Cara Gampang Menyiapkan Weci / Bakwan Sayur / Ote-ote yang Menggugah Selera

Tom Logan   12/07/2020 02:57

Weci / Bakwan Sayur / Ote-ote
Weci / Bakwan Sayur / Ote-ote

Anda sedang mencari inspirasi resep weci / bakwan sayur / ote-ote yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Jika keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan bahkan tidak sedap. Padahal weci / bakwan sayur / ote-ote yang enak seharusnya memiliki aroma dan rasa yang bisa memancing selera kita.

Weci, heci, bala bala atau ote ote merupakan nama lain bakwan sayur. Di berbagai daerah, terutama di Jawa Timur bentuk bakwan sayur nya biasanya lebih gendut. Adonan dan bumbu bakwan sayur nya sebenarnya sama.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari weci / bakwan sayur / ote-ote, mulai dari jenis bahan, kedua pemilihan bahan segar sampai cara membuat dan menyajikannya. Tak perlu pusing kalau mau menyiapkan weci / bakwan sayur / ote-ote enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu jadi sajian spesial.

Berikut ini ada beberapa tips dan trik praktis dalam mengolah weci / bakwan sayur / ote-ote yang siap dikreasikan. Anda dapat menyiapkan Weci / Bakwan Sayur / Ote-ote memakai 12 jenis bahan dan 6 langkah pembuatan. Berikut ini langkah-langkah untuk menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan untuk menyiapkan Weci / Bakwan Sayur / Ote-ote:
  1. Sediakan 1/4 Kg Tepung Terigu
  2. Sediakan 2 Buah Wortel (ukuran sedang)
  3. Ambil 100 Gr Kecambah
  4. Ambil 2 Batang Daun Bawang (ukuran besar)
  5. Siapkan 2 Siung Bawang Putih
  6. Gunakan 3 Siung Bawang Merah
  7. Sediakan 500 ml Air
  8. Gunakan Gula
  9. Sediakan Garam
  10. Gunakan Merica
  11. Siapkan Penyedap rasa
  12. Ambil Minyak untuk menggoreng

Dan dibeberapa daerah lain bakwan disebut "ote-ote" dan "weci". Jika dilihat bakwan goreng ini mirip sekali dengan masakan Jepang yasai tenpura, sehingga banyak pula yang menyebut bakwan adalah Tempura Sayur. Jika ditelusuri bakwan sebenarnya berasal dari Tiongkok. Bakwan pada beberapa daerah contohnya kota Malang disebut dengan weci, beda dengan Surabaya yang menyebutnya dengan ote-ote.

Cara menyiapkan Weci / Bakwan Sayur / Ote-ote:
  1. Kupas dan cuci bersih wortel dan kecambah, lalu parut wortel dengan parutan panjang. Sisihkan..
  2. Cincang halus bawang merah dan bawang putih, lalu potong kasar daun bawang. Campurkan semua bahan bawang ke dalam wortel dan kecambah.
  3. Tambahkan gula, garam, merica, dan sedikit penyedap rasa ke dalam bahan isian weci. Aduk rata..
  4. Tambahkan tepung terigu, baking soda, dan air, lalu campur rata semua bahan. Diamkan sejenak selama 10 menit sebelum di goreng.
  5. Panaskan minyak di dalam wajan, lalu panaskan pula entong sayur ke dalam minyak panas. Tuang adonan ke dalam entong sebagai cetakan, lalu goreng adonan hingga bisa terlepas lepas dari cetakan entong. (Kalau bisa sih entongnya khusus buat entong minyak / tidak tercampur air, biar tidak lengket)
  6. Goreng semua adonan hingga matang, dan berwarna kuning kecoklatan. Weci/ote-ote paling enak dimakan bersama cabe rawit hijau.. 🤗

Beda lagi dengan Jawa Barat yang menyebutnya dengan bala-bala. Tidak hanya berisi sayuran saja, bakwan bisa berisi banyak hal seperti, bakwan tahu, bakwan udang, atau bakwan jagung. Gorengan ini punya sebutan berbeda-beda di tiap daerah, seperti di Jawa Barat disebut bala-bala, di Malang dikenal weci, dan ote-ote di Surabaya. Meski familiar disebut bakwan sayur, jenis gorengan satu ini punya nama yang berbeda di sejumlah daerah di Indonesia. Resep Bakwan Udang, Ote-Ote, atau Weci Renyah.

Bagaimana? Gampang kan? Itulah cara membuat weci / bakwan sayur / ote-ote yang bisa Anda lakukan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved