Resep Soto ayam betawi Anti Gagal

Joe Fletcher   31/10/2020 18:51

Soto ayam betawi
Soto ayam betawi

Sedang mencari inspirasi resep soto ayam betawi yang unik? Cara menyiapkannya memang susah-susah gampang. Kalau keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal soto ayam betawi yang enak selayaknya memiliki aroma dan rasa yang dapat memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari soto ayam betawi, pertama dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, hingga cara membuat dan menghidangkannya. Tak perlu pusing kalau ingin menyiapkan soto ayam betawi yang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa menjadi suguhan istimewa.

Kali ini bikin Soto Betawi pakai daging ayam aja ya😁, dan saya tambahkan ceker ayam, karena kesukaan sikecil juga😍, baru pertama kali ini bikin soto betawi pakai daging ayam, ternyata enak juga dan pas dengan cuaca depok yang sedang musim hujan seperti sekarang. Soto can have a light and clear broth just like soto bandung, a yellow transparent broth (coloured with turmeric) like the one that can be found in soto ayam, or a rich and thick coconut milk or milk broth just like those in soto kaki or soto betawi. Soto in Malaysia and Singapore has a certain expected clear-soup look made of chicken broth.

Nah, kali ini kita coba, yuk, buat soto ayam betawi sendiri di rumah. Tetap berbahan sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuhmu sekeluarga. Anda bisa menyiapkan Soto ayam betawi menggunakan 25 bahan dan 5 tahap pembuatan. Berikut ini cara untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan dalam pembuatan Soto ayam betawi:
  1. Ambil 1/2 kg dada ayam
  2. Siapkan 2 batang serai geprek
  3. Gunakan 1 batang Laos geprek
  4. Siapkan 3 cm kayu manis
  5. Siapkan 3 buah cengkeh
  6. Sediakan 2 lembar daun salam
  7. Siapkan 2 sdt fiber creme / 65ml santan kara
  8. Gunakan 500 ml air untuk fibercreme
  9. Gunakan 500 ml air untuk rebusan daging
  10. Ambil Bumbu halus :
  11. Siapkan 8 bawang merah
  12. Siapkan 4 bawang putih
  13. Ambil 1/2 sdt ketumbar
  14. Ambil 1/4 sdt jintan
  15. Sediakan 1/4 sdt lada bubuk
  16. Gunakan 3 cm kunyit
  17. Ambil 2 kemiri
  18. Siapkan secukupnya Gula + garam
  19. Ambil Bahan tambahan :
  20. Ambil Bawang goreng
  21. Siapkan Kentang di potong dadu + di goreng
  22. Sediakan Sambel rawit merah
  23. Sediakan Jeruk nipis
  24. Sediakan Tomat
  25. Siapkan Emping

Nah, itulah resep soto ayam betawi yang memiliki cita rasa yang aduhai memanjakan lidah. Dikala lapar melanda, disuguhi menu soto ini tentu saja membuat khilaf. Pada intinya, jika Anda penasaran dan ingin mencoba resep ini dirumah, jangan takut salah, dicoba saja dulu, urusan hasil itu urusan belakangan.. Resep soto ayam betawi enak kuah susu menyegarkan.

Langkah-langkah menyiapkan Soto ayam betawi:
  1. Cuci bersih dada ayam, kemudian rebus dg 500ml air.
  2. Haluskan bumbu, tumis bumbu halus kemudian masukan cengkeh, Laos, batang serai, dll. Jika sudah harum tambahkan air fiber creme, kemudian jika sudah matang bumbu tadi di masukkan ke dalam air rebusan ayam.
  3. Di aduk agar menyatu sambil di tambahkan bumbu spt garam, gula, dan penyedap, cek rasa.
  4. Jika sudah pas, tunggu sampai ayam empuk. Jk sudah empuk tiriskan dan goreng ayam sampai kecoklatan.
  5. Sajikan dengan kentang goreng, ayam yg sudah di goreng, tomat, dan beri kuah soto tadi + bawang goreng dan sambal. Jgn lupa tambahkan jeruk nipis dan emping jk suka. Selamat mencoba 😁

Nih rahasia cara membuat kuah soto kampung betawi enak tanpa susu. Resep soto betawi asli sebenarnya menggunakan susu cair segar untuk pelengkap kuah. Namun bagi yang tidak suka bisa ganti dengan kuah santan. Meskipun demikian soto betawi juga sama enaknya dengan kuah bening tanpa santan. Soto betawi adalah salah satu varian masakan soto yang cukup disukai oleh banyak orang di seluruh nusantara.

Gimana nih? Mudah bukan? Itulah cara membuat soto ayam betawi yang bisa Anda lakukan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved