Resep Soto Betawi Haji Ali (Versi Ayam), Lezat Sekali

Derek Snyder   13/12/2020 04:47

Soto Betawi Haji Ali (Versi Ayam)
Soto Betawi Haji Ali (Versi Ayam)

Anda sedang mencari ide resep soto betawi haji ali (versi ayam) yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Jika keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan bahkan tidak sedap. Padahal soto betawi haji ali (versi ayam) yang enak seharusnya mempunyai aroma dan cita rasa yang dapat memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari soto betawi haji ali (versi ayam), mulai dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar, hingga cara mengolah dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan soto betawi haji ali (versi ayam) yang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa jadi suguhan istimewa.

Resep Soto Betawi Haji Ali (Versi Ayam). Alhamdulillah akhirnya bisa balik lagi ke dapur setelah sekian lama absen. Kali ini masaknya msh menyesuaikan dengan kondisi badan dan kondisi isi kulkas.😁.

Berikut ini ada beberapa cara mudah dan praktis yang dapat diterapkan untuk mengolah soto betawi haji ali (versi ayam) yang siap dikreasikan. Anda bisa membuat Soto Betawi Haji Ali (Versi Ayam) menggunakan 17 bahan dan 5 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah untuk menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan dalam pembuatan Soto Betawi Haji Ali (Versi Ayam):
  1. Gunakan 1/2 kg fillet dada ayam (bisa daging sapi)
  2. Sediakan 2 sachet santan instan (uk 65 ml)
  3. Ambil 10 lembar daun jeruk
  4. Sediakan 1 batang kayu manis uk kecil (optional)
  5. Gunakan Daun bawang, iris halus
  6. Gunakan 1 buah tomat, potong2
  7. Siapkan Garam, gula, penyedap
  8. Siapkan 🍲 Bumbu halus :
  9. Sediakan 10 buah cabai merah keriting (sesuai selera)
  10. Ambil 6 siung bawang merah
  11. Sediakan 4 siung bawang putih
  12. Gunakan 4 butir kemiri
  13. Ambil 1 sdt merica butiran (boleh bubuk)
  14. Siapkan 2 sdt ketumbar butiran (boleh bubuk)
  15. Siapkan 1 ruas jahe
  16. Siapkan 2 ruas lengkuas
  17. Ambil 1/2 sdt pala bubuk

Kali ini masaknya msh menyesuaikan dengan kondisi badan dan kondisi isi kulkas.😁. Waktu msh tinggal di jkt, si sulung sm ayah penggemar soto betawi. Mrk pny langganan di daerah cinere sm lebak bulus. Pindah ke garut, jd susah cari soto betawi.

Cara membuat Soto Betawi Haji Ali (Versi Ayam):
  1. Cuci bersih ayam. Rebus ayam dengan air secukupnya selama 10 menit, lalu buang air rebusan pertama. Rebus kembali ayam dengan air sesuai selera (banyaknya kuah) hingga empuk dan matang. Angkat, tiriskan.
  2. Goreng ayam hingga matang, angkat. Lalu suwir2 ayam, sisihkan.
  3. Didihkan kembali air rebusan ayam, tambahkan daun jeruk yg telah disobek2.
  4. Panaskan minyak, tumis bumbu halus hingga wangi dan matang. Lalu masukkan bumbu ke dalam air rebusan ayam tadi. Aduk rata.
  5. Tambahkan santan instan, garam, gula, penyedap. Koreksi rasa. Masak hingga mendidih lalu masukkan suwiran ayam. Masak hingga kuah agak menyusut, lalu masukkan potongan tomat dan irisan daun bawang, aduk sebentar lalu matikan api. Sajikan dengan sambal dan bahan pelengkap sesuai selera.

Berkali-kali coba resep selalu rasanya gak sesuai, sampai akhirnya ketemu resep dr warung soto betawi. Soto betawi adalah salah satu varian masakan soto yang cukup disukai oleh banyak orang di seluruh nusantara. Soto betawi terkenal dengan rasa kuahnya yang gurih merupakan perpaduan dari santan susu, daging sapi, dan jeroan. Resep soto betawi yang pada kesempatan kali ini akan kita coba untuk membuatnya jika anda resep soto betawi ayam asli kuah susu paling enak cara memasak resep soto betawi paling enak dengan daging ayam asli dan kuah susu tanpa santan ncc khas keluarga nugraha lengkap resep masakan sayur dengan resep cara membuat soto betawi pakai susu info. Soto Betawi merupakan soto yang populer di daerah Jakarta.

Gimana nih? Gampang kan? Itulah cara membuat soto betawi haji ali (versi ayam) yang bisa Anda lakukan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved