Resep Soto Ayam (Betawi), Bikin Ngiler

Lily Patrick   21/10/2020 06:22

Soto Ayam (Betawi)
Soto Ayam (Betawi)

Sedang mencari ide resep soto ayam (betawi) yang unik? Cara membuatnya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Jika salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal soto ayam (betawi) yang enak selayaknya memiliki aroma dan cita rasa yang mampu memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari soto ayam (betawi), mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau mau menyiapkan soto ayam (betawi) enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat menjadi suguhan spesial.

Kali ini bikin Soto Betawi pakai daging ayam aja ya😁, dan saya tambahkan ceker ayam, karena kesukaan sikecil juga😍, baru pertama kali ini bikin soto betawi pakai daging ayam, ternyata enak juga dan pas dengan cuaca depok yang sedang musim hujan seperti sekarang. Soto ayam is a yellow spicy chicken soup with lontong or nasi himpit or ketupat (all compressed rice that is then cut into small cakes) and/or vermicelli or noodles, it is from Indonesia, and popular in Singapore, Malaysia and Suriname. Turmeric is added as one of its ingredients to get yellow chicken broth.

Di bawah ini ada beberapa cara mudah dan praktis yang dapat diterapkan untuk mengolah soto ayam (betawi) yang siap dikreasikan. Anda bisa menyiapkan Soto Ayam (Betawi) memakai 22 bahan dan 6 tahap pembuatan. Berikut ini cara untuk menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan dalam pembuatan Soto Ayam (Betawi):
  1. Siapkan 500-600 gr Daging Ayam
  2. Siapkan 2 liter Air
  3. Ambil 2 lembar Daun Salam
  4. Ambil 4 lembar Daun Jeruk
  5. Ambil 2 Batang Daun Sereh (memarkan)
  6. Gunakan 5 butir Kapulaga
  7. Sediakan 2 cm Kayu manis
  8. Gunakan 250 ml Liquid cream (boleh diganti 2 bungkus kara+250 ml Susu putih segar/tanpa rasa)
  9. Ambil 🍶Bumbu yang dihaluskan:
  10. Sediakan 5 siung Bawang merah
  11. Ambil 4 siung Bawang putih
  12. Sediakan 1 sdt Ketumbar sangrai
  13. Gunakan 1/2 sdt Lada bubuk
  14. Siapkan 1 1/4 sdt Jinten
  15. Sediakan 1 sdm Garam
  16. Sediakan 1 sdt Gula pasir
  17. Ambil 🍲 Bahan pelengkap :
  18. Ambil 2 buah Kentang rebus(iris sesuai selera)
  19. Sediakan 2 buah Tomat (potong dadu kecil)
  20. Sediakan Secukupnya Bawang merah goreng
  21. Sediakan 2 Batang Daun bawang(potong-potong)
  22. Sediakan 4 Batang Daun seledri (iris tipis-tipis)

Soto betawi is never just about the soup. Membuat soto ayam Betawi harus diperhatikan dalam merebus dagingnya, usahakan waktunya cukup dan semua bumbu meresap sempurna. Berikut ini adalah langkah-langkah dalam membuat soto ayam Betawi : Semua bahan yang sudah disiapkan, dihaluskan hingga halus kemudian bisa ditumis hingga matang dan baunya harum. Nah, itulah resep soto ayam betawi yang memiliki cita rasa yang aduhai memanjakan lidah.

Cara membuat Soto Ayam (Betawi):
  1. Haluskan bumbu nya
  2. Panaskan wajan dan minyak, lalu tumis bumbu halus beserta daun jeruk, daun salam dan sereh sampai harum lalu matikan kompor.
  3. Didihkan air yang telah disiapkan, lalu masukkan ayam, rebus sampai dagingnya empuk, kemudian tiriskan daging ayam nya.
  4. Lalu masukkan bumbu halus, kayu manis, kapulaga kedalam air kaldu, biarkan sampai mendidih.
  5. Setelah mendidih masukkan Liquid cream nya(atau diganti dengan susu-santan), biarkan mendidih lalu matikan kompor.
  6. Siapkan piring, beri nasi putih, bahan pelengkap soto, irisan ayam dan kuah. Soto ayam betawi siap untuk disantap.

Dikala lapar melanda, disuguhi menu soto ini tentu saja membuat khilaf. Soto betawi adalah salah satu varian masakan soto yang cukup disukai oleh banyak orang di seluruh nusantara. Soto betawi terkenal dengan rasa kuahnya yang gurih merupakan perpaduan dari santan susu, daging sapi, dan jeroan. Ditambah lagi dengan perasan jeruk limau. duh, bisa ngiler. Resep soto ayam betawi enak kuah susu menyegarkan.

Gimana nih? Mudah bukan? Itulah cara membuat soto ayam (betawi) yang bisa Anda lakukan di rumah. Selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved