Cara Gampang Menyiapkan Topping Mie "Ayam Kecap" yang Lezat

Adele Todd   09/07/2020 00:13

Topping Mie "Ayam Kecap"
Topping Mie "Ayam Kecap"

Anda sedang mencari inspirasi resep topping mie "ayam kecap" yang unik? Cara membuatnya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Jika keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal topping mie "ayam kecap" yang enak harusnya sih punya aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari topping mie "ayam kecap", mulai dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar, hingga cara membuat dan menghidangkannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan topping mie "ayam kecap" yang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa jadi sajian istimewa.

Sebagai comfort food populer, tak sulit menemukan jajanan mengenyangkan ini di setiap sudut jalan. Kemudian, mi ayam diberi sentuhan kecap manis. Resep mie ayam kecap punya banyak variasi di Indonesia.

Di bawah ini ada beberapa cara mudah dan praktis yang dapat diterapkan untuk mengolah topping mie "ayam kecap" yang siap dikreasikan. Anda dapat membuat Topping Mie "Ayam Kecap" menggunakan 18 jenis bahan dan 4 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah dalam menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan dalam menyiapkan Topping Mie "Ayam Kecap":
  1. Sediakan 500 gram ayam fillet potong dadu
  2. Sediakan 300 ml air
  3. Ambil 1 buah serai ukuran besar
  4. Gunakan 2 buah daun salam
  5. Siapkan 2 cm jahe geprek
  6. Gunakan 1 buah bawang Bombay iris
  7. Sediakan Bumbu halus:
  8. Siapkan 3 buah kemiri
  9. Sediakan 5 siung bawang merah
  10. Sediakan 5 siung bawang putih
  11. Siapkan 1 sdt ketumbar
  12. Ambil 1 sdt lada butir (boleh bubuk)
  13. Sediakan Bahan pelengkap:
  14. Gunakan 1 bungkus kayu manis
  15. Sediakan 1 buah gula merah kecil
  16. Sediakan Secukupnya kecap
  17. Ambil 2 sdm kecap asin
  18. Ambil Secukupnya kaldu jamur

Jika tidak ada dada ayam, bisa diganti dengan ceker atau daging ayam lainnya. Agar lebih gurih dan sedap, air bisa diganti dan menggunakan kaldu ayam. Tau kan bunda momy kalo di mie ayam suka ada ayamnya itu nah aku buat ini. Makanan favorit nih dari dulu gak pernah bosen makannya.

Langkah-langkah membuat Topping Mie "Ayam Kecap":
  1. Tumis bumbu halus beserta serai, jahe, dan daun salam.
  2. Setalah harum dan matang, masukkan potongan ayam, aduk-aduk sebentar hingga ayam layu tambahkan air dan bumbu pelengkap. Tunggu hingga mendidih
  3. Setelah mendidih masukkan bawang Bombay, aduk-aduk lagi tunggu hingga air agak sat (meresap)
  4. Setelah air sudah berkurang matikan api.. Ayam Kecap siap dihidangkan dengan Mie..

Oiya topingnya suka suka ya, boleh ayam di rebus baru di suir trus dibumbuin atau potong dadu, sesuai selera ya. Penyajian: Campur mie dengan minyak ayam, kecap manis, kecap asin, dan sedikit merica. Tambahkan topping seperti ayam, caisim, dan pangsit lalu beri taburan bawang goreng di atasnya. Tuang kuah dan bakso ke mangkuk kecil. Supaya mie tidak menggumpal, anda bisa merendam mie ke dalam air dingin setelah mie direbus.

Gimana nih? Mudah bukan? Itulah cara membuat topping mie "ayam kecap" yang bisa Anda praktikkan di rumah. Selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved