Langkah Mudah untuk Menyiapkan Soto ayam betawi Anti Gagal

Marie Mitchell   19/11/2020 04:54

Soto ayam betawi
Soto ayam betawi

Lagi mencari ide resep soto ayam betawi yang unik? Cara menyiapkannya memang susah-susah gampang. Kalau salah mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal soto ayam betawi yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang bisa memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari soto ayam betawi, pertama dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menghidangkannya. Tak perlu pusing jika hendak menyiapkan soto ayam betawi enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa menjadi suguhan istimewa.

Kali ini bikin Soto Betawi pakai daging ayam aja ya😁, dan saya tambahkan ceker ayam, karena kesukaan sikecil juga😍, baru pertama kali ini bikin soto betawi pakai daging ayam, ternyata enak juga dan pas dengan cuaca depok yang sedang musim hujan seperti sekarang. Soto can have a light and clear broth just like soto bandung, a yellow transparent broth (coloured with turmeric) like the one that can be found in soto ayam, or a rich and thick coconut milk or milk broth just like those in soto kaki or soto betawi. Soto in Malaysia and Singapore has a certain expected clear-soup look made of chicken broth.

Di bawah ini ada beberapa tips dan trik praktis untuk membuat soto ayam betawi yang siap dikreasikan. Anda bisa menyiapkan Soto ayam betawi menggunakan 24 bahan dan 5 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah dalam menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan dalam menyiapkan Soto ayam betawi:
  1. Siapkan 1 kg ayam
  2. Sediakan 2 bungkus sun kara
  3. Siapkan 500 ml susu cair
  4. Sediakan Bumbu halus:
  5. Ambil 15 bawang merah
  6. Sediakan 8 bawang putih
  7. Gunakan 1 ruas jahe
  8. Ambil 4 kemiri
  9. Ambil 1 sdt Jinten
  10. Ambil 1 SDM Ketumbar
  11. Sediakan 1 sdt lada bubuk
  12. Siapkan Bumbu Cemplung:
  13. Ambil 1 ruas lengkuas di geprek
  14. Gunakan 3 lembar daun salam
  15. Ambil 2 lembar daun jeruk
  16. Siapkan 2 buah sereh digeprek
  17. Ambil Kayu manis
  18. Gunakan Cengkeh
  19. Siapkan Pelengkap:
  20. Siapkan iris Daun bawang
  21. Sediakan Sambal dari rawit merah direbus lalu diulek
  22. Gunakan Emping(Aku skip, karena cuma ada kerupuk bawang)
  23. Gunakan Irisan tomat
  24. Gunakan Jeruk limo/jeruk nipis

Nah, itulah resep soto ayam betawi yang memiliki cita rasa yang aduhai memanjakan lidah. Dikala lapar melanda, disuguhi menu soto ini tentu saja membuat khilaf. Pada intinya, jika Anda penasaran dan ingin mencoba resep ini dirumah, jangan takut salah, dicoba saja dulu, urusan hasil itu urusan belakangan.. Resep soto ayam betawi enak kuah susu menyegarkan.

Cara membuat Soto ayam betawi:
  1. Rebus ayam, hingga empuk. Masukan bumbu cemplung
  2. Haluskan bumbu2 halusnya, tumis lalu masukan ke dalam air rebusan ayam
  3. Masukan sun kara aduk2 hingga mendidih, lalu masukan susu cair
  4. Angkat ayam, tiriskan. Goreng sebentar. Lalu suir2
  5. Suiran ayam, irisan tomat, daun bawang iris beri kuah soto. Diatasnya beri kerupuk dan sambal, kucuri dengan jeruk limo/ jeruk nipis. Segeur banget plus gurih…siap disajikan 😋😋

Nih rahasia cara membuat kuah soto kampung betawi enak tanpa susu. Resep soto betawi asli sebenarnya menggunakan susu cair segar untuk pelengkap kuah. Namun bagi yang tidak suka bisa ganti dengan kuah santan. Meskipun demikian soto betawi juga sama enaknya dengan kuah bening tanpa santan. Soto betawi adalah salah satu varian masakan soto yang cukup disukai oleh banyak orang di seluruh nusantara.

Bagaimana? Mudah bukan? Itulah cara membuat soto ayam betawi yang bisa Anda praktikkan di rumah. Selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved