Langkah Mudah untuk Menyiapkan Soto Ayam Betawi Asli yang Bikin Ngiler

Alexander Cross   01/11/2020 00:33

Soto Ayam Betawi Asli
Soto Ayam Betawi Asli

Anda sedang mencari inspirasi resep soto ayam betawi asli yang unik? Cara membuatnya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Jika salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan bahkan tidak sedap. Padahal soto ayam betawi asli yang enak selayaknya mempunyai aroma dan cita rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari soto ayam betawi asli, mulai dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar, sampai cara mengolah dan menghidangkannya. Tak perlu pusing jika hendak menyiapkan soto ayam betawi asli enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat menjadi suguhan spesial.

Cobalah anda membuat soto Betawi sendiri dirumah, selain efisien juga bisa dinikmati oleh seluruh keluarga. Soto betawi adalah salah satu varian masakan soto yang cukup disukai oleh banyak orang di seluruh nusantara. Soto betawi terkenal dengan rasa kuahnya yang gurih merupakan perpaduan dari santan susu, daging sapi, dan jeroan.

Nah, kali ini kita coba, yuk, ciptakan soto ayam betawi asli sendiri di rumah. Tetap berbahan yang sederhana, sajian ini dapat memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda dapat membuat Soto Ayam Betawi Asli menggunakan 22 jenis bahan dan 6 tahap pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan untuk pembuatan Soto Ayam Betawi Asli:
  1. Sediakan 6 dada ayam goreng yang sudah disuir suir
  2. Siapkan 4 kentang rebus yang sudah di goreng lalu potong dadu sedang
  3. Sediakan 10 buah cabai merah keriting yang sudah direbus sebentar saja
  4. Ambil 2 batang daun bawang sudah di iris
  5. Gunakan 2 buah tomat merah sudah dipotong potong
  6. Gunakan 5 siung bawang merah
  7. Sediakan 4 siung bawang putih
  8. Ambil 4 buah kemiri
  9. Gunakan 2 ruas jari kunyit
  10. Sediakan 1 ruas jari jahe
  11. Siapkan 1 sdm ketumbar
  12. Gunakan 1 sdt jinten
  13. Gunakan 2 sdm garam
  14. Ambil 1 buah gula merah(bisa gula pasir) secukupnya
  15. Ambil 1 bungkus royko ayam (bisa merk lain)
  16. Siapkan 4 lembar daun salam
  17. Siapkan 1 buah lengkuas (geprek)
  18. Siapkan 1 batang sereh(geprek)
  19. Gunakan 3 lembar daun jeruk
  20. Sediakan 1 liter santan cair (saya pakai 2 bungkus kara @65 ml)
  21. Siapkan minyak untuk menumis
  22. Ambil secukupnya air

Soto Betawi memakai daging sapi dan juga beberapa bahan lain seperti torpedo dan juga jeroan. Selain itu, Maka dari itu, saya pikir-pikir tidak ada salahnya jika saya mencoba memberikan racikan resep soto ayam betawi asli yang enaknya minta ampun tetapi tidak diampuni ini. Soto Betawi adalah : Soto Asli Jakarta merupakan salah satu kuliner Nusantara yang begitu populer. Terbuat dari Daging sapi sengkel atau bisa juga dengan Jerohan Sapi.

Cara menyiapkan Soto Ayam Betawi Asli:
  1. Bahan bumbu yang dihaluskan/blender : bawang merah,bawang putih,kemiri,jahe,ketumbar,cabai merah,kunyit,garam dan jinten
  2. Panaskan minyak secukupnya lalu tumis bahan bumbu yang sudah halus tadi.lalu masukan daun salam,sereh,lengkuas,daun jeruk sampai stengah matang
  3. Lalu masukan santan aduk bila sudah agak mendidih masukan ayam & kentang.lalu daun bawang & tomat
  4. Masukan royko di rasa dulu agar pas bila kurang air tambahkan secukupnya.
  5. Lalu tunggu sampai matang masukan gula merah aduk lagi sampai rasanya pas
  6. Bila sudah matang angkat sajikan dengan bawang goreng &emping

Resep soto ayam betawi enak kuah susu menyegarkan. Nih rahasia cara membuat kuah soto kampung betawi enak tanpa susu. Resep soto betawi asli sebenarnya menggunakan susu cair segar untuk pelengkap kuah. Namun bagi yang tidak suka bisa ganti dengan kuah santan. Meskipun demikian soto betawi juga sama enaknya dengan kuah bening tanpa santan.

Bagaimana? Gampang kan? Itulah cara menyiapkan soto ayam betawi asli yang bisa Anda praktikkan di rumah. Selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved