Cara Gampang Membuat Pindang meranjat baung (Palembang) Anti Gagal

Mike Horton   26/10/2020 14:07

Pindang meranjat baung (Palembang)
Pindang meranjat baung (Palembang)

Sedang mencari inspirasi resep pindang meranjat baung (palembang) yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Kalau keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan bahkan tidak sedap. Padahal pindang meranjat baung (palembang) yang enak harusnya sih mempunyai aroma dan cita rasa yang dapat memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari pindang meranjat baung (palembang), pertama dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, hingga cara mengolah dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan pindang meranjat baung (palembang) enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu jadi sajian istimewa.

Pindang Meranjat (Khas Palembang) Minggu lalu baru pulang dari Linggau, kok makan pindang di sana enak banget, sampe penasaran dan coba masak sendiri di rumah. Pindang is an Indonesian cooking method of boiling ingredients in salt and certain spices, usually employed to cook fish or egg, originating from Palembang, South Sumatra, Indonesia. Pindang has preservative property, which used to extend the shelf life of fish.

Berikut ini ada beberapa tips dan trik praktis untuk membuat pindang meranjat baung (palembang) yang siap dikreasikan. Anda bisa menyiapkan Pindang meranjat baung (Palembang) menggunakan 19 jenis bahan dan 4 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah untuk menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan dalam menyiapkan Pindang meranjat baung (Palembang):
  1. Ambil 500 gr ikan baung ukuran besar (potong 5 atau 4)
  2. Gunakan Bumbu halus :
  3. Sediakan 8 buah bawang merah
  4. Siapkan 3 buah bawang putih
  5. Siapkan 2 ruas kunyit
  6. Ambil 2 ruas jahe
  7. Siapkan 6 buah cabe merah keriting
  8. Gunakan Bumbu Tambahan
  9. Ambil 5 lembar daun salam
  10. Sediakan 1 buah tomat, potong dadu
  11. Ambil 2 ruas lengkuas, geprek
  12. Siapkan 2 buah serai, memarkan
  13. Gunakan 1 buah daun bawang
  14. Siapkan Daun kemangi
  15. Ambil 1/2 bulat kecil gula merah
  16. Siapkan Garam
  17. Ambil Masako
  18. Sediakan 1 literan air
  19. Siapkan 3 sdt air asam jawa

Pindang ikan meranjat ini menjadi favorit para penggemar pindang Palembang pada umumnya. Apalagi aku memang masih berdarah Palembang dari kakek buyutku. Dari beberapa resep pindang meranjat, aku berimprovisasi untuk mendapatkan resep yang kurasa paling pas dilidahku namun tetap berpegang pada resep asli warisan nenek moyang. Lrbih spesifik lagi, pindang dikenal dengan Pindang Meranjat dan Pindang Pegagan.

Langkah-langkah membuat Pindang meranjat baung (Palembang):
  1. Rebus air hingga mendidih, kemudian masukkan bumbu halusnya.. Aduk hingga bumbu tercampur merata
  2. Masukkan serai, lengkuas, daun salam, garam, gula merah, air asam Jawa. Aduk kembali kemudian koreksi rasa. Jika rasa sudah pas masukkan ikan.
  3. Masak ikan hingga matang (5-10 menit), tambahkan daun bawang dan tomat. Masak kembali sekitar 5 menit lagi.
  4. Jika sudah, sajikan dimangkok dengan tambahan daun kemangi, dan sedikit irisan tomat. Kemudian sirami dengan ikan dan kuah yg masih panas. (Saya tidak memasukkan kemangi pada saat memasak, karna kemangi cepat layu). Jadi saya tambahkan saja ketika ingin disajikan. Note : sajikan ketika panas yah kuahnya.. Selamat mencoba :)

Kini, pindang dari Meranjat telah menyebar di Sumsel, terutama di Kota Palembang, Ogan Ilir, hingga Kabupaten OKI. Di RM Pindang Meranjat Syafik tersedia beberapa pilihan pindang, tergantung selera, antara lain pindang tulang, pindang ikan patin, ikan gabus, atau pindang ikan salai (ikan asap). Ada beragam jenis bahan baku pindang yang disajikan, salah satunya pindang ikan salai. Ikan salai sendiri berasal dari ikan sungai maupun laut, yang sudah melalui proses pengasapan. Caranya: ikan patin atau baung diberi berbagai bumbu (bawang merah, cabe, dll) serta ditambahkan tempoyak.

Bagaimana? Mudah bukan? Itulah cara menyiapkan pindang meranjat baung (palembang) yang bisa Anda praktikkan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved