Bagaimana Membuat Soto ayam betawi, Sempurna

Richard Holloway   25/09/2020 14:36

Soto ayam betawi
Soto ayam betawi

Sedang mencari inspirasi resep soto ayam betawi yang unik? Cara membuatnya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal soto ayam betawi yang enak selayaknya punya aroma dan rasa yang bisa memancing selera kita.

Kali ini bikin Soto Betawi pakai daging ayam aja ya😁, dan saya tambahkan ceker ayam, karena kesukaan sikecil juga😍, baru pertama kali ini bikin soto betawi pakai daging ayam, ternyata enak juga dan pas dengan cuaca depok yang sedang musim hujan seperti sekarang. Soto can have a light and clear broth just like soto bandung, a yellow transparent broth (coloured with turmeric) like the one that can be found in soto ayam, or a rich and thick coconut milk or milk broth just like those in soto kaki or soto betawi. Soto in Malaysia and Singapore has a certain expected clear-soup look made of chicken broth.

Banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari soto ayam betawi, pertama dari jenis bahan, kedua pemilihan bahan segar sampai cara membuat dan menghidangkannya. Tak perlu pusing kalau hendak menyiapkan soto ayam betawi yang enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat menjadi sajian istimewa.

Di bawah ini ada beberapa cara mudah dan praktis untuk membuat soto ayam betawi yang siap dikreasikan. Anda dapat menyiapkan Soto ayam betawi memakai 25 bahan dan 4 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan untuk menyiapkan Soto ayam betawi:
  1. Siapkan 1 ekor ayam direbus sampai matang, jgn buang kuah kaldu ayamnya
  2. Gunakan 1 bungkus santan kara
  3. Gunakan 1 gelas susu uht
  4. Gunakan 1 bungkus bumbu jadi bango rasa soto betawi
  5. Gunakan secukupnya garam
  6. Sediakan secukupnya royco ayam
  7. Ambil secukupnya lada
  8. Sediakan secukupnya gula
  9. Sediakan BAHAN TAMBAHAN :
  10. Gunakan 4 daun salam
  11. Gunakan 5 daun jeruk
  12. Gunakan 2 sereh geprek
  13. Siapkan 1 butir cengkeh
  14. Gunakan 1 ruas lengkuas geprek
  15. Gunakan secukupnya air
  16. Siapkan BUMBU HALUS :
  17. Siapkan 6 bm
  18. Sediakan 4 bp
  19. Siapkan 1/2 ruas kunyit
  20. Ambil 4 kemiri
  21. Siapkan 1/4 sdt jinten
  22. Siapkan 3 butir kapulaga geprek
  23. Sediakan 1 ruas jahe
  24. Gunakan 2 sdt ketumbar bubuk
  25. Gunakan 4 sdm minyak sayur

Nah, itulah resep soto ayam betawi yang memiliki cita rasa yang aduhai memanjakan lidah. Dikala lapar melanda, disuguhi menu soto ini tentu saja membuat khilaf. Pada intinya, jika Anda penasaran dan ingin mencoba resep ini dirumah, jangan takut salah, dicoba saja dulu, urusan hasil itu urusan belakangan.. Resep soto ayam betawi enak kuah susu menyegarkan.

Cara menyiapkan Soto ayam betawi:
  1. Tumis bumbu halus sampai wangi, masukan bahan tambahan. oseng oseng
  2. Masukan kuah kaldu ayam, tambahkan garam, lada, gula, royco ayam, santan, susu dan bumbu bango, tunggu sampai mendidih.
  3. Ayamnya suir suir. terus cek rasa kuahnya. selesai deh.
  4. Bisa ditambah dengan kentang goreng yg dipotong dadu, potongan tomat, emping, serta sambal.

Nih rahasia cara membuat kuah soto kampung betawi enak tanpa susu. Resep soto betawi asli sebenarnya menggunakan susu cair segar untuk pelengkap kuah. Namun bagi yang tidak suka bisa ganti dengan kuah santan. Meskipun demikian soto betawi juga sama enaknya dengan kuah bening tanpa santan. Soto betawi adalah salah satu varian masakan soto yang cukup disukai oleh banyak orang di seluruh nusantara.

Gimana nih? Gampang kan? Itulah cara menyiapkan soto ayam betawi yang bisa Anda lakukan di rumah. Selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved