Resep Soto ayam betawi Anti Gagal

Annie Beck   25/08/2020 14:45

Soto ayam betawi
Soto ayam betawi

Anda sedang mencari ide resep soto ayam betawi yang unik? Cara membuatnya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Jika salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan bahkan tidak sedap. Padahal soto ayam betawi yang enak harusnya sih mempunyai aroma dan cita rasa yang bisa memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari soto ayam betawi, pertama dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menghidangkannya. Tidak usah pusing jika mau menyiapkan soto ayam betawi yang enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat menjadi suguhan istimewa.

Kali ini bikin Soto Betawi pakai daging ayam aja ya😁, dan saya tambahkan ceker ayam, karena kesukaan sikecil juga😍, baru pertama kali ini bikin soto betawi pakai daging ayam, ternyata enak juga dan pas dengan cuaca depok yang sedang musim hujan seperti sekarang. Soto Betawi, mainly consisting of offal in creamy milk or coconut milk soup, from Jakarta Some sotos are named based on the town or region where they are created: Ambon soto - made of chicken and broth, flavoured and coloured with turmeric, ginger, galangal, garlic, lemongrass, and loads of spices. Ingredients to prepare Indonesian soto betawi (Jakarta beef soup): beef stew cuts, honeycomb tripe, shalots, garlic, ginger, galangal, candlenuts, lemongrass, kaffir lime leaves, and coconut milk.

Nah, kali ini kita coba, yuk, buat soto ayam betawi sendiri di rumah. Tetap dengan bahan sederhana, hidangan ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuhmu sekeluarga. Anda dapat menyiapkan Soto ayam betawi memakai 23 bahan dan 7 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan dalam pembuatan Soto ayam betawi:
  1. Ambil 1/2 kg ayam bagian dada di belah 2
  2. Siapkan 1 liter susu cair full cream
  3. Siapkan 1 liter santan dari 1 butir kelapa
  4. Gunakan 500 mili air
  5. Sediakan 3 lembat daun jeruk buang tulangnya
  6. Sediakan 2 batang serai geprek
  7. Siapkan 1 ruas lengkuas di geprek
  8. Gunakan 2 lembar daun salam
  9. Gunakan Secukupnya garam gula dan kaldu
  10. Sediakan Bumbu halus
  11. Ambil 8 siung bawang merah
  12. Sediakan 4 siung bawang putih
  13. Ambil 5 butir kemiri
  14. Siapkan 1 sndk teh ketumbar
  15. Sediakan 1 ruas jahe
  16. Sediakan 1/2 sendok teh lada
  17. Ambil Pelengkap
  18. Sediakan Kentang goreng
  19. Gunakan Bawang goreng
  20. Sediakan Emping melinjo
  21. Siapkan Tomat besar
  22. Ambil Daun bawang
  23. Sediakan Sambal cabe

Pada intinya, jika Anda penasaran dan ingin mencoba resep ini dirumah, jangan takut salah, dicoba saja dulu, urusan hasil itu urusan belakangan. Resep soto ayam betawi enak kuah susu menyegarkan. Nih rahasia cara membuat kuah soto kampung betawi enak tanpa susu. Resep soto betawi asli sebenarnya menggunakan susu cair segar untuk pelengkap kuah.

Cara membuat Soto ayam betawi:
  1. Didihkan 500mili air di panci dgn api kecil,masukan ayam,rebus ayam hingga kluar kaldunya
  2. Tumis bumbu hingga harum,masukan daun jeruk,daun salam,lengkuas, serai tumis bumbu sampai bnr2 matang,tuang tumisan bumbu ke dalam panci rebusan ayam aduk rata hingga bumbu meresap
  3. Tuang santan aduk rata,tuang susu cair aduk rata tunggu hingga benar2 mendidih beri kaldu garam dan gula aduk rata dan koreksi rasa,aduk sering2 biar santan tidak pecah.
  4. Jika ayam sudah empuk dan rasa sudah sesuai selera matikan api dan angkat ayamnya lalu tiriskan,goreng sebentar lalu suwir2
  5. Tata semua bahan pelengkap di atas mangkuk
  6. Siram dgn kuah soto panas2
  7. Taburi dgn bawang goreng dan emping melinjo sajikan.

Namun bagi yang tidak suka bisa ganti dengan kuah santan. Soto betawi adalah salah satu varian masakan soto yang cukup disukai oleh banyak orang di seluruh nusantara. Soto betawi terkenal dengan rasa kuahnya yang gurih merupakan perpaduan dari santan susu, daging sapi, dan jeroan. Ditambah lagi dengan perasan jeruk limau. duh, bisa ngiler. Yang mempopulerkan dan pertama memakai kata Soto Betawi adalah penjual soto di THR Lokasari.

Terima kasih telah menggunakan resep yang tim kami tampilkan di halaman ini. Besar harapan kami, olahan Soto ayam betawi yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan makanan yang sedap untuk keluarga/teman ataupun menjadi ide bagi Anda yang berkeinginan untuk berbisnis kuliner. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved