Cara Gampang Membuat Soto Betawi (Ayam) yang Sempurna

Gussie Wade   11/11/2020 15:51

Soto Betawi (Ayam)
Soto Betawi (Ayam)

Anda sedang mencari inspirasi resep soto betawi (ayam) yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Jika salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan bahkan tidak sedap. Padahal soto betawi (ayam) yang enak selayaknya memiliki aroma dan cita rasa yang mampu memancing selera kita.

Kali ini bikin Soto Betawi pakai daging ayam aja ya😁, dan saya tambahkan ceker ayam, karena kesukaan sikecil juga😍, baru pertama kali ini bikin soto betawi pakai daging ayam, ternyata enak juga dan pas dengan cuaca depok yang sedang musim hujan seperti sekarang. Soto can have a light and clear broth just like soto bandung, a yellow transparent broth (coloured with turmeric) like the one that can be found in soto ayam, or a rich and thick coconut milk or milk broth just like those in soto kaki or soto betawi. Soto in Malaysia and Singapore has a certain expected clear-soup look made of chicken broth.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari soto betawi (ayam), pertama dari jenis bahan, kedua pemilihan bahan segar hingga cara membuat dan menyajikannya. Tak perlu pusing jika ingin menyiapkan soto betawi (ayam) yang enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat menjadi suguhan istimewa.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan soto betawi (ayam) sendiri di rumah. Tetap berbahan yang sederhana, hidangan ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa menyiapkan Soto Betawi (Ayam) memakai 27 jenis bahan dan 7 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan untuk pembuatan Soto Betawi (Ayam):
  1. Sediakan 2 dada ayam
  2. Gunakan air secukupnya + 2 bungkus santan kara/ santan yg meras sendiri
  3. Siapkan daun bawang & seledri diiris
  4. Sediakan 1 batang serai
  5. Gunakan 5 lembar daun jeruk purut
  6. Siapkan 4 lembar daun salam
  7. Gunakan lengkuas
  8. Siapkan jinten
  9. Ambil bahan-bahan yg dihaluskan:
  10. Siapkan 8 bawaang merah
  11. Sediakan 6 bawang putih
  12. Sediakan 6 kemiri
  13. Ambil 1 sdt ketumbar bubuk
  14. Siapkan 1 ruas jahe
  15. Sediakan 2 ruas kunyit sesuai selera
  16. Sediakan bahan tambahan/ pelengkap:
  17. Gunakan tomat
  18. Sediakan goreng bawang
  19. Siapkan kentang yg dipotong kecil2/dadu digoreng
  20. Siapkan emping
  21. Sediakan bahan NB:
  22. Sediakan selera garam
  23. Ambil 1 sdt gula
  24. Gunakan 1 bungkus royco ayam
  25. Gunakan sedik tambahkan lada bubuk/ ladaku
  26. Sediakan jeruk nipis
  27. Gunakan sambal

Resep soto betawi asli sebenarnya menggunakan susu cair segar untuk pelengkap kuah. Namun bagi yang tidak suka bisa ganti dengan kuah santan. Meskipun demikian soto betawi juga sama enaknya dengan kuah bening tanpa santan. Yuk bunda … Nah, itulah resep soto ayam betawi yang memiliki cita rasa yang aduhai memanjakan lidah.

Cara menyiapkan Soto Betawi (Ayam):
  1. Cuci dada ayam, rendam pake garam 10menit. Lalu bersikan lagi
  2. Rebus daging dada ayam yg sudah dibersihkan.
  3. Tumis bahan2 yg sudah di haluskan, masukan daun salam, daun jeruk purut, serai di geprek, lengkuas& jinten sampai harum+matang
  4. Setelah bumbu matang, masukan ke dalam rebusan ayam yg sudah mendidih, tambahkan garam, gula, royco, lada & santan
  5. Tes ras, kalau sudah pas taburkan daun bawang & sledri..tunggu sampai matang.angkat ayam iris2, masukkan lagi kedlm kuah soto
  6. Siapkan kentang, tomat, emping diremukkan, masukkan kuah soto & pilih ayamnya, taburkan bawang goreng diatas kuah..bila suka bisa di tambahkan jeruk nipis & sambal.
  7. Siap disajikan kurang lebih bisa 7-9 porsi.

Dikala lapar melanda, disuguhi menu soto ini tentu saja membuat khilaf. Pada intinya, jika Anda penasaran dan ingin mencoba resep ini dirumah, jangan takut salah, dicoba saja dulu, urusan hasil itu urusan belakangan.. Kenikmatan Soto Betawi yang pas di lidah banyak orang membuat soto ini menjadi salah satu soto andalan masyarakat Betawi. Variasi soto ini pun semakin banyak sesuai dengan selera masing-masing, mulai dari Soto Betawi Susu, Soto Betawi Ayam, Soto Betawi Daging Sapi, Soto Betawi Santan, dan masih banyak lagi. Mamat terletak pada proses pembuatan air santan kelapanya, dan rempah-rempah yang dibuat menggunakan peralatan tradisional.

Terima kasih telah membaca resep yang kami tampilkan di halaman ini. Besar harapan kami, olahan Soto Betawi (Ayam) yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan hidangan yang enak untuk keluarga/teman maupun menjadi ide dalam berbisnis kuliner. Selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved