Bagaimana Membuat Bakwan sayur / ote-ote / bala-bala Anti Gagal

Clayton Aguilar   08/10/2020 11:16

Bakwan sayur / ote-ote / bala-bala
Bakwan sayur / ote-ote / bala-bala

Anda sedang mencari inspirasi resep bakwan sayur / ote-ote / bala-bala yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Jika keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan bahkan tidak sedap. Padahal bakwan sayur / ote-ote / bala-bala yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Bakwan sayur is Indonesian deep fried vegetable fritters. Found nation wide, mostly sold by street food vendors, the most popular version uses a mix of cabbage, carrot, and mung bean sprouts. Some regions in Indonesia call this as bala-bala, though it is more widely known as bakwan sayur. (Indonesian Vegetable Fritters, Bala Bala, Bala-Bala, Ote Ote, Ote-Ote, Bakwan Sayur) Bakwan or bala bala are popular Indonesian mixed vegetable fritters.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari bakwan sayur / ote-ote / bala-bala, mulai dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar hingga cara membuat dan menyajikannya. Tak perlu pusing kalau ingin menyiapkan bakwan sayur / ote-ote / bala-bala enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu menjadi suguhan istimewa.

Nah, kali ini kita coba, yuk, siapkan bakwan sayur / ote-ote / bala-bala sendiri di rumah. Tetap berbahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuhmu sekeluarga. Anda dapat menyiapkan Bakwan sayur / ote-ote / bala-bala menggunakan 14 jenis bahan dan 3 langkah pembuatan. Berikut ini langkah-langkah dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan dalam menyiapkan Bakwan sayur / ote-ote / bala-bala:
  1. Siapkan Bumbu halus
  2. Ambil 5 siung bawang merah
  3. Siapkan 5 siung bawang putih
  4. Sediakan Bahan isian
  5. Ambil 1 buah Wortel ukuran sedang
  6. Sediakan 1 genggam Tauge
  7. Gunakan 1/4 buah Kol
  8. Sediakan 200 gr tepung terigu
  9. Siapkan 100 gr tepung beras
  10. Ambil 1 sdt ketumbar bubuk
  11. Siapkan 1 sdt merica bubuk
  12. Siapkan 1 sdt kaldu jamur
  13. Gunakan secukupnya Air
  14. Gunakan Minyak untuk menggoreng

Hanya memerlukan tepung terigu, aneka macam sayuran dan bumbu yang dicampur menjadi adonan lalu digoreng. Kita dapat menggunakan centong sayur bagi mencetaknya, namun jangan sampai yang terlalu tebal agar nanti mudah dilepaskan atau gak lengket di cetakan. makin panas minyaknya merata jadi adonan dapat kian cepat dan mudah lepas, tapi cukup gunakan api yang agak kecil. Misalnya, di Jawa Barat disebut bala-bala, di Malang dikenal weci, dan ote-ote di Surabaya. Bakwan ini terbuat dari adonan tepung terigu yang diberi berbagai isi sayuran dan bumbu.

Langkah-langkah membuat Bakwan sayur / ote-ote / bala-bala:
  1. Siapkan sayuran, potong kecil-kecil atau untuk wortel saya parut
  2. Haluskan bumbu halusnya, campurkan semua bahan
  3. Goreng, dan siap disajikan

Rasanya yang gurih membuat bakwan juga enak dinikmati sebagai lauk makan nasi. Banyak sekali jenis sayur yang dapat kamu kreasikan menjadi bakwan sayur. Resep Weci, Ote ote atau Bala Bala resep ote ote spesial. Weci, heci, bala bala atau ote ote merupakan nama lain bakwan sayur. Di berbagai daerah, terutama di Jawa Timur bentuk bakwan sayur nya biasanya lebih gendut.

Gimana nih? Gampang kan? Itulah cara membuat bakwan sayur / ote-ote / bala-bala yang bisa Anda lakukan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved