Cara Gampang Membuat Bacem tahu tempe ayam yang Enak

Ray Taylor   07/10/2020 05:19

Bacem tahu tempe ayam
Bacem tahu tempe ayam

Lagi mencari inspirasi resep bacem tahu tempe ayam yang unik? Cara membuatnya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Kalau salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan bahkan tidak sedap. Padahal bacem tahu tempe ayam yang enak selayaknya punya aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari bacem tahu tempe ayam, pertama dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing jika mau menyiapkan bacem tahu tempe ayam enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu jadi sajian istimewa.

Lihat juga resep Tempe Tahu Bacem enak lainnya. Tahu Tempeh Bacem What is bacem? Bacem or baceman is a type of food preparation/cooking technique by slowly simmering food (especially tofu and tempeh) in salt, sugar, spices, and herbs in a covered pot until the simmering liquid is reduced and the seasonings are fully absorbed.

Nah, kali ini kita coba, yuk, siapkan bacem tahu tempe ayam sendiri di rumah. Tetap dengan bahan sederhana, sajian ini dapat memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuhmu sekeluarga. Anda dapat membuat Bacem tahu tempe ayam memakai 12 jenis bahan dan 5 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan dalam pembuatan Bacem tahu tempe ayam:
  1. Siapkan 1 papan tempe
  2. Ambil 4 potong tahu
  3. Ambil 5 potong sayap ayam
  4. Gunakan 1 buah Gula merah (yg bntuk tabung)
  5. Gunakan Bawang merah+ Bawang putih Blender (Stok bumbu halus d kulkas)
  6. Sediakan 2 buah kemiri
  7. Ambil daun salam
  8. Siapkan daun jeruk
  9. Gunakan lengkuas
  10. Sediakan serai
  11. Sediakan kecap manis
  12. Siapkan kaldu jamur

Dinikmati bersama nasi sayur lodeh, pecel, gudeg, sop, bahkan dicemil begitu saja juga nikmat! Resep ayam bacem, wajib coba untuk hidangan spesial di rumah Selain tahu dan tempe, protein hewani seperti ayam sering diolah menjadi baceman oleh masyarakat Yogyakarta. Potongan ayam diungkep (rebus dengan api kecil) dengan bumbu seperti bawang merah, bawang putih, kemiri, gula Jawa, dan air kelapa. Ayam bacem, tempe bacem, dan tahu bacem.

Langkah-langkah membuat Bacem tahu tempe ayam:
  1. Rebus ayam.. dan kukus tahu tempe nya terlebih dahulu
  2. Haluskan semua bumbu kcuali lengkuas serai dan dedaunan lalu tumis sebentar.. kemudian tambahkan air..
  3. Beri gula merah.. kaldu jamur merica. cek rasa.. setelah itu msukkn ayam tahu tempe..
  4. Tunggu hingga air asat setelah itu tiriskan..
  5. Goreng hingga agak kering (kalao kami suka yg agak2 gosong biar ndak terlalu berminyak) matang dan sajikaaan

Tiga makanan ini selain gudeg tentunya selalu membuat saya teringat dengan Jogya, kota dengan banyak kenangan, suka dan duka selama belajar disana. Ahh , kalau semasa sekolah sepertinya semua hal menyenangkan, jarang dukanya, kecuali ketika saat penelitian kala harus memasukkan satu truk pupuk kandang ke. Assalamu'alaikum,,, menu makan siang hari ini. aku bikin Kluban Sayur, goreng tempe, bacem ayam sama bikin peyek rebon 😁 dari kapan pengin bikin bacem ayam, tapi baru kesampean hari ini. rasanya legitt,, resep sampe dalem bumbunya 🤤 sebenernya bumbunya ya sama kayak bacem tahu/tempe. Cara membuat tempe bacem biasanya menggunakan air kelapa untu mendapatkan cita rasa manis yang lebih gurih, tetapi tanpa air kelapa pun kita juga dapat memasak tempe dan tahu bacem yang tak kalah enak pula. Sebenarnya bila tidak ingin menggunakan air kelapa, kita cukup menggantikannya dengan air biasa dalam resep.

Gimana nih? Mudah bukan? Itulah cara menyiapkan bacem tahu tempe ayam yang bisa Anda lakukan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved