Bagaimana Membuat Oseng Putren Jantung Ayam, Enak Banget

Katharine Mathis   24/10/2020 14:34

Oseng Putren Jantung Ayam
Oseng Putren Jantung Ayam

Lagi mencari inspirasi resep oseng putren jantung ayam yang unik? Cara membuatnya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Jika keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal oseng putren jantung ayam yang enak selayaknya punya aroma dan cita rasa yang mampu memancing selera kita.

Lihat juga resep Oseng kacang panjang, putren dan jantung ayam enak lainnya. Ditambah dengan putren (jagung muda), agar multi fungsi, jadi lauk sekaligus sayur. Lihat juga resep Oseng Ayam Pedas Daun Jeruk enak lainnya.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari oseng putren jantung ayam, mulai dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar sampai cara mengolah dan menyajikannya. Tak perlu pusing jika mau menyiapkan oseng putren jantung ayam enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa jadi suguhan spesial.

Berikut ini ada beberapa tips dan trik praktis untuk membuat oseng putren jantung ayam yang siap dikreasikan. Anda bisa menyiapkan Oseng Putren Jantung Ayam memakai 12 jenis bahan dan 3 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan dalam menyiapkan Oseng Putren Jantung Ayam:
  1. Sediakan 250 gr jantung ayam (intil2)
  2. Siapkan 150 gr putren (jagung muda)
  3. Gunakan 1 siung besar bawang bombay
  4. Siapkan 2 siung bawang putih
  5. Ambil 2 siung bawang merah
  6. Ambil 10 buah cabai hijau besar
  7. Sediakan 5 buah cabai rawit pedas
  8. Siapkan 2 cm lengkuas
  9. Gunakan 3 lembar daun jeruk purut
  10. Sediakan 2 lembar daun salam
  11. Ambil 1 buah tomat
  12. Sediakan secukupnya minyak goreng, garam, saus tiram, gula pasir

Abel mau berbagi resep menu berbuka puasa yang tentunya sangat irit dan nikmat. Padahal, salah satu jenis jeroan ayam ini memiliki tekstur yang unik: kenyal dengan cita rasa yang tidak terlalu menonjol. Bahan tersebut bakal menjadi masakan yang spesial bila diolah dengan mengaplikasikan resep tumis jantung ayam bumbu pedas. Menu Oseng Putren Pedas ini makin endeus rasanya tambahan udang didalamnya..

Cara menyiapkan Oseng Putren Jantung Ayam:
  1. Cuci bersih jantung ayam, rebus sekitar 10 menit. Masukkan beberapa lembar daun salam agar menyerap kolesterol dari jantung ayam. Setelah 10 menit angkat, tiriskan, sambil disiram kembali dengan air bersih.
  2. Panaskan minyak dalam wajan, tumis bawang merah, bawang putih, semua cabai, daun salam, lengkuas, daun jeruk sampai harum. Masukkan jantung ayam, aduk2. Tambahkan garam, gula pasir, kecap manis, saus tiram. Beri sedikit air. Tutup agar bumbu meresap.
  3. Setelah air susut, masukkan putren. Aduk rata. Tutup kembali. Setelah putren agak layu, masukkan tomat dan bawang bombay. Aduk kembali. Test rasa.

Lalu tambahkan cabai rawit, jagung putren, lokio, kecap manis, garam, dan kaldu ayam. Masak hingga seluruh bahan matang, angkat, sajikan hangat bersama nasi putih. Sementara itu, untuk ati ampela ayam yang sudah direbus, silahkan potong-potong ati dan ampela dengan bentuk dan ukuran yang anda inginkan. Potong dengan mengguankan pisau dan pisahkan dalam wadah yang lain. Terakhir, silahkan bersihkan atau cuci sayuran yang telah dipotong-potong dengan menggunakan air bersih yang mengalir dari keran.

Bagaimana? Gampang kan? Itulah cara menyiapkan oseng putren jantung ayam yang bisa Anda lakukan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved