Cara Gampang Membuat Loukoumades alias Donat Yunani, Sempurna

Sally Chapman   10/11/2020 10:07

Loukoumades alias Donat Yunani
Loukoumades alias Donat Yunani

Lagi mencari inspirasi resep loukoumades alias donat yunani yang unik? Cara membuatnya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Kalau keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal loukoumades alias donat yunani yang enak selayaknya mempunyai aroma dan cita rasa yang bisa memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari loukoumades alias donat yunani, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, hingga cara mengolah dan menyajikannya. Tak perlu pusing jika mau menyiapkan loukoumades alias donat yunani yang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat menjadi suguhan spesial.

Pasalnya, donat goreng lembut dengan berbagai varian saus ini dapat ditemukan di salah satu cabang gerai Lukumades, di Aeon Mall, BSD City, Tangerang, setelah sebelumnya merek Lukumades terkenal di Australia. Seperti loukoumades atau lukumades donat dari Yunani. Donat ini belakangan naik daun di Indonesia.

Di bawah ini ada beberapa tips dan trik praktis dalam mengolah loukoumades alias donat yunani yang siap dikreasikan. Anda dapat menyiapkan Loukoumades alias Donat Yunani memakai 8 jenis bahan dan 7 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah dalam menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan untuk pembuatan Loukoumades alias Donat Yunani:
  1. Siapkan 150 gram terigu protein sedang
  2. Gunakan 200 ml susu hangat
  3. Siapkan 1/2 sdt ragi
  4. Gunakan 10 gram gula pasir
  5. Gunakan 10 gram butter/margarine, cairkan
  6. Gunakan 1/4 sdt garam
  7. Sediakan secukupnya Minyak goreng untuk menggoreng
  8. Siapkan sesuai selera Topping

Pada resep aslinya, madu yang digunakan berasal dari derah Yunani. JAKARTA - Baru-baru ini Loukoumades atau donat mini khas Yunani menjadi viral di media sosial. Camilan berbentuk bola-bola kecil yang diberi berbagai topping ini menjadi kudapan yang disukai. Ini karena teksturnya lembut, kenyal, dan empuk dengan bagian luar yang krispi dan cocok disajikan untuk buah hati Anda.

Langkah-langkah menyiapkan Loukoumades alias Donat Yunani:
  1. Campur susu hangat, ragi, dan gula pasir. Aduk rata, diamkan selama 10 menit. Siapkan tepung.
  2. Tuang campuran susu sedikit demi sedikit. Aduk rata. Masukkan garam dan butter/margarine cair. Aduk lagi hingga rata. Diamkan adonan selama 30 menit (saya tutup serbet bersih).
  3. Setelah 30 menit, adonan siap digoreng.
  4. Panaskan minyak. Hingga benar-benar panas ya.
  5. Goreng donat. Saya menggunakan cara Mbak Dewi, seperti kalau mau bikin bakso. Menggunakan bantuan sendok dan siapkan segelas air. Setiap satu kali goreng, sendok dicelupkan ke air agar adonan tidak menempel. Maaf ga terfoto ya, karena tangan megang adonan, ga bisa sambil goreng dan dokumentasi. Atau, bisa dimasukkan plastik, ujungnya dibolongin, semprot, dan adonan digunting di atas minyak panas. Balik-balik hingga agak kecokelatan masing-masing sisi.
  6. Angkat donat. Tiriskan.
  7. Siap disajikan. Bisa dengan ditabur gula donat, topping coklat, keju, dll. Saya sajikan polosan, karena anak-anak sukanya dicelupkan ke glaze :) Coba yuk!

Lukumades, Donat Yunani yang Lagi jadi Tren Kuliner di Indonesia Lukumades adalah makanan penutup manis yang terdiri dari bola adonan goreng yang dicelupkan ke dalam sirup madu dan ditaburi gula. Lukumades atau Loukoumades ini merupakan kudapan menyerupai donat yang berasal dari Yunani. Donat Lukumades mendadak viral setelah gerai asal Australia bernama Lukumades membuka gerianya di kawasan BSD, beberapa waktu lalu. Makanan dari negeri para dewa ini memang sekilas mirip dengan donat. Bentuknya bulat dan diolah dengan cara digoreng.

Terima kasih telah membaca resep yang tim kami tampilkan di sini. Besar harapan kami, olahan Loukoumades alias Donat Yunani yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan makanan yang lezat untuk keluarga/teman maupun menjadi inspirasi dalam berjualan makanan. Selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved