Cara Gampang Menyiapkan Soto Betawi Ayam Anti Gagal

Phillip Quinn   15/06/2020 05:09

Soto Betawi Ayam
Soto Betawi Ayam

Lagi mencari inspirasi resep soto betawi ayam yang unik? Cara menyiapkannya memang susah-susah gampang. Jika salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan bahkan tidak sedap. Padahal soto betawi ayam yang enak selayaknya mempunyai aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari soto betawi ayam, pertama dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara mengolah dan menyajikannya. Tak perlu pusing kalau hendak menyiapkan soto betawi ayam yang enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa menjadi suguhan spesial.

Kali ini bikin Soto Betawi pakai daging ayam aja ya😁, dan saya tambahkan ceker ayam, karena kesukaan sikecil juga😍, baru pertama kali ini bikin soto betawi pakai daging ayam, ternyata enak juga dan pas dengan cuaca depok yang sedang musim hujan seperti sekarang. Soto can have a light and clear broth just like soto bandung, a yellow transparent broth (coloured with turmeric) like the one that can be found in soto ayam, or a rich and thick coconut milk or milk broth just like those in soto kaki or soto betawi. Soto in Malaysia and Singapore has a certain expected clear-soup look made of chicken broth.

Di bawah ini ada beberapa cara mudah dan praktis yang dapat diterapkan untuk mengolah soto betawi ayam yang siap dikreasikan. Anda dapat membuat Soto Betawi Ayam menggunakan 21 jenis bahan dan 7 langkah pembuatan. Berikut ini langkah-langkah dalam menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan untuk pembuatan Soto Betawi Ayam:
  1. Gunakan Tulangan ayam
  2. Ambil Ayam Goreng (suwir2), bisa ayam mentah, dimasak bersama kaldu
  3. Siapkan 2 lembar daun jeruk
  4. Ambil sejumput pala, kayu manis, & jintan bubuk
  5. Sediakan 1 ruas lengkuas, memarkan
  6. Ambil 70 ml santan instant
  7. Sediakan secukupnya garam, lada, & gula
  8. Ambil 1 buah wortel, potong
  9. Sediakan 2 butir kentang, potong dadu, goreng
  10. Gunakan Bumbu Halus
  11. Ambil 3 siung bawang merah
  12. Siapkan 2 siung bawang putih
  13. Gunakan 2 butir kemiri
  14. Sediakan 1 sdt ketumbar
  15. Gunakan 3 buah cabai merah
  16. Ambil 1 ruas jahe
  17. Sediakan Pelengkap
  18. Ambil Emping
  19. Gunakan Daun Bawang
  20. Sediakan Sambal Godog
  21. Siapkan Potongan Tomat

Resep soto betawi asli sebenarnya menggunakan susu cair segar untuk pelengkap kuah. Namun bagi yang tidak suka bisa ganti dengan kuah santan. Meskipun demikian soto betawi juga sama enaknya dengan kuah bening tanpa santan. Yuk bunda … Nah, itulah resep soto ayam betawi yang memiliki cita rasa yang aduhai memanjakan lidah.

Cara menyiapkan Soto Betawi Ayam:
  1. Rebus tulang ayam dalam air mendidih selama 1-2 menit.
  2. Buang airnya. Rebus kembali hingga mendidih.
  3. Tumis bumbu halus & bumbu lainnya hingga matang
  4. Masukkan dalam air kaldu. Koreksi rasa.
  5. Masukkan santan,dan wortel. Masak hingga wortel empuk.
  6. Tata ayam suwir & pelengkap dalam mangkok. Siram kuah di atasnya.
  7. Sajikan hangat.

Dikala lapar melanda, disuguhi menu soto ini tentu saja membuat khilaf. Pada intinya, jika Anda penasaran dan ingin mencoba resep ini dirumah, jangan takut salah, dicoba saja dulu, urusan hasil itu urusan belakangan.. Kenikmatan Soto Betawi yang pas di lidah banyak orang membuat soto ini menjadi salah satu soto andalan masyarakat Betawi. Variasi soto ini pun semakin banyak sesuai dengan selera masing-masing, mulai dari Soto Betawi Susu, Soto Betawi Ayam, Soto Betawi Daging Sapi, Soto Betawi Santan, dan masih banyak lagi. Mamat terletak pada proses pembuatan air santan kelapanya, dan rempah-rempah yang dibuat menggunakan peralatan tradisional.

Gimana nih? Mudah bukan? Itulah cara menyiapkan soto betawi ayam yang bisa Anda lakukan di rumah. Selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved