Resep Soto betawi ayam suwir yang Lezat Sekali

Billy Terry   08/10/2020 10:26

Soto betawi ayam suwir
Soto betawi ayam suwir

Sedang mencari ide resep soto betawi ayam suwir yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Kalau keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal soto betawi ayam suwir yang enak selayaknya mempunyai aroma dan cita rasa yang bisa memancing selera kita.

Resep soto ayam betawi enak kuah susu menyegarkan. Nih rahasia cara membuat kuah soto kampung betawi enak tanpa susu. Resep soto betawi asli sebenarnya menggunakan susu cair segar untuk pelengkap kuah.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari soto betawi ayam suwir, mulai dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar sampai cara membuat dan menghidangkannya. Tak perlu pusing kalau mau menyiapkan soto betawi ayam suwir enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu menjadi suguhan spesial.

Nah, kali ini kita coba, yuk, ciptakan soto betawi ayam suwir sendiri di rumah. Tetap dengan bahan sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuhmu sekeluarga. Anda dapat membuat Soto betawi ayam suwir menggunakan 10 bahan dan 4 tahap pembuatan. Berikut ini cara untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan dalam menyiapkan Soto betawi ayam suwir:
  1. Ambil 500 gr dada ayam fillet
  2. Sediakan 1 sdt bumbu putih
  3. Gunakan 2 sdm bumbu merah
  4. Ambil 1 pcs sereh
  5. Siapkan 2 lembar daun salam
  6. Gunakan 3 lembar daun jeruk
  7. Sediakan 1 ruas jempol lengkuas dan jahe (geprek)
  8. Gunakan 300 ml santan kental
  9. Ambil 500 ml santan encer
  10. Ambil secukupnya Garam, lada, royco

Rebuslah daging ayam bersama dengan daun jeruk, serai, lengkuas, gula, garam dan daun salam hingga matang dan empuk; Angkat ayam kemudian tiriskan; Goreng daging ayam tadi sampai warnanya kekuningan; Suwir-suwir daging ayam lalu sisihkan; Rebus lagi air bekas rebusan ayam dengan menggunakan api ukuran kecil. Sop ayam suwir ini sangat cocok disajikan saat cuaca dingin untuk menghangatkan tubuh. Sop berisi potongan ayam yang disuwir, wortel, jamur, bunga sedap malam, dan bihun. Adanya bunga sedap malam akan meningkatkan aroma sop, lho.

Langkah-langkah menyiapkan Soto betawi ayam suwir:
  1. Bersihkan ayam, lalu goreng sampai matang tapi tidak garing. Dinginkan, suwir sisihkan
  2. Masukan bumbu putih & merah aduk rata, masukkan garam, lada, royco aduk rata. Masukkan salam, sereh, lengkuas dan jahe aduk sampe wangi.
  3. Masukan santan encer masak sampai mendidih,masukkan santan cair masak sampai mendidih sambil terus diaduk. Masukkan ayam suwir.
  4. Soto betawi ayam suwir siap disajikan

Resep soto betawi berikutnya berbahan dasar daging ayam. Untuk membuat soto ayam betawi, rempah yang digunakan adalah daun salam, sereh, lengkuas dan jahe. Sedangkan bahan lengkapnya adalah berikut ini. Resep yang terakhir yaitu soto ayam Betawi. Dengan menggunakan daging ayam, bisa lebih cepat matang. sehingga soto ayam Betawi ini paling banyak dipilih karena lebih mudah dalam membuatnya.

Gimana nih? Gampang kan? Itulah cara membuat soto betawi ayam suwir yang bisa Anda lakukan di rumah. Selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved