Bagaimana Membuat Soto Betawi Ayam Anti Gagal

Minnie Holloway   16/08/2020 19:57

Soto Betawi Ayam
Soto Betawi Ayam

Sedang mencari inspirasi resep soto betawi ayam yang unik? Cara membuatnya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Kalau salah mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal soto betawi ayam yang enak harusnya sih mempunyai aroma dan rasa yang bisa memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari soto betawi ayam, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, hingga cara membuat dan menyajikannya. Tak perlu pusing kalau hendak menyiapkan soto betawi ayam yang enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu menjadi sajian spesial.

Kali ini bikin Soto Betawi pakai daging ayam aja ya😁, dan saya tambahkan ceker ayam, karena kesukaan sikecil juga😍, baru pertama kali ini bikin soto betawi pakai daging ayam, ternyata enak juga dan pas dengan cuaca depok yang sedang musim hujan seperti sekarang. Soto can have a light and clear broth just like soto bandung, a yellow transparent broth (coloured with turmeric) like the one that can be found in soto ayam, or a rich and thick coconut milk or milk broth just like those in soto kaki or soto betawi. Soto in Malaysia and Singapore has a certain expected clear-soup look made of chicken broth.

Nah, kali ini kita coba, yuk, siapkan soto betawi ayam sendiri di rumah. Tetap dengan bahan sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat untuk membantu menjaga kesehatan tubuhmu sekeluarga. Anda bisa membuat Soto Betawi Ayam memakai 28 bahan dan 4 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah dalam menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan untuk pembuatan Soto Betawi Ayam:
  1. Siapkan 5 potong ayam rebus, goreng
  2. Siapkan 4 potong ceker ayam
  3. Siapkan 2 buah telur rebus
  4. Siapkan 2 buah kentang besar
  5. Sediakan 2 buah tomat
  6. Siapkan 3 butir cengkeh
  7. Sediakan 1 batang sereh uk besar
  8. Sediakan 3 lembar daun jeruk
  9. Sediakan 2 lembar daun salam
  10. Gunakan 2 ruas lengkuas, geprek
  11. Sediakan Sedikit buah pala
  12. Ambil 800 ml air
  13. Siapkan 2 buah kara uk 65ml
  14. Ambil Kaldu ayam
  15. Siapkan Secukupnya garam
  16. Siapkan Minyak untuk menumis
  17. Gunakan Bumbu Halus :
  18. Siapkan 10 siung bawang merah
  19. Ambil 6 siung bawang putih
  20. Gunakan 1 ruas jahe
  21. Siapkan 2 buah kemiri
  22. Gunakan 1 sdt ketumbar bubuk
  23. Sediakan Bahan pelengkap :
  24. Ambil Emping
  25. Sediakan Kerupuk udang
  26. Sediakan Sambal
  27. Ambil Acar
  28. Ambil Secukupnya daun bawang

Resep soto betawi asli sebenarnya menggunakan susu cair segar untuk pelengkap kuah. Namun bagi yang tidak suka bisa ganti dengan kuah santan. Meskipun demikian soto betawi juga sama enaknya dengan kuah bening tanpa santan. Yuk bunda … Nah, itulah resep soto ayam betawi yang memiliki cita rasa yang aduhai memanjakan lidah.

Cara membuat Soto Betawi Ayam:
  1. Rebus telur, sisihkan. Goreng kentang dan ayam, sisihkan. Potong tomat dadu, sisihkan. Iris2 daun bawang, sisihkan. Tata di dalam tempat saji.
  2. Tumis bumbu halus sampai harum, masukkan sereh, daun jeruk, daun salam, lengkuas, pala, cengkeh. Aduk sampai harum. Tambahkan ceker ayam dan kaldu ayam. Aduk2
  3. Tambahkan air, tunggu sampai panas. Lalu masukkan santan, aduk2 jangan sampai pecah santan dan tunggu sampai kuah matang. Tambahkan garam, koreksi rasa.
  4. Sambil menunggu kuah soto matang, goreng emping dan kerupuk udang.

Dikala lapar melanda, disuguhi menu soto ini tentu saja membuat khilaf. Pada intinya, jika Anda penasaran dan ingin mencoba resep ini dirumah, jangan takut salah, dicoba saja dulu, urusan hasil itu urusan belakangan.. Kenikmatan Soto Betawi yang pas di lidah banyak orang membuat soto ini menjadi salah satu soto andalan masyarakat Betawi. Variasi soto ini pun semakin banyak sesuai dengan selera masing-masing, mulai dari Soto Betawi Susu, Soto Betawi Ayam, Soto Betawi Daging Sapi, Soto Betawi Santan, dan masih banyak lagi. Mamat terletak pada proses pembuatan air santan kelapanya, dan rempah-rempah yang dibuat menggunakan peralatan tradisional.

Bagaimana? Mudah bukan? Itulah cara membuat soto betawi ayam yang bisa Anda lakukan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved