Resep Soto ayam kuah santan ala" soto betawi, Bisa Manjain Lidah

Leroy George   17/10/2020 15:55

Soto ayam kuah santan ala" soto betawi
Soto ayam kuah santan ala" soto betawi

Lagi mencari inspirasi resep soto ayam kuah santan ala" soto betawi yang unik? Cara menyiapkannya memang susah-susah gampang. Jika salah mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal soto ayam kuah santan ala" soto betawi yang enak seharusnya memiliki aroma dan rasa yang bisa memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari soto ayam kuah santan ala" soto betawi, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara mengolah dan menghidangkannya. Tak perlu pusing jika ingin menyiapkan soto ayam kuah santan ala" soto betawi enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat menjadi suguhan istimewa.

Lihat juga resep Soto Betawi kuah santan susu enak lainnya. Soto ayam dengan santan biasa dihidangkan di Betawi. Berbeda dengan soto ayam kuah bening.

Nah, kali ini kita coba, yuk, kreasikan soto ayam kuah santan ala" soto betawi sendiri di rumah. Tetap dengan bahan sederhana, hidangan ini dapat memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuhmu sekeluarga. Anda dapat menyiapkan Soto ayam kuah santan ala" soto betawi memakai 24 bahan dan 5 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah untuk menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan untuk menyiapkan Soto ayam kuah santan ala" soto betawi:
  1. Siapkan 1/2 ekor ayam saya beli ayam yang sudah di hip biar persktis
  2. Ambil 4 buah kentang ukuran sedang
  3. Ambil 4 siung daun bawang
  4. Gunakan 4 buah tomat
  5. Ambil 4 lembar daun salam
  6. Gunakan 2 lebar serai geprek
  7. Sediakan secukupnya minyak sayur
  8. Gunakan air secukup nya
  9. Ambil garam scukup nya
  10. Siapkan 1 sdm gula pasir
  11. Gunakan 1 bungkus roiyko
  12. Siapkan 1 bungkus santan kara
  13. Sediakan bungbu yang di haluskan
  14. Ambil 5 buah kemeri
  15. Sediakan 4 siung bawang putih
  16. Gunakan 6 siung bawang merah
  17. Ambil 1 ruas kunyit
  18. Ambil 1/2 ruas jahe
  19. Siapkan 1 sdm ketumbar
  20. Sediakan 1 sdm lada
  21. Gunakan 3 buah cabe merah
  22. Siapkan 5 buah cabe rawit
  23. Sediakan pelengkap
  24. Ambil bawang goreng dan emping goreng

Resep soto betawi asli sebenarnya menggunakan susu cair segar untuk pelengkap kuah. Namun bagi yang tidak suka bisa ganti dengan kuah santan. Meskipun demikian soto betawi juga sama enaknya dengan kuah bening tanpa santan. Soto betawi adalah salah satu varian masakan soto yang cukup disukai oleh banyak orang di seluruh nusantara.

Cara menyiapkan Soto ayam kuah santan ala" soto betawi:
  1. Kupas kentang potong"dadu cuci lalu sisihkan,potong" daun bawang tomat potong" dadu sisihkan tumbuk bumbu yang di haluskan
  2. Goreng kentang dahulu matang sisihkan,goreng ayam matang sisihkan…lalu suir"
  3. Tumis bumbu yang sudah di haluskan hingga harum lalu masukan irisan tomat separuh z ya bun tomat nya karna separu nya lgi buat nanti sudah matang,tumis terus hingga tomat lunak lalu masukan daun salam dan serai,klo sudah layu masukan air secukup nya sampai mendidih
  4. Setelah mendidih masukan garam,gula pasir,roiyko…,cicipi rasa nya klo sudah pas masukan santan sambil di aduk" ya bun biar ga pecah santan nya..,klo sudah terlihat mendidih lagi matikan kompor
  5. Masukan ayam yang sudah di suir" kentang goreng,daun bawang dan sisa tomat tadi,siap di sajikan lalu taburi bawang goreng dan emping goreng😋😋

Soto betawi terkenal dengan rasa kuahnya yang gurih merupakan perpaduan dari santan susu, daging sapi, dan jeroan. Ditambah lagi dengan perasan jeruk limau. duh, bisa ngiler. Nanti hasilnya jadi olahan soto betawi santan tanpa susu. Sajikan selagi hangat untuk rasa soto yang super nikmat. Daging dan jeroan sapi bisa diganti ayam, kreasi soto betawi dengan potongan ayam ini disebut resep soto betawi ayam.

Gimana nih? Gampang kan? Itulah cara menyiapkan soto ayam kuah santan ala" soto betawi yang bisa Anda lakukan di rumah. Selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved