Resep Bakwan Sayur/ Ote-ote/ Weci, Bikin Ngiler

Rachel Hansen   31/10/2020 21:15

Bakwan Sayur/ Ote-ote/ Weci
Bakwan Sayur/ Ote-ote/ Weci

Lagi mencari ide resep bakwan sayur/ ote-ote/ weci yang unik? Cara membuatnya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Kalau keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal bakwan sayur/ ote-ote/ weci yang enak selayaknya mempunyai aroma dan cita rasa yang dapat memancing selera kita.

Lihat juga resep Bakwan Sayur (Weci) enak lainnya! Bakwan Sayur - Vegetables Fritter Batter for bakwan/Indonesian fritters. My bakwan batter uses very simple ingredients: all-purpose flour, rice flour, salt, sugar, ground white/black pepper, grated garlic, egg, and ice cold water.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari bakwan sayur/ ote-ote/ weci, mulai dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar sampai cara mengolah dan menghidangkannya. Tidak usah pusing jika mau menyiapkan bakwan sayur/ ote-ote/ weci yang enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu menjadi suguhan istimewa.

Nah, kali ini kita coba, yuk, kreasikan bakwan sayur/ ote-ote/ weci sendiri di rumah. Tetap berbahan sederhana, hidangan ini dapat memberi manfaat untuk membantu menjaga kesehatan tubuhmu sekeluarga. Anda bisa menyiapkan Bakwan Sayur/ Ote-ote/ Weci memakai 12 bahan dan 3 tahap pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan dalam menyiapkan Bakwan Sayur/ Ote-ote/ Weci:
  1. Gunakan Bumbu halus
  2. Siapkan 5 siung bawang putih
  3. Gunakan 1 sdt garam
  4. Gunakan 1 sdt gula
  5. Siapkan Bahan Isian
  6. Siapkan 2 buah wortel
  7. Sediakan 1/2 kubis/ kol
  8. Siapkan 2 buah daun bawang
  9. Ambil 14 sdm tepung terigu
  10. Ambil 1 sdm tepung beras
  11. Siapkan 300 ml air
  12. Gunakan Secukupnya merica, penyedap

Di Jawa Barat bakwan disebut "bala-bala", sedangkan di Jawa Tengah khususnya di daerah Pati disebut "Pia-pia". Dan dibeberapa daerah lain bakwan disebut "ote-ote" dan "weci". Jika dilihat bakwan goreng ini mirip sekali dengan masakan Jepang yasai tenpura, sehingga banyak pula yang menyebut bakwan adalah Tempura Sayur. Jika ditelusuri bakwan sebenarnya berasal dari Tiongkok.

Cara membuat Bakwan Sayur/ Ote-ote/ Weci:
  1. Cuci bersih sayuran, potong daun bawang, parut wortel, dan potong kubis bentuk korek api atau memanjang sesuai selera. Masukkan bumbu halus.
  2. Masukkan terigu dan tepung beras, masukkan air sedikit demi sedikit agar tidak terlalu encer. Masukkan bumbu penyedap dan merica. Tes rasa.
  3. Goreng menggunakan minyak panas hingga kuning keemasan, saya tidak menggunakan cetakan hanya pakai sendok makan biasa.

Bakwan pada beberapa daerah contohnya kota Malang disebut dengan weci, beda dengan Surabaya yang menyebutnya dengan ote-ote. Beda lagi dengan Jawa Barat yang menyebutnya dengan bala-bala. Tidak hanya berisi sayuran saja, bakwan bisa berisi banyak hal seperti, bakwan tahu, bakwan udang, atau bakwan jagung. Hebatnya, bakwan sayur atau ote-ote ini diburu banyak orang. Salah satu pengunjung bernama Dean Romano mengaku sangat menyukai bakwan sayur buatan Warung.

Bagaimana? Gampang kan? Itulah cara menyiapkan bakwan sayur/ ote-ote/ weci yang bisa Anda lakukan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved