Resep Ayam Tempe Tahu Bacem, Menggugah Selera

Bruce Rivera   18/11/2020 04:07

Ayam Tempe Tahu Bacem
Ayam Tempe Tahu Bacem

Lagi mencari ide resep ayam tempe tahu bacem yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Kalau keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal ayam tempe tahu bacem yang enak selayaknya punya aroma dan rasa yang bisa memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari ayam tempe tahu bacem, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara mengolah dan menyajikannya. Tak perlu pusing kalau mau menyiapkan ayam tempe tahu bacem enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu menjadi sajian spesial.

Assalamu'alaikum,,, menu makan siang hari ini. aku bikin Kluban Sayur, goreng tempe, bacem ayam sama bikin peyek rebon 😁 dari kapan pengin bikin bacem ayam, tapi baru kesampean hari ini. rasanya legitt,, resep sampe dalem bumbunya 🤤 sebenernya bumbunya ya sama kayak bacem tahu/tempe. Lihat juga resep Tempe Tahu Bacem enak lainnya. Bagi yang berasal dari Jogja atau pernah tinggal di daerah sekitarnya dan Jawa Tengah pasti tak asing dengan menu ini.

Di bawah ini ada beberapa cara mudah dan praktis yang dapat diterapkan untuk mengolah ayam tempe tahu bacem yang siap dikreasikan. Anda bisa membuat Ayam Tempe Tahu Bacem menggunakan 15 jenis bahan dan 5 tahap pembuatan. Berikut ini cara untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan dalam pembuatan Ayam Tempe Tahu Bacem:
  1. Ambil 1/2 kg ayam
  2. Siapkan Tempe & tahu
  3. Gunakan 1 ruas jari lengkuas, geprek
  4. Siapkan 1 ruas jari jahe, geprek
  5. Sediakan 2 batang sereh, geprek
  6. Ambil 3 lembar daun salam
  7. Sediakan Gula merah (sesuai selera)
  8. Sediakan 3 sendok kecap manis
  9. Sediakan secukupnya Asam jawa
  10. Ambil Air kelapa/air biasa untuk merebus
  11. Ambil Bumbu halus
  12. Sediakan 5 siung bawang putih
  13. Ambil 7 siung bawang merah
  14. Sediakan Ketumbar
  15. Ambil Garam

Kali ini kita akan membuat masakan ayam yang di juga kombinasikan dengan Resep Bacem Jogya yang terkenal tersebut, yaitu Resep Masakan Ayam Goreng Bacem. Nah jika Anda suka dengan resep bacem tempe ataupun tahu bacem, tak perlu susah untuk membuatnya, karena sebenarnya cukup simple juga kok caranya. Bacem adalah menu masakan sehari-hari yang sering dibuat orang. Apabila Anda sudah bisa membuatnya, pasti tidak akan kesulitan untuk membuat jenis.

Langkah-langkah menyiapkan Ayam Tempe Tahu Bacem:
  1. Masukkan semua bumbu dan bumbu halus ke dalam air kelapa/air biasa
  2. Setelah mendidih masukkan ayam, tempe dan tahu
  3. Rebus hingga surut dan dinginkan sebelum menggoreng
  4. Goreng dengan api sedang
  5. Selesai dan selamat mencoba 😊

Ayam bacem, tempe bacem, dan tahu bacem. Tiga makanan ini selain gudeg tentunya selalu membuat saya teringat dengan Jogya, kota dengan banyak kenangan, suka dan duka selama belajar disana. Ahh , kalau semasa sekolah sepertinya semua hal menyenangkan, jarang dukanya, kecuali ketika saat penelitian kala harus memasukkan satu truk pupuk kandang ke. Cara membuat tempe bacem biasanya menggunakan air kelapa untu mendapatkan cita rasa manis yang lebih gurih, tetapi tanpa air kelapa pun kita juga dapat memasak tempe dan tahu bacem yang tak kalah enak pula. Sebenarnya bila tidak ingin menggunakan air kelapa, kita cukup menggantikannya dengan air biasa dalam resep.

Terima kasih telah menggunakan resep yang tim kami tampilkan di sini. Harapan kami, olahan Ayam Tempe Tahu Bacem yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan hidangan yang enak untuk keluarga/teman ataupun menjadi inspirasi untuk berbisnis kuliner. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved