Resep Pindang Meranjat yang Enak

Henry Manning   11/08/2020 14:28

Pindang Meranjat
Pindang Meranjat

Sedang mencari inspirasi resep pindang meranjat yang unik? Cara menyiapkannya memang susah-susah gampang. Kalau salah mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal pindang meranjat yang enak harusnya sih memiliki aroma dan cita rasa yang dapat memancing selera kita.

Kangen pindang khas kampung tercinta, makanan fav banget karna enakk segerr. Terlahir sebagai pecinta semua jenis ikan, sedangkan di jogja harga. Pindang meranjat or pindang salai: the most hot and spicy South Sumatran pindang variant from Meranjat village, Ogan Komering Ilir Regency, uses iwak salai (smoked fish) made from catfish, patin, baung, or lais fish.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari pindang meranjat, mulai dari jenis bahan, kedua pemilihan bahan segar hingga cara mengolah dan menyajikannya. Tidak usah pusing jika mau menyiapkan pindang meranjat enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu jadi suguhan spesial.

Berikut ini ada beberapa cara mudah dan praktis untuk membuat pindang meranjat yang siap dikreasikan. Anda dapat membuat Pindang Meranjat menggunakan 19 jenis bahan dan 2 langkah pembuatan. Berikut ini langkah-langkah untuk menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan untuk menyiapkan Pindang Meranjat:
  1. Siapkan 1 kg ikan patin/baung
  2. Ambil Bumbu halus :
  3. Ambil 15 biji Cabe merah
  4. Sediakan 10 siung Bawang merah
  5. Ambil 1/2 potong buah Nanas utuh
  6. Siapkan Bumbu kasar di geprek2.saja:
  7. Siapkan 10 buah Bawang merah
  8. Sediakan Sere 1 batang (geprek)
  9. Sediakan Jahe 2 cm (geprek)
  10. Ambil Kunyit 2cm (geprek)
  11. Sediakan 2 lembar Daun salam
  12. Gunakan Asam kandis 3 sd.4 buah
  13. Ambil 1/2 sdm Terasi
  14. Sediakan secukupnya Garam
  15. Ambil 1/2 sdm Penyedap/royco (bila mau)
  16. Gunakan Gula merah sedikit saja
  17. Gunakan 1/2 sdm Gula putih
  18. Siapkan Nanas 1buah (1/2 buah dipotong2)
  19. Siapkan Daun kemangi

PINDANG MERANJAT Bagi penggemar kuliner khas Sumatera Selatan, menu pindang pasti tak asing lagi. Di daerah asalnya menu pindang ikan mempunyai rasa dan resep yang bervariasi, salah satunya Pindang Ikan Meranjat yang asalnya dari kampung Meranjat. Ciri khas pindang meranjat adalah kuahnya yang berwarna kecokelatan. Bahkan, figur publik asal Sumatera Selatan seperti Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, aktor Anwar Fuady dan presenter Helmy Yahya, mengakui kenikmatan citarasa pindang patin Meranjat ini.

Langkah-langkah membuat Pindang Meranjat:
  1. Rebus air secukupnya sampai mendidih..lalu masukkan bumbu halus dan kasar/geprek kec nanas potong dan daun kemangi. Masak kurleb 15 menit sampai bumbu matang.
  2. Masukkan ikan kedalam rebusan air yg sdh berbumbu tadi..bisa ditest rasa..biasanya pindang asem manis pedas…bila ada yg kurang bisa ditambah garam dll…lalu masukkan nanas…patikam kompor dan masukkan sedikit kemangi…ktka mau makan panaskan dan hias dengan daun kemangi di dalam mangkok yg sdh berisi pindang ikan…

Masakan ini khas daerah Meranjat di Sumatera Selatan. Bumbu yang dihaluskan: Usaha pindang ikan meranjat ini perlu ditunjang dengan menggunakan mesin universal friter, mesin ini berguna untuk menghaluskan bumbu halus sehingga proses memasak pindang ini dapat dikerjakan dengan sangat mudah dan cepat. Mesin universal friter ini sangat sesuai digunakan oleh para pengusaha terutama dalam bidang kuliner sebab akan lebih mudah dalam mengaluskan bumbu halus agar lebih mudah. Kita yang cuma bertiga bareng Alya, jelas gak sanggup buat ngabisin ikan segitu banyak. Pindang Meranjat dengan citarasa pedas, manis dan asam.

Terima kasih telah membaca resep yang kami tampilkan di halaman ini. Besar harapan kami, olahan Pindang Meranjat yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan hidangan yang lezat untuk keluarga/teman maupun menjadi inspirasi bagi Anda yang berkeinginan untuk berbisnis kuliner. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved