Resep Soto ayam betawi yang Bisa Manjain Lidah

Callie Dunn   18/11/2020 11:30

Soto ayam betawi
Soto ayam betawi

Lagi mencari inspirasi resep soto ayam betawi yang unik? Cara menyiapkannya memang susah-susah gampang. Kalau keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal soto ayam betawi yang enak harusnya sih mempunyai aroma dan cita rasa yang bisa memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari soto ayam betawi, pertama dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, hingga cara mengolah dan menyajikannya. Tak perlu pusing kalau hendak menyiapkan soto ayam betawi enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu jadi suguhan istimewa.

Kali ini bikin Soto Betawi pakai daging ayam aja ya😁, dan saya tambahkan ceker ayam, karena kesukaan sikecil juga😍, baru pertama kali ini bikin soto betawi pakai daging ayam, ternyata enak juga dan pas dengan cuaca depok yang sedang musim hujan seperti sekarang. Soto can have a light and clear broth just like soto bandung, a yellow transparent broth (coloured with turmeric) like the one that can be found in soto ayam, or a rich and thick coconut milk or milk broth just like those in soto kaki or soto betawi. Soto in Malaysia and Singapore has a certain expected clear-soup look made of chicken broth.

Nah, kali ini kita coba, yuk, kreasikan soto ayam betawi sendiri di rumah. Tetap berbahan yang sederhana, hidangan ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda dapat menyiapkan Soto ayam betawi memakai 23 bahan dan 4 langkah pembuatan. Berikut ini langkah-langkah dalam menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan untuk pembuatan Soto ayam betawi:
  1. Sediakan 1/2 kg daging ayam
  2. Sediakan 3 batang daun bawang
  3. Gunakan 2 buah tomat
  4. Sediakan 1 liter air
  5. Ambil 1 bungkus santan kara
  6. Siapkan 2 saset susu kental manis
  7. Siapkan 1 batang serai
  8. Sediakan Sedikit kayu manis
  9. Ambil 2 kapulaga
  10. Siapkan 1 bunga lawang
  11. Ambil 5 lembar daun jeruk
  12. Siapkan Bumbu halus :
  13. Sediakan 7 bawang merah
  14. Ambil 5 bawang putih
  15. Sediakan 1 sdt ketumbar
  16. Sediakan 1 sdt jintan
  17. Ambil 1 sdm garam
  18. Gunakan 1 sdt penyedap
  19. Sediakan 1 royko ayam
  20. Siapkan Pelengkap :
  21. Sediakan Sambal
  22. Siapkan Kerupuk emping/ biasa
  23. Ambil Bawang goreng

Nah, itulah resep soto ayam betawi yang memiliki cita rasa yang aduhai memanjakan lidah. Dikala lapar melanda, disuguhi menu soto ini tentu saja membuat khilaf. Pada intinya, jika Anda penasaran dan ingin mencoba resep ini dirumah, jangan takut salah, dicoba saja dulu, urusan hasil itu urusan belakangan.. Resep soto ayam betawi enak kuah susu menyegarkan.

Langkah-langkah membuat Soto ayam betawi:
  1. Cuci bersih daging ayam potong2 sesuai selera rebus.
  2. Haluskan bumbu, tumis bersama daun jeruk, serai, kayu manis, kapulaga, bunga Lawang. Setelah harum masukkan ke dalam rebusan air ayam.
  3. Beri santan dan susu kental manis, koreksi rasa, ketika mau diangkat masukkan potongan tomat dan daun bawang.
  4. Sajikan bersama kerupuk, sambal dan taburan bawang goreng.

Nih rahasia cara membuat kuah soto kampung betawi enak tanpa susu. Resep soto betawi asli sebenarnya menggunakan susu cair segar untuk pelengkap kuah. Namun bagi yang tidak suka bisa ganti dengan kuah santan. Meskipun demikian soto betawi juga sama enaknya dengan kuah bening tanpa santan. Soto betawi adalah salah satu varian masakan soto yang cukup disukai oleh banyak orang di seluruh nusantara.

Gimana nih? Gampang kan? Itulah cara membuat soto ayam betawi yang bisa Anda praktikkan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved