Resep Pindang meranjat ikan baung khas Lampung #BikinRamadhanBerkesan yang Enak Banget

Sally Matthews   21/11/2020 00:28

Pindang meranjat ikan baung khas Lampung #BikinRamadhanBerkesan
Pindang meranjat ikan baung khas Lampung #BikinRamadhanBerkesan

Lagi mencari ide resep pindang meranjat ikan baung khas lampung #bikinramadhanberkesan yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Jika salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal pindang meranjat ikan baung khas lampung #bikinramadhanberkesan yang enak seharusnya punya aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari pindang meranjat ikan baung khas lampung #bikinramadhanberkesan, pertama dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar, hingga cara membuat dan menyajikannya. Tak perlu pusing kalau hendak menyiapkan pindang meranjat ikan baung khas lampung #bikinramadhanberkesan yang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu jadi suguhan spesial.

Pindang meranjat ikan baung khas Lampung #BikinRamadhanBerkesan Subhanallah nikmat sekali.ikan baung bisa diganti dg ikan patin. Makanan khas Lampung karna saya besar di Lampung. Kemarin mama bawain ikan baung sungai fresh dari Lampung, jadi langsung eksekusi.

Di bawah ini ada beberapa cara mudah dan praktis untuk membuat pindang meranjat ikan baung khas lampung #bikinramadhanberkesan yang siap dikreasikan. Anda dapat menyiapkan Pindang meranjat ikan baung khas Lampung #BikinRamadhanBerkesan memakai 13 jenis bahan dan 6 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan untuk pembuatan Pindang meranjat ikan baung khas Lampung #BikinRamadhanBerkesan:
  1. Gunakan 1 kg ikan baung
  2. Gunakan 8 siung bawang merah
  3. Siapkan 5 siung bawang putih
  4. Gunakan 5 buah cabe merah
  5. Sediakan secukupnya jahe
  6. Ambil secukupnya kunyit
  7. Siapkan secukupnya asem jawa
  8. Sediakan secukupnya laos
  9. Ambil 5 helai daun salam
  10. Ambil 1/4 ikat daun kemangi sesuai selera
  11. Ambil 1/2 buah nanas
  12. Siapkan sesuai selera cabe rawit glundungan
  13. Sediakan 1 bgks terasi mawar

Pindang merupakan makanan khas Sumatera yang banyak ditemui, termasuk di daerah Bandar Lampung. Restoran yang kini memiliki lima cabang yang tersebar di Bandar Lampung ini menghadirkan pindang khas dari daerah Meranjat, perbatasan Lampung dan Palembang. Pindang adalah masakan berkuah asam pedas berisikan ikan atau daging. Pindang Meranjat Riu merupakan sebuah warung yang cukup populer di Lampung.

Langkah-langkah membuat Pindang meranjat ikan baung khas Lampung #BikinRamadhanBerkesan:
  1. Haluskan bawang merah, putih, jahe, kunyit, dan cabe merah.
  2. Sembari menghaluskan bumbu2 tadi, siapkan air rebus kira2 1/2 paci, atau sesuai banyaknya ikan.
  3. Setelah bumbu halus, dan air telah mendidih, masukkan semua bumbu tadi ke dalam air mendidih tersebut, tambahkan daun salam, laos, nanas yang telah di potong kecil2,asem jawa/asem kandis, terasi mawar. Masukkan pula ikan baung nya.
  4. Setelah ikan baung sudah matang, cicipi kuah nya, tambahkan masako, gula pasir, dan garam.
  5. Untuk yang terakhir, saat semua sudah siap, tambahkan cabe rawit glundungan, dan daun kemangi agar tercipta rasa yang semakin lezat, boleh juga ditambahi tomat untuk topingnya.
  6. Taraaaaa… Pindang meranjat ikan baung siap untuk dihidangkan…

Menu andalan di Pindang Meranjat Riu adalah olahan dari ikan baung dan ikan patin. Ikan tersebut dimasak dengan bumbu pedas dan sedikit asam agar lebih segar. TONTON JUGA: Memang biasanya pindang meranjat itu kalau tidak pindang tulang, ya pindang ikan, dan umumnya ikan yang digunakan adalah ikan patin ataupun ikan baung ataupun mujair. Pindang Meranjat rasanya ada sedikit manis, pedas, asem, asin ditambah dengan sedikit rasa dari terasi udang yang menyatu dalam kuah sehingga memberi cita rasa yang unik dan khas. Pindang merupakan salah satu makanan khas dari kota Lampung yang wajib anda cicipi saat berkunjung ke kota yang penuh dengan pesona yang sangat menakjubkan ini.

Bagaimana? Gampang kan? Itulah cara membuat pindang meranjat ikan baung khas lampung #bikinramadhanberkesan yang bisa Anda praktikkan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved