Resep Soto betawi ayam Anti Gagal

Cole Ballard   01/11/2020 22:09

Soto betawi ayam
Soto betawi ayam

Sedang mencari ide resep soto betawi ayam yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Jika salah mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal soto betawi ayam yang enak selayaknya memiliki aroma dan cita rasa yang dapat memancing selera kita.

Kali ini bikin Soto Betawi pakai daging ayam aja ya😁, dan saya tambahkan ceker ayam, karena kesukaan sikecil juga😍, baru pertama kali ini bikin soto betawi pakai daging ayam, ternyata enak juga dan pas dengan cuaca depok yang sedang musim hujan seperti sekarang. Soto can have a light and clear broth just like soto bandung, a yellow transparent broth (coloured with turmeric) like the one that can be found in soto ayam, or a rich and thick coconut milk or milk broth just like those in soto kaki or soto betawi. Soto in Malaysia and Singapore has a certain expected clear-soup look made of chicken broth.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari soto betawi ayam, pertama dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar hingga cara mengolah dan menghidangkannya. Tidak usah pusing jika mau menyiapkan soto betawi ayam enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi sajian istimewa.

Di bawah ini ada beberapa cara mudah dan praktis dalam mengolah soto betawi ayam yang siap dikreasikan. Anda bisa menyiapkan Soto betawi ayam memakai 28 bahan dan 2 tahap pembuatan. Berikut ini cara dalam menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan dalam pembuatan Soto betawi ayam:
  1. Sediakan 1/2 kg fillet dada ayam, rebus
  2. Siapkan 1 liter susu cair full cream
  3. Sediakan 1 liter santan dari 1 butir kelapa
  4. Ambil 500 ml air
  5. Ambil 2 lembar daun salam
  6. Sediakan 3 lembar daun jeruk buang tulangnya
  7. Ambil 2 batang serai, geprek
  8. Sediakan 1 ruas lengkuas,geprek
  9. Ambil Bumbu halus :
  10. Gunakan 8 siung bawang merah
  11. Ambil 4 siung bawang putih
  12. Ambil 5 butir kemiri
  13. Siapkan 1 ruas jahe
  14. Gunakan 1 sdt ketumbar
  15. Gunakan 1/2 sdt merica
  16. Ambil Sedikit kunyit
  17. Sediakan secukupnya Garam
  18. Gunakan secukupnya Gula
  19. Gunakan secukupnya Kaldu bubuk
  20. Gunakan secukupnya Minyak sayur
  21. Gunakan Pelengkap :
  22. Sediakan Irisan daun bawang
  23. Gunakan Kentang goreng
  24. Siapkan Kerupuk emping melinjo
  25. Gunakan Bawang goreng
  26. Sediakan Sambal
  27. Gunakan Tomat
  28. Ambil Jeruk nipis

Resep soto betawi asli sebenarnya menggunakan susu cair segar untuk pelengkap kuah. Namun bagi yang tidak suka bisa ganti dengan kuah santan. Meskipun demikian soto betawi juga sama enaknya dengan kuah bening tanpa santan. Yuk bunda … Nah, itulah resep soto ayam betawi yang memiliki cita rasa yang aduhai memanjakan lidah.

Langkah-langkah menyiapkan Soto betawi ayam:
  1. Rebus 500 ml air lalu masukkan fillet dada ayamnya rebus hingga matang, lalu panaskan minyak tumis bumbu halus masukkan daun jeruk,daun salam, serai dan lengkuas aduk2 hingga harum lalu masukkan santan aduk kembali baru masukkan susu cairnya beri garam, gula dan kaldu bubuknya aduk kembali tunggu hingga mendidih (sering2 diaduk ya agar santannya tdk pecah)
  2. Setelah matang kuahnya siapkan ayam yg telah matang lalu suwir2 beri irisan kentang, tomat, irisan daun bawang lalu tuangkan kuahnya beri bawang goreng dan keripik empingnya tambahin sambal jika mau yaa

Dikala lapar melanda, disuguhi menu soto ini tentu saja membuat khilaf. Pada intinya, jika Anda penasaran dan ingin mencoba resep ini dirumah, jangan takut salah, dicoba saja dulu, urusan hasil itu urusan belakangan.. Mamat terletak pada proses pembuatan air santan kelapanya, dan rempah-rempah yang dibuat menggunakan peralatan tradisional. Sajian menu dengan kuah terpisah, dipadu kelezatan oseng daging yang terdiri dari pilihan daging sapi, kaki, urat, kikil, atau daging ayam, menjadi salah satu menu andalan. Kenikmatan Soto Betawi yang pas di lidah banyak orang membuat soto ini menjadi salah satu soto andalan masyarakat Betawi.

Bagaimana? Mudah bukan? Itulah cara menyiapkan soto betawi ayam yang bisa Anda lakukan di rumah. Selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved