Resep Bakwan Sayur (Weci) Anti Gagal

Johanna White   26/10/2020 12:26

Bakwan Sayur (Weci)
Bakwan Sayur (Weci)

Lagi mencari ide resep bakwan sayur (weci) yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Jika salah mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal bakwan sayur (weci) yang enak seharusnya punya aroma dan cita rasa yang dapat memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari bakwan sayur (weci), pertama dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar, sampai cara mengolah dan menyajikannya. Tak perlu pusing jika hendak menyiapkan bakwan sayur (weci) yang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa menjadi suguhan istimewa.

Bakwan Sayur - Vegetables Fritter Batter for bakwan/Indonesian fritters. My bakwan batter uses very simple ingredients: all-purpose flour, rice flour, salt, sugar, ground white/black pepper, grated garlic, egg, and ice cold water. Rice flour is the secret ingredient to get crispy fritters.

Nah, kali ini kita coba, yuk, buat bakwan sayur (weci) sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, hidangan ini dapat memberi manfaat untuk membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Bakwan Sayur (Weci) menggunakan 9 bahan dan 3 langkah pembuatan. Berikut ini cara untuk menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan untuk menyiapkan Bakwan Sayur (Weci):
  1. Sediakan 100 gram tepung terigu
  2. Siapkan 20 gram tapioka
  3. Siapkan 20 gram tepung beras
  4. Gunakan 3 lembar kubis potong tipis-tipis
  5. Ambil 1 wortel potong korek api
  6. Sediakan 1 batang daun bawang
  7. Gunakan Segenggang kecambah
  8. Gunakan Secukupnya bawang putih bubuk, lada, garam
  9. Siapkan Secukupnya air

Resep Yang satu ini disukai semua kalangan bahan murah meriah Dan gampang banget buatnya. Weci, heci, bala bala atau ote ote merupakan nama lain bakwan sayur. Di berbagai daerah, terutama di Jawa Timur bentuk bakwan sayur nya biasanya lebih gendut. Adonan dan bumbu bakwan sayur nya sebenarnya sama.

Langkah-langkah membuat Bakwan Sayur (Weci):
  1. Campur semua bahan jadi satu
  2. Buat adonan jangan terlalu encer
  3. Panaskan minyak goreng, pastikan minyak bener2 panas kemudia goreng yaa. Goreng sampai garing (kalo saya demen garing). Angkat dan sajikaan 😋

Bedanya cuma waktu pemasakan menggunakan sendok sayur yang cekung atau khusus cetakan ote ote. Di Jawa Barat bakwan disebut "bala-bala", sedangkan di Jawa Tengah khususnya di daerah Pati disebut "Pia-pia". Dan dibeberapa daerah lain bakwan disebut "ote-ote" dan "weci". Jika dilihat bakwan goreng ini mirip sekali dengan masakan Jepang yasai tenpura, sehingga banyak pula yang menyebut bakwan adalah Tempura Sayur. Jika ditelusuri bakwan sebenarnya berasal dari Tiongkok.

Terima kasih telah menggunakan resep yang tim kami tampilkan di sini. Besar harapan kami, olahan Bakwan Sayur (Weci) yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan makanan yang menarik untuk keluarga/teman ataupun menjadi ide untuk berbisnis kuliner. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved