Resep PINDANG MERANJAT ikan Manyung, Bikin Ngiler

Jeffery Bowman   02/10/2020 04:16

PINDANG MERANJAT ikan Manyung
PINDANG MERANJAT ikan Manyung

Lagi mencari inspirasi resep pindang meranjat ikan manyung yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Kalau keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan bahkan tidak sedap. Padahal pindang meranjat ikan manyung yang enak harusnya sih mempunyai aroma dan cita rasa yang bisa memancing selera kita.

Hi cooklovers. udah lama sy gk update ngisi resep. Lihat juga resep Pindang kepala ikan manyung enak lainnya. Pindang is an Indonesian cooking method of boiling ingredients in salt and certain spices, usually employed to cook fish or egg, originating from Palembang, South Sumatra, Indonesia.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari pindang meranjat ikan manyung, mulai dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar sampai cara mengolah dan menyajikannya. Tak perlu pusing jika mau menyiapkan pindang meranjat ikan manyung enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat menjadi sajian spesial.

Di bawah ini ada beberapa tips dan trik praktis yang dapat diterapkan untuk mengolah pindang meranjat ikan manyung yang siap dikreasikan. Anda dapat menyiapkan PINDANG MERANJAT ikan Manyung memakai 17 bahan dan 5 langkah pembuatan. Berikut ini cara untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan dalam menyiapkan PINDANG MERANJAT ikan Manyung:
  1. Sediakan 1 kg Ikan manyung
  2. Gunakan 6 siung Bawang merah
  3. Ambil 6 siung Bawang putih
  4. Siapkan 1 ruas kunyit
  5. Sediakan potong Nanas
  6. Ambil 1 ikat Kemangi
  7. Gunakan 1 potong Gula merah
  8. Ambil 2 lbr Daun salam
  9. Ambil 2 lbr daun jeruk
  10. Ambil Secukupnya Merica
  11. Sediakan 6 bh Cabe rawit
  12. Sediakan 1 btg Sereh
  13. Ambil 2 bhTomat
  14. Siapkan Secukupnya Asem jawa
  15. Sediakan Secukupnya Garam
  16. Sediakan 1 bks kecil terasi
  17. Sediakan Secukupnya Penyedap rasa ayam

Berawal dari iseng meng-upload satu resep tumis sederhana. Lalu iseng ikut challenge yang sedang diadakan. Rupanya mendapatkan respon yang cukup baik,. Pindang kepala ikan manyung memiliki kandungan protein yang baik bagi pengidap kolestrol, sebab ikan ini memiliki lemak baik yang lebih banyak ketimbang lemak jahatnya.

Langkah-langkah membuat PINDANG MERANJAT ikan Manyung:
  1. Bersihkan ikan manyung potong2 sesuai selera. Siapkan smua bahan diatas. Didihkan air dipanci. Haluskan bumbu2 kecuali terasi salam sereh.
  2. Masukkan bumbu halus kedalam air mendidih dipanci. Masukkan terasi gula merah. Aduk sampai larut.
  3. Masukkan tomat ikan manyung cabe rawit dan garam.
  4. Masukkan merica bubuk nanas daun kemangi. Aduk pelahan… karena sy buatnya dipanci kecil… agak kepenuhan… hehehe
  5. Lalu…masukkan larutan asam dan beri penyedap rasa(optional).. koreksi rasa.. matikan kompor.

Ikan manyung jika diolah dengan tepat, bisa membantu mencegah stroke, mengatasi masalah kekurangan gizi, mengobati radang kulit, dan menurunkan gejala diabetes. Bukan sembarang ikan, manyung alias ikan gombyang adalah ikan laut kerabat lele dan patin. Memiliki kumis, tidak bersisik, dan berkepala besar merupakan ciri utama ikan ini. Ikan yang menghasilkan banyak daging ini banyak ditemukan di perairan pantai utara Jawa, termasuk Indramayu. Untuk menu pindang, bagian kepala ikan yang digunakan.

Gimana nih? Gampang kan? Itulah cara membuat pindang meranjat ikan manyung yang bisa Anda praktikkan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved