Resep Bacem Ayam Tempe Anti Gagal

Harriett Brewer   13/10/2020 03:22

Bacem Ayam Tempe
Bacem Ayam Tempe

Anda sedang mencari inspirasi resep bacem ayam tempe yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Kalau salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal bacem ayam tempe yang enak selayaknya punya aroma dan rasa yang dapat memancing selera kita.

Assalamu'alaikum,,, menu makan siang hari ini. aku bikin Kluban Sayur, goreng tempe, bacem ayam sama bikin peyek rebon 😁 dari kapan pengin bikin bacem ayam, tapi baru kesampean hari ini. rasanya legitt,, resep sampe dalem bumbunya 🤤 sebenernya bumbunya ya sama kayak bacem tahu/tempe. Tempe bacem is a traditional Indonesian tempeh-based dish that's usually associated with Central Java. Lihat juga resep Ayam kalasan tahu tempe bacem enak lainnya.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari bacem ayam tempe, pertama dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar hingga cara mengolah dan menyajikannya. Tak perlu pusing jika mau menyiapkan bacem ayam tempe yang enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu menjadi suguhan spesial.

Di bawah ini ada beberapa tips dan trik praktis dalam mengolah bacem ayam tempe yang siap dikreasikan. Anda dapat membuat Bacem Ayam Tempe memakai 17 bahan dan 7 langkah pembuatan. Berikut ini langkah-langkah untuk menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan dalam menyiapkan Bacem Ayam Tempe:
  1. Siapkan Bahan :
  2. Gunakan 1/4 ayam potong
  3. Ambil 1 buah tempe
  4. Gunakan 2 batang sereh
  5. Sediakan 3 lembar daun salam
  6. Ambil 3 lembar daun jeruk
  7. Sediakan 2 ruas jari lengkuas
  8. Gunakan 3 buah gula jawa (tergantung tingkat kemanisannya)
  9. Ambil secukupnya garam
  10. Siapkan secukupnya kecap manis
  11. Ambil secukupnya penyedap rasa
  12. Gunakan Bumbu Halus :
  13. Ambil 2 ruas jari kunyit
  14. Ambil 1/2 sdm ketumbar
  15. Ambil 1 buah kemiri
  16. Siapkan 5 siung bawang merah
  17. Ambil 5 siung bawang putih

Ahh , kalau semasa sekolah sepertinya semua hal menyenangkan, jarang dukanya, kecuali ketika saat penelitian kala harus memasukkan satu truk pupuk kandang ke. Bagi yang berasal dari Jogja atau pernah tinggal di daerah sekitarnya dan Jawa Tengah pasti tak asing dengan menu ini. Memiliki tampilan khas berwarna coklat gelap dan rasa manis yang legit, sajian bacem ini tak pernah membosankan. Dinikmati bersama nasi sayur lodeh, pecel, gudeg, sop, bahkan dicemil begitu saja juga nikmat!

Cara menyiapkan Bacem Ayam Tempe:
  1. Siapkan bumbu halus lalu ditumbuk/ulek, kemudian lengkuas, sereh, daun salam dan daun jeruk digeprek. Supaya mudah halus taburi garam sedikit.
  2. Cuci bersih ayam, kemudian rebus dalam panci dan masukkan bumbu halus.
  3. Tambahkan gula jawa, garam, kecap manis, aduk kemudian tutup pancinya.
  4. Setelah ayam hampir empuk, masukkan tempe supaya tidak mudah remuk.
  5. Koreksi rasa, dan tutup kembali panci sampai air menyusut.
  6. Baceman siap di goreng.
  7. Bisa juga dimasukkan ke dalam wadah kedap udara, lalu masukkan kulkas. Kalau lapar tinggal goreng, hidangkan selagi hangat bersama nasi putih dan sambal. Maknyuusss 😁

Seperti juga membuat tahu dan tempe bacem ataupun gudeg jogja, Resep Ayam Goreng Bacem juga menggunakan jinten dan gula jawa sebagai salah satu bumbu rahasianya. Selain itu untuk merebus ayamnya digunakan juga air kelapa supaya hasilnya lebih legit dan lezat. Campur bumbu halus dengan air, gula merah, asam, gula, garam, dan kecap manis di dalam wajan atau panci. Masukkan tempe, susun dan ratakan hingga kerendam bumbu, tambahkan daun salam dan lengkuas. Masak dengan api kecil hingga bumbu meresap dan air menyusut.

Gimana nih? Mudah bukan? Itulah cara membuat bacem ayam tempe yang bisa Anda lakukan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved