Langkah Mudah untuk Membuat Cilok kuah bumbu kacang pedas Anti Gagal

Isaiah Silva   21/06/2020 01:21

Cilok kuah bumbu kacang pedas
Cilok kuah bumbu kacang pedas

Lagi mencari inspirasi resep cilok kuah bumbu kacang pedas yang unik? Cara menyiapkannya memang susah-susah gampang. Jika keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan bahkan tidak sedap. Padahal cilok kuah bumbu kacang pedas yang enak seharusnya mempunyai aroma dan rasa yang bisa memancing selera kita.

Lihat juga resep Cilok bumbu kacang pedas enak lainnya! Simak baik-baik bahan dibawah ya, karna cukup banyak jadi jangan sampai terlewatkan. Berbeda dengan cilok asli bandung yang punya bumbu kacang kental, yang ini lebih cair seperti kuah.

Banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari cilok kuah bumbu kacang pedas, pertama dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar hingga cara mengolah dan menyajikannya. Tak perlu pusing jika ingin menyiapkan cilok kuah bumbu kacang pedas enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa menjadi sajian spesial.

Nah, kali ini kita coba, yuk, kreasikan cilok kuah bumbu kacang pedas sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuhmu sekeluarga. Anda dapat menyiapkan Cilok kuah bumbu kacang pedas memakai 10 bahan dan 3 langkah pembuatan. Berikut ini langkah-langkah dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan untuk menyiapkan Cilok kuah bumbu kacang pedas:
  1. Gunakan 15 SDM sagu
  2. Sediakan 5 SDM terigu
  3. Siapkan secukupnya Air
  4. Siapkan 1 genggam Kacang bawang / kacang tanah goreng
  5. Siapkan 1 siung Bawang putih
  6. Siapkan 1 siung Bawang merah
  7. Gunakan 1 bungkus Royco ayam
  8. Siapkan secukupnya Garam
  9. Gunakan 2 bungkus Bon cabe
  10. Gunakan 10 buah Cabe rawit

Mulai dari cilok bandung, cilok bumbu kacang, cilok kuah sampai cilok penyet. Selain tidak membutuhkan waktu yang lama, bahan-bahan dan bumbunya juga mudah ditemukan. Selamat menikmati dan mencoba resepnya di rumah. Cara penyajiannya biasanya dengan menggunakan bumbu kacang.

Langkah-langkah membuat Cilok kuah bumbu kacang pedas:
  1. Cara membuat adonan ciloknya. Pertama campur sagu, terigu, garam, royco dan air secukupnya aduk hingga Kalis
  2. Bulat²kan kecil² seperti pentol lalu masukkan kedalam panci berisi air yang sudah mendidih, masak hingga pentol cilok mengambang
  3. Bahan kuah nya. Haluskan bawang putih, bawang merah cabai dan garam lalu tambahkan kacang,ulek hingga halus. Lalu tumis, sampai bumbu harum tambahkan air, hingga mendidih masukkan pentol ciloknya. Tunggu hingga mendidih. Dan siap disajikan.

Ada pula variasi lainnya, ada cilok bakar, cilok goreng, atau cilok yang berisi telur, atau masih banyak lagi. Cilok memang banyak macam dan variasinya. meski beraneka ragam, namun cara membuat cilok kebanyakan tak jauh beda dari cara membuat cilok kuah hingga cara membuat cilok isi. Cara Membuat Aneka Resep Cilok Bandung Empuk, Kenyal, Tahan Lama Dengan Bumbu kacang dan Cilok Kuah - Kudapan ini merupakan singkatan dari aci dicolok, yaitu cemilan sederhana terbuat dari aci yang berasal dari daerah Bandung, Tasikmalaya dan sekitarnya. Biasanya disantap bersama dengan saus kacang yang diberi saus pedas, kecap ataupun kuah yang dicampur bersama dengan olahan aci tersebut. Selain cilok polos dengan bumbu kacang, banyak pembuat cilok membuat variasinya dengan menambahkan daging ke dalam bola-bola tepung tapioka ini.

Bagaimana? Mudah bukan? Itulah cara membuat cilok kuah bumbu kacang pedas yang bisa Anda lakukan di rumah. Selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved