Langkah Mudah untuk Menyiapkan Bakwan sayur/ weci/ ote-ote yang Enak Banget

Amelia Mason   24/09/2020 13:02

Bakwan sayur/ weci/ ote-ote
Bakwan sayur/ weci/ ote-ote

Sedang mencari inspirasi resep bakwan sayur/ weci/ ote-ote yang unik? Cara membuatnya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal bakwan sayur/ weci/ ote-ote yang enak harusnya sih memiliki aroma dan cita rasa yang bisa memancing selera kita.

Weci, heci, bala bala atau ote ote merupakan nama lain bakwan sayur. Di berbagai daerah, terutama di Jawa Timur bentuk bakwan sayur nya biasanya lebih gendut. Adonan dan bumbu bakwan sayur nya sebenarnya sama.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari bakwan sayur/ weci/ ote-ote, mulai dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau hendak menyiapkan bakwan sayur/ weci/ ote-ote enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Di bawah ini ada beberapa tips dan trik praktis yang dapat diterapkan untuk mengolah bakwan sayur/ weci/ ote-ote yang siap dikreasikan. Anda dapat membuat Bakwan sayur/ weci/ ote-ote memakai 9 jenis bahan dan 4 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan untuk pembuatan Bakwan sayur/ weci/ ote-ote:
  1. Sediakan 100 gram tepung terigu
  2. Ambil garam
  3. Ambil gula
  4. Siapkan merica
  5. Gunakan 1/2 lingkaran kol
  6. Siapkan 2 buah wortel
  7. Sediakan secukupnya air
  8. Ambil 2 siung bawang putih haluskan
  9. Sediakan 2 buah bawang merah haluskan

Dibeberapa daerah ote ote biasa juga digunakan untuk lauk karena. Di Jawa Barat bakwan disebut "bala-bala", sedangkan di Jawa Tengah khususnya di daerah Pati disebut "Pia-pia". Dan dibeberapa daerah lain bakwan disebut "ote-ote" dan "weci". Jika dilihat bakwan goreng ini mirip sekali dengan masakan Jepang yasai tenpura, sehingga banyak pula yang menyebut bakwan adalah Tempura Sayur.

Cara menyiapkan Bakwan sayur/ weci/ ote-ote:
  1. Iris2 wortel dan kol.
  2. Masukkan bumbu2 di atas, tepung, sayur, dan air aduk hingga rata jangan terlalu encer dan terlalu kental
  3. Panaskan minyak, kemudian masukkan adinan pada minyak panas
  4. Hidangkan dengan cabe rawit

Jika ditelusuri bakwan sebenarnya berasal dari Tiongkok. Meski terbuat dari bahan yang sama yakni tepung terigu, irisan sayur kubis, wortel dan lainnya yang kemudian digoreng hingga matang dan renyah, bakwan memiliki nama berbeda-beda di berbagai kota di Indonesia. Dan berikut nama lain dari bakwan. Di Malang, Jawa Timur, orang menyebut bakwan dengan nama weci atau heci. Hebatnya, bakwan sayur atau ote-ote ini diburu banyak orang.

Terima kasih telah membaca resep yang tim kami tampilkan di sini. Besar harapan kami, olahan Bakwan sayur/ weci/ ote-ote yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan hidangan yang lezat untuk keluarga/teman ataupun menjadi ide dalam berjualan makanan. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved