Resep Ayam Goreng Ungkeb yang Enak Banget

Jared Turner   17/06/2020 17:12

Ayam Goreng Ungkeb
Ayam Goreng Ungkeb

Sedang mencari inspirasi resep ayam goreng ungkeb yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Kalau keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal ayam goreng ungkeb yang enak selayaknya memiliki aroma dan cita rasa yang mampu memancing selera kita.

When Indonesians mention ayam goreng (fried chicken), what we really mean is ayam ungkep, and you can use the term interchangeably. Ungkep translates to braising, and the name reflects the fact that what we fry is not raw chicken, but chicken that has been braised in a pot of broth filled with spices. Resep Ayam Goreng Ungkep (bumbu kuning).

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari ayam goreng ungkeb, pertama dari jenis bahan, kedua pemilihan bahan segar sampai cara mengolah dan menghidangkannya. Tak perlu pusing jika mau menyiapkan ayam goreng ungkeb enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat menjadi sajian spesial.

Nah, kali ini kita coba, yuk, kreasikan ayam goreng ungkeb sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuhmu sekeluarga. Anda bisa membuat Ayam Goreng Ungkeb memakai 14 bahan dan 5 langkah pembuatan. Berikut ini langkah-langkah dalam menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan dalam pembuatan Ayam Goreng Ungkeb:
  1. Gunakan 1 kg ayam, potong²
  2. Ambil ±500 ml air
  3. Sediakan Secukupnya minyak untuk menggoreng
  4. Ambil Secukupnya minyak goreng
  5. Sediakan 🍀Bumbu Halus :
  6. Ambil 2 sdm ketumbar biji
  7. Siapkan 6 siung bawang putih ukuran besar
  8. Sediakan 1/2 jempol jahe
  9. Sediakan 1 telunjuk kunyit
  10. Gunakan 🍀 Bumbu Cemplung/Pelengkap :
  11. Siapkan Secukupnya Garam dan kaldu bubuk
  12. Siapkan 3 lembar Daun salam
  13. Gunakan 1 batang sereh, geprek
  14. Sediakan 1 jempol lengkuas, geprek/iris² tipis

Ayam goreng bumbu ungkep ini paling enak disantap dengan sambal. Cara membuat resep ayam goreng ungkep: Cuci bersih dan potong ayam sesuai selera, lumuri garam, dan siapkan bahan-bahan bumbu halus, lalu haluskan. Tumis bumbu halus hingga harum, masukkan daun salam, daun jeruk, jahe, lengkuas, dan serai, lalu masukkan ayam. Resep ayam goreng ungkep sederhana dengan cita rasa enak dan lezat akan ditulis pada artikel ini, simak baik baik ya sahabat.

Langkah-langkah menyiapkan Ayam Goreng Ungkeb:
  1. Cuci bersih ayam, lumuri dengan air jeruk lemon/nipis. Diamkan ±15 menit. Cuci kembali sampai bersih. Sisihkan. Siapkan bumbu, blender semua bahan bumbu halus. Sisihkan.
  2. Dalam wajan masukkan air, semua bumbu halus. Setelah mendidih masukan ayam dan semua bumbu cemplung. Aduk rata sampai ayam terlumuri bumbu.
  3. Tutupi wajan/ungkeb. Masak sampai ayam empuk dan kuah menyusut. Sesekali dibalik ya supaya bumbu tidak ngerak dan gosong. Setelah bumbu mengental dan meresap,cicipi dan koreksi rasa. Matikan api.
  4. Dalam wajan lain, panaskan minyak. Goreng ayam secukupnya sampai matang. Sisa ayam yang sudah dibumbu ungkeb ini masukan ke dalam wadah tertutup, masukkan ke dalam kulkas.
  5. Ayam goreng siap di sajikan 🤩

Sebelum masuk kedalam proses memasak ayam goreng ungkep sederhana alangkah baikinya kita persiapkan bahan dan bumbu apa saja yang harus dipersiapkan. Yuk kita persiapkan apa saja yang diperlukan. Kali ini kami akan membahas resep ayam ungkep goreng. Salah satu keistimewaan dari ayam ungkep adalah bumbu yang meresap hingga ke dalam daging ayam serta tekstur daging ayam yang sangat empuk membuat ayam ungkep goreng sangat istimewa. Langsung saja kita simak resep ayam ungkep goreng.

Terima kasih telah membaca resep yang kami tampilkan di sini. Besar harapan kami, olahan Ayam Goreng Ungkeb yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan hidangan yang sedap untuk keluarga/teman maupun menjadi ide bagi Anda yang berkeinginan untuk berbisnis kuliner. Selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved