Langkah Mudah untuk Menyiapkan Soto Betawi Ayam Susu Anti Gagal

Dustin Morales   16/06/2020 01:23

Soto Betawi Ayam Susu
Soto Betawi Ayam Susu

Sedang mencari ide resep soto betawi ayam susu yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Kalau keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal soto betawi ayam susu yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Resep soto ayam betawi enak kuah susu menyegarkan. Nih rahasia cara membuat kuah soto kampung betawi enak tanpa susu. Resep soto betawi asli sebenarnya menggunakan susu cair segar untuk pelengkap kuah.

Banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari soto betawi ayam susu, mulai dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar hingga cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau mau menyiapkan soto betawi ayam susu enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu menjadi sajian istimewa.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan soto betawi ayam susu sendiri di rumah. Tetap berbahan yang sederhana, hidangan ini bisa memberi manfaat untuk membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda dapat membuat Soto Betawi Ayam Susu memakai 26 bahan dan 5 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah dalam menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan untuk menyiapkan Soto Betawi Ayam Susu:
  1. Sediakan 2 potong ayam goreng suwir2 bisa ganti daging apa aja ya
  2. Siapkan 5 lembar daun salam
  3. Siapkan 4 butir cengkeh
  4. Ambil 1 batang kayu manis
  5. Siapkan 1 sdt jinten bubuk
  6. Ambil 1 jempol lengkuas geprek
  7. Siapkan 1 batang serai
  8. Gunakan 1/2 sdt pala bubuk
  9. Sediakan 1 sdt ketumbar
  10. Sediakan 500 ml susu uht
  11. Gunakan 500 ml air
  12. Gunakan 1 sachet santan bubuk larutkan dengan 60ml air /bisa santan kara
  13. Sediakan Garam, gula, merica, kaldu bubuk
  14. Gunakan 🍅 Bumbu Halus :
  15. Ambil 10 butir bawang merah
  16. Gunakan 4 butir bawang putih
  17. Sediakan 2 cm kunyit
  18. Gunakan 1 ruas jahe
  19. Siapkan 2 butir kemiri
  20. Siapkan 🍅 Bahan Pelengkap
  21. Sediakan Kentang potong kotak goreng
  22. Sediakan Tomat
  23. Sediakan Emping
  24. Gunakan Daun Bawang
  25. Ambil Sambal
  26. Gunakan Bawang Goreng

Saya pake susu krn biar si bungsu yg msh balita bs ikut makan. Lihat juga resep Soto betawi kuah susu enak lainnya. Soto betawi ayam kuah susu santan. Masih edisi #dirumahaja explore dapur aja lah biar gak bosen hehe Amalia Syafitri.

Langkah-langkah menyiapkan Soto Betawi Ayam Susu:
  1. Tumis bumbu halus beserta serai lengkuas daun salam, ketumbar, jinten, cengkeh, pala sampai harum.
  2. Masukan air dan susu uht. Masak sampai mendidih.
  3. Tuang santan, garam gula merica dan kaldu bubuk. Aduk aduk sambil res rasa. Angkat.
  4. Susun di dalam mangkok, ayam suwir, tomat dan kentang goreng. Tuang kuah soto. Lalu taburkan daun bawang dan bawang goreng. Sajikan dengan sambal, kecap manis, emping dan jeruk limo
  5. Ini soto betawi yang tipe cepet karena bumbu kuahnya ga pakai rebusan daging pakai ayam goreng sisa kan sayang ya kalau di buang biasanya aku jadiin nasi goreng atau soto begini pasti ayamnya abis juga. Kalau pakai rebusan daging kuah nya lebih berasa kaldu dan sedap sesuai selera aja ya moms hehe

Karena belum pahan cara masak daging jadi diganti ayam aja deh. VIVA - Soto Betawi menjadi salah satu hidangan kebanggaan Jakarta. Kuah santannya yang gurih dan penuh rempah, berpadu nikmat dengan daging, paru dan emping melinjo. Bagi Anda penggemar soto satu ini, ada cara lain untuk membuatnya jauh lebih istimewa, yakni dengan menggunakan susu cair. Soto ayam Betawi siap untuk disajikan.

Terima kasih telah membaca resep yang kami tampilkan di sini. Besar harapan kami, olahan Soto Betawi Ayam Susu yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan makanan yang enak untuk keluarga/teman ataupun menjadi inspirasi bagi Anda yang berkeinginan untuk berbisnis kuliner. Selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved