Resep Soto betawi atau soto kuah santan, Bisa Manjain Lidah

Rodney Walton   23/09/2020 12:06

Soto betawi atau soto kuah santan
Soto betawi atau soto kuah santan

Anda sedang mencari ide resep soto betawi atau soto kuah santan yang unik? Cara membuatnya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal soto betawi atau soto kuah santan yang enak harusnya sih memiliki aroma dan cita rasa yang mampu memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari soto betawi atau soto kuah santan, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, hingga cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing jika hendak menyiapkan soto betawi atau soto kuah santan yang enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa jadi suguhan spesial.

Soto Betawi merupakan makanan yang benar-benar di gemari oleh banyak orang. Dan tentunya anda saat juga ingin tahu rahasianya dari soto betawi ini kenapa begitu sangat memikat selera. Kalau menurut saya pribadi sebenarnya, yang bisa menjadikan soto betawi memiliki rasa yang enak dan nikmat adalah dari rasa Kuah Santan soto betawi.

Berikut ini ada beberapa tips dan trik praktis dalam mengolah soto betawi atau soto kuah santan yang siap dikreasikan. Anda dapat membuat Soto betawi atau soto kuah santan menggunakan 20 jenis bahan dan 3 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan untuk pembuatan Soto betawi atau soto kuah santan:
  1. Siapkan 1/2 ekor ayam
  2. Sediakan 1 bungkus su’un
  3. Gunakan 1/4 kubis
  4. Siapkan 2 batang daun bawang
  5. Sediakan 3 batang daun seledri
  6. Sediakan 220 ltr santan kara
  7. Siapkan 1 batang serai
  8. Siapkan 1 lembar daun salam
  9. Sediakan 1 lembar daun jeruk
  10. Ambil 2 buah tomat merah
  11. Sediakan Secukupnya air
  12. Sediakan Bumbu halus
  13. Siapkan 5 siung bawang merah
  14. Gunakan 4 siung bawang putih
  15. Ambil 1/4 sdt ketumbar
  16. Siapkan 1/4 sdt merica
  17. Ambil 1 ruas jahe
  18. Siapkan 1 ruas kunyit
  19. Gunakan Secukupnya gula dan garam
  20. Gunakan Secukupnya masako

Mungkin terdengar asing soto yang berkuah santan. Namun, nyatanya ada Soto Betawi yang berkuah santan. Soto dengan kuah ini memiliki citarasa yang sangat gurih, karena kuahnya penuh dengan santan yang kental. Bagi Anda yang ingin merasakan soto dengan cita rasa yang berbeda, Soto betawi kuah santan ini bisa dicoba.

Langkah-langkah menyiapkan Soto betawi atau soto kuah santan:
  1. Potong2 ayam cuci bersih dan rebus ayam sambil menunggu ulek ato blander semua bumbu halus kemuadian tumis hingga harum
  2. Masukan bumbu kedalam air rebusan ayam masukan santan aduk2 biarkan sampai ayam empuk. Jika sudah empuk angkat ayam lalu goreng. Kuahnya tadi beri gula garam dan masako. Jika rasa sudah pas masukan daun bawang dan seledri biarkan sebentar. Ayam yg di goreng di suir2.
  3. Potong kecil2 kubis cuci bersih, sambil rebus air untuk rendaman su’un jika sudah mendidih rendam su’un sebentar kemudian angkat tiriskan potong2, Tomat di potong2 untuk pelengkap. Tata di mangkok, sajikan. Saat ingin menyajikan kuah harus panas ya…

Sedangkan untuk olahan soto betawi yang kita makan di mall atau resto tentu saja harganya akan lebih mahal. Assalamualaikum Bunda di rumah jumpa lagi yc di Channel Resep Bunda Tika kali ini saya akan berbagi Resep Soto Betawi Spesial Ala Bunda Tika, soto yang saya. Soto betawi adalah salah satu varian masakan soto yang cukup disukai oleh banyak orang di seluruh nusantara. Soto betawi terkenal dengan rasa kuahnya yang gurih merupakan perpaduan dari santan susu, daging sapi, dan jeroan. Ditambah lagi dengan perasan jeruk limau. duh, bisa ngiler.

Bagaimana? Gampang kan? Itulah cara membuat soto betawi atau soto kuah santan yang bisa Anda lakukan di rumah. Selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved