tumis bawang merah hingga layu,masukan daging tomat garam,oseng sebentar masukan cabe potong lalu kecap manis lalu tuang air sedikit,oseng2 sebentar smpe air meresap lalu matikan kompor dan sajikan,tabur bawang goreng
  6. Sajikan dengan sambal dan jeruk limau
  7. Bawang goreng hrs agk banyak ya,spy enk..

Mamat terletak pada proses pembuatan air santan kelapanya dan rempah-rempah yang dibuat menggunakan peralatan tradisional. Sajian menu dengan kuah terpisah, dipadu kelezatan oseng daging yang terdiri dari pilihan daging sapi, kaki, urat, kikil, atau daging ayam, menjadi salah satu menu andalan. Soto betawi yang paling ngangenin rasanya, meskipun cabangnya banyak sekali, tetapi setiap cabang rasanya beda-beda, dan memang disini cabang yang paling enak. Dari masih warung sampe pindah ke ruko tetep disamperin walaupun jauh dari rumah. Yang paling enak soto daging santen dan oseng daging.

Gimana nih? Mudah bukan? Itulah cara menyiapkan soto betawi oseng ala h.mamat yang bisa Anda praktikkan di rumah. Selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved