Cara Gampang Membuat Soto Betawi Ayam, Sempurna

Floyd Mills   01/11/2020 21:21

Soto Betawi Ayam
Soto Betawi Ayam

Anda sedang mencari ide resep soto betawi ayam yang unik? Cara membuatnya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Kalau salah mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal soto betawi ayam yang enak seharusnya punya aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Kali ini bikin Soto Betawi pakai daging ayam aja ya😁, dan saya tambahkan ceker ayam, karena kesukaan sikecil juga😍, baru pertama kali ini bikin soto betawi pakai daging ayam, ternyata enak juga dan pas dengan cuaca depok yang sedang musim hujan seperti sekarang. Soto can have a light and clear broth just like soto bandung, a yellow transparent broth (coloured with turmeric) like the one that can be found in soto ayam, or a rich and thick coconut milk or milk broth just like those in soto kaki or soto betawi. Soto in Malaysia and Singapore has a certain expected clear-soup look made of chicken broth.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari soto betawi ayam, pertama dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar sampai cara membuat dan menghidangkannya. Tidak usah pusing kalau hendak menyiapkan soto betawi ayam enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu jadi suguhan spesial.

Berikut ini ada beberapa tips dan trik praktis yang dapat diterapkan untuk mengolah soto betawi ayam yang siap dikreasikan. Anda dapat menyiapkan Soto Betawi Ayam memakai 26 jenis bahan dan 6 langkah pembuatan. Berikut ini langkah-langkah untuk menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan untuk pembuatan Soto Betawi Ayam:
  1. Sediakan 250 gr ayam filet (potong dadu)
  2. Sediakan 2 sdm santen kara
  3. Gunakan 1 kotak kecil susu uht full cream
  4. Siapkan 200 ml air
  5. Ambil Secukupnya garam
  6. Gunakan Secukupnya lada bubuk
  7. Gunakan Secukupnya ketumbar bubuk
  8. Gunakan Bumbu Halus
  9. Sediakan 5 siung bawang merah
  10. Ambil 3 siung bawang putih
  11. Gunakan 3 butir kemiri
  12. Sediakan 1 ruas jari kunyit
  13. Gunakan 2 ruas jari jahe
  14. Siapkan Bahan Cemplung
  15. Gunakan 2 ruas jari lengkuas geprek
  16. Siapkan 1 buah serai geprek
  17. Gunakan 2 buah daun salam
  18. Ambil 2 buah daun jeruk
  19. Sediakan 3 buah cengkeh
  20. Ambil 1 ruas jari kayu manis
  21. Ambil Bahan Pelengkap
  22. Ambil potong dadu Kentang goreng
  23. Siapkan potong kecil Tomat
  24. Gunakan Secukupnya bawang goreng
  25. Gunakan Secukupnya daun bawang iris tipis
  26. Gunakan Sambal rebus

Resep soto betawi asli sebenarnya menggunakan susu cair segar untuk pelengkap kuah. Namun bagi yang tidak suka bisa ganti dengan kuah santan. Meskipun demikian soto betawi juga sama enaknya dengan kuah bening tanpa santan. Yuk bunda … Nah, itulah resep soto ayam betawi yang memiliki cita rasa yang aduhai memanjakan lidah.

Cara menyiapkan Soto Betawi Ayam:
  1. Blender/ulek bumbu halus. Lalu tumis hingga harum
  2. Masukan semua bumbu cemplung. Tumis kembali hingga harum/berubah warna
  3. Tambahkan air. Lalu masukan ayam. Masak sampai ayam mulai matang
  4. Tambahkan santen kara dan susu full cream. Tambahkan garam, lada bubuk, dan ketumbah bubuk. Aduk. Lalu tes rasa
  5. Jika rasa sudah pas, masak soto sampai mendidih
  6. Siapkan bahan pelengkap di dalam mangkuk. Lalu tuang soto yang sudah matang. Soto Betawi Ayam siap disantap

Dikala lapar melanda, disuguhi menu soto ini tentu saja membuat khilaf. Pada intinya, jika Anda penasaran dan ingin mencoba resep ini dirumah, jangan takut salah, dicoba saja dulu, urusan hasil itu urusan belakangan.. Kenikmatan Soto Betawi yang pas di lidah banyak orang membuat soto ini menjadi salah satu soto andalan masyarakat Betawi. Variasi soto ini pun semakin banyak sesuai dengan selera masing-masing, mulai dari Soto Betawi Susu, Soto Betawi Ayam, Soto Betawi Daging Sapi, Soto Betawi Santan, dan masih banyak lagi. Mamat terletak pada proses pembuatan air santan kelapanya, dan rempah-rempah yang dibuat menggunakan peralatan tradisional.

Terima kasih telah membaca resep yang kami tampilkan di sini. Besar harapan kami, olahan Soto Betawi Ayam yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan hidangan yang enak untuk keluarga/teman ataupun menjadi inspirasi dalam berbisnis kuliner. Selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved