Bagaimana Menyiapkan Bakwan sayur /ote ote sambal petis Anti Gagal

Ellen McBride   14/11/2020 17:15

Bakwan sayur /ote ote sambal petis
Bakwan sayur /ote ote sambal petis

Anda sedang mencari inspirasi resep bakwan sayur /ote ote sambal petis yang unik? Cara menyiapkannya memang susah-susah gampang. Kalau salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal bakwan sayur /ote ote sambal petis yang enak seharusnya mempunyai aroma dan cita rasa yang bisa memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari bakwan sayur /ote ote sambal petis, pertama dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar, hingga cara membuat dan menyajikannya. Tak perlu pusing jika hendak menyiapkan bakwan sayur /ote ote sambal petis enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan istimewa.

Resep Bakwan sayur /ote ote sambal petis. Temen nge teh sore anget anget ya ini Bakwan sayur klo didaerah saya biasa juga disebut ote ote atau eci Rasa gurih dan renyah dicocol pakai sambal petis menggoda selera Silahkan dicoba Resep Ote-ote/bakwan sayur sambel petis. Makanan yg paling dikangenin di kampung ya semua yg pakai petis.

Nah, kali ini kita coba, yuk, buat bakwan sayur /ote ote sambal petis sendiri di rumah. Tetap berbahan sederhana, sajian ini dapat memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa menyiapkan Bakwan sayur /ote ote sambal petis memakai 22 bahan dan 5 tahap pembuatan. Berikut ini cara untuk menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan dalam pembuatan Bakwan sayur /ote ote sambal petis:
  1. Sediakan 15 s/d 20 SDM tepung terigu
  2. Ambil 5 SDM tepung beras
  3. Siapkan 5 siung bawang merah
  4. Gunakan 3 siung bawang putih
  5. Siapkan Sedikit jahe
  6. Sediakan 1 biji Telur ayam
  7. Siapkan Air matang
  8. Ambil secukupnya Garam
  9. Siapkan Penyedap
  10. Siapkan Merica bubuk
  11. Gunakan Ketumbar bubuk
  12. Siapkan Pelengkap
  13. Gunakan 1 buah wortel
  14. Sediakan 5 biji kacang panjang
  15. Siapkan sesuai selera Toge
  16. Ambil 1 btg daun bawang
  17. Ambil Sambal petis
  18. Siapkan 1 s/d 2 sdt petis udang manis
  19. Ambil sesuai selera Cabe rawit
  20. Gunakan Air hangat
  21. Sediakan secukupnya Garam
  22. Ambil Gula merah serut secukupnya

Di tempat lain dikenal juga dengan nama bakwan atau Bala-bala. Bakwan Sayur - Vegetables Fritter Batter for bakwan/Indonesian fritters. My bakwan batter uses very simple ingredients: all-purpose flour, rice flour, salt, sugar, ground white/black pepper, grated garlic, egg, and ice cold water. Rice flour is the secret ingredient to get crispy fritters.

Cara membuat Bakwan sayur /ote ote sambal petis:
  1. Bersihkan sayuran potong panjang tipis
  2. Dalam wadah campurkan bumbu halus (bawang merah putih jahe) tepung terigu tepung beras telur dan air (pemakaian air menyesuaikan sampai adonan dirasa agak kental tidak encer) tambahkan garam merica ketumbar bubuk penyedap test rasa
  3. Panaskan minyak dalam wajan agak banyak lalu campurkan sedikit demi sedikit sayuran kedalam adonan tepung lalu goreng sampai kecoklatan angkat sajikan
  4. Sambal petis : ulek halus cabe lalu tambahkan petis dan air hangat tambahkan gula merah garam test rasa lalu didihkan didalam panci angkat dan sajikan
  5. Tips : agar adonan tidak mencair sayuran dimasukkan sedikit demi sedikit ya…Selamat mencoba

Di Jawa Barat bakwan disebut "bala-bala", sedangkan di Jawa Tengah khususnya di daerah Pati disebut "Pia-pia". Dan dibeberapa daerah lain bakwan disebut "ote-ote" dan "weci". Jika dilihat bakwan goreng ini mirip sekali dengan masakan Jepang yasai tenpura, sehingga banyak pula yang menyebut bakwan adalah Tempura Sayur. Jika ditelusuri bakwan sebenarnya berasal dari Tiongkok. Resep Weci, Ote ote atau Bala Bala resep ote ote spesial.

Bagaimana? Mudah bukan? Itulah cara membuat bakwan sayur /ote ote sambal petis yang bisa Anda praktikkan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved