Bagaimana Menyiapkan Soto Betawi yang Bikin Ngiler

Tommy Stanley   18/09/2020 07:50

Soto Betawi
Soto Betawi

Sedang mencari ide resep soto betawi yang unik? Cara membuatnya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Jika keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal soto betawi yang enak harusnya sih punya aroma dan rasa yang bisa memancing selera kita.

Garnishes for soto betawi: emping (melinjo crackers), fried potato cubes, bawang goreng (fried shallots), scallions, freshly squeezed lime juice, diced tomatoes, kecap manis (not shown), and acar (not shown). What to serve with soto betawi. Soto betawi is never just about the soup.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari soto betawi, mulai dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar sampai cara membuat dan menghidangkannya. Tak perlu pusing jika mau menyiapkan soto betawi enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat menjadi suguhan spesial.

Di bawah ini ada beberapa tips dan trik praktis yang dapat diterapkan untuk mengolah soto betawi yang siap dikreasikan. Anda dapat menyiapkan Soto Betawi menggunakan 22 bahan dan 4 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah dalam menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan untuk pembuatan Soto Betawi:
  1. Gunakan 1/2 kg daging sapi
  2. Siapkan 1 sachet Santan Kara
  3. Gunakan Bumbu cemplung :
  4. Gunakan 2 batang sereh
  5. Sediakan 3 lembar daun jeruk purut
  6. Sediakan Bumbu halus :
  7. Siapkan 7 bh Bawang merah
  8. Sediakan 6 bh Bawang putih
  9. Ambil 3 bh Kemiri
  10. Sediakan 2 cm Jahe
  11. Sediakan 1 cm pala
  12. Gunakan secukupnya Merica
  13. Sediakan 10 butir jinten
  14. Sediakan secukupnya Garam
  15. Gunakan secukupnya Gula
  16. Siapkan Bahan pelengkap :
  17. Sediakan Tomat diiris tipis
  18. Sediakan Daun bawang
  19. Gunakan Seledri
  20. Gunakan Bawang goreng
  21. Sediakan Jeruk nipis
  22. Siapkan Telur ayam rebus

It can be found at street food stands but also in upscale restaurants. If you cannot source local ingredients like candlenuts or galangal, be creative and replace them with macadamias and turmeric. Soto betawi or beef soup in coconut milk is one of Indonesian traditional food from Jakarta (the capital city of Indonesia). It's really aromatic with the combination of lots of herbs. by Ayoe Rakha.

Langkah-langkah menyiapkan Soto Betawi:
  1. Rebus daging dengan sereh yg telah digeprek dan daun jeruk hingga empuk.
  2. Blender bumbu halus, kemudian tumis hingga matang. Masukkan ke dalam panci.
  3. Masak sampai daging benar-benar empuk, kemudian ditambahkan santan kara,,
  4. Koreksi rasa..sajikan di mangkuk dengan irisan tomat daun bawang dan seledri. Taburkan bawang goreng, beri perasan jeruk nipis.

Soto betawi adalah salah satu varian masakan soto yang cukup disukai oleh banyak orang di seluruh nusantara. Soto betawi terkenal dengan rasa kuahnya yang gurih merupakan perpaduan dari santan susu, daging sapi, dan jeroan. Ditambah lagi dengan perasan jeruk limau. duh, bisa ngiler. Soto Betawi ini merupakan salah satu hidangan rumahan yang cocok dinikmati dalam segala suasana. Seperti saat cuaca tak menentu, yang terkadang bahkan membuat tubuh menjadi lemas dan terserang flu.

Bagaimana? Mudah bukan? Itulah cara membuat soto betawi yang bisa Anda praktikkan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved