Resep SOTO BETAWI DAGING AYAM yang Sempurna

Charles George   08/07/2020 13:12

SOTO BETAWI DAGING AYAM
SOTO BETAWI DAGING AYAM

Lagi mencari inspirasi resep soto betawi daging ayam yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Kalau salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan bahkan tidak sedap. Padahal soto betawi daging ayam yang enak selayaknya punya aroma dan cita rasa yang bisa memancing selera kita.

Kali ini bikin Soto Betawi pakai daging ayam aja ya😁, dan saya tambahkan ceker ayam, karena kesukaan sikecil juga😍, baru pertama kali ini bikin soto betawi pakai daging ayam, ternyata enak juga dan pas dengan cuaca depok yang sedang musim hujan seperti sekarang. Perlu diketahui bahwa soto betawi asli ada dua macam yakni soto daging ayam dan lainnya soto daging sapi betawi, keduanya cukup lezat dengan genangan kuah kentalnya. Baiklah para koki, ibu muda, maupun remaja putri sekalian yang ingin belajar bagaimana resep cara bikin soto betawi bumbu komplit, yuk bergabung dan tulis resep masakan soto jakarta.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari soto betawi daging ayam, pertama dari jenis bahan, kedua pemilihan bahan segar sampai cara membuat dan menghidangkannya. Tak perlu pusing jika hendak menyiapkan soto betawi daging ayam yang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat menjadi sajian istimewa.

Nah, kali ini kita coba, yuk, buat soto betawi daging ayam sendiri di rumah. Tetap berbahan sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuhmu sekeluarga. Anda bisa menyiapkan SOTO BETAWI DAGING AYAM memakai 21 jenis bahan dan 9 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah untuk menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan dalam menyiapkan SOTO BETAWI DAGING AYAM:
  1. Gunakan 1 Dada ayam
  2. Ambil 10 Ampela
  3. Gunakan 6 siung Bawang merah
  4. Sediakan 4 siung Bawang putih
  5. Sediakan 1 buah Cabe
  6. Siapkan 1 sdt Lada
  7. Ambil 1/2 sdt Jinten
  8. Gunakan 2 cm Jahe
  9. Siapkan 2 lembar Daun salam
  10. Gunakan 1 batang Sereh ukuran sedang
  11. Gunakan 5 buah Cengkeh
  12. Sediakan 2 buah Tomat
  13. Ambil secukupnya Daun bawang seledri
  14. Sediakan 10 buah Kentang kecil, dikukus, buang kulitnya
  15. Sediakan secukupnya Minyak goreng utk menumis
  16. Gunakan 300 ml Santan encer
  17. Gunakan 200 ml Santan kental
  18. Siapkan secukupnya Garam
  19. Gunakan secukupnya Gula
  20. Siapkan 50 gr Kelapa parut sangrai + digiling
  21. Ambil 600 ml Air utk merebus dada ayam & ampela

Resep yang terakhir yaitu soto ayam Betawi. Dengan menggunakan daging ayam, bisa lebih cepat matang. sehingga soto ayam Betawi ini paling banyak dipilih karena lebih mudah dalam membuatnya. Nah, bagi Anda yang ingin membuat soto ayam Betawi di rumah, siapkan bahan-bahan berikut ini serta simak cara. Aku udah sering buat soto ini.karena memang keluarga di rumah pada suka.

Cara menyiapkan SOTO BETAWI DAGING AYAM:
  1. Haluskan : garam, lada, jinten, cabe, bawang mereh, bawang putih, jahe. Keprek sereh.
  2. Rebus dada ayam dg 400ml air, stlh matang, iris kotak-kotak kecil lalu masukkan kembali ke dalam air rebusan semula. Rebus ampela 200 ml air, stlh matang, tiriskan dan iris kotak-kotak kecil, air sisa rebusan ampela dibuang.
  3. Tumis bumbu halus hingga harum, masukkan salam, sereh dan cengkeh, aduk merata.
  4. Masukkan kelapa sangrai yg sdh digiling/ditumbuk, aduk-aduk rata kembali.
  5. Masukkan santan encer, sambil diaduk hingga mendidih.
  6. Tuang kuah santan beserta isinya ke dalam air rebusan ayam, masak hingga mendidih.
  7. Masukkan santan kental, aduk rata, kemudian masukkan kentang kecil yg sdh dikukus sebelumnya, tomat yg sdh dipotong menurut selera dan gula, tunggu hingga mendidih. Cicipi u memastikan rasa apakah perlu menambah garam atau gula.
  8. Masukan daun bawang seledri, tunggu sebentar hingga mendidih kembali, matikan api.
  9. Sajikan dengan nasi hangat, acar ketimun dan emping serta dtaburi bawang goreng

Berbagai resep soto Betawi udah aku coba. Nah, pastinya Anda ingin tapi mungkin masih bingung dan bertanya-tanya bagaimana seperti apa informasi lengkap mengenai resep soto ayam betawi. Soto betawi adalah salah satu varian masakan soto yang cukup disukai oleh banyak orang di seluruh nusantara. Soto betawi terkenal dengan rasa kuahnya yang gurih merupakan perpaduan dari santan susu, daging sapi, dan jeroan. Ditambah lagi dengan perasan jeruk limau. duh, bisa ngiler.

Gimana nih? Mudah bukan? Itulah cara membuat soto betawi daging ayam yang bisa Anda lakukan di rumah. Selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved