Cara Gampang Menyiapkan Ayam bumbu bacem Anti Gagal

Beatrice Mendez   06/08/2020 20:18

Ayam bumbu bacem
Ayam bumbu bacem

Anda sedang mencari inspirasi resep ayam bumbu bacem yang unik? Cara membuatnya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Kalau salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan bahkan tidak sedap. Padahal ayam bumbu bacem yang enak seharusnya punya aroma dan rasa yang dapat memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari ayam bumbu bacem, pertama dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar, hingga cara mengolah dan menyajikannya. Tak perlu pusing jika ingin menyiapkan ayam bumbu bacem enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa menjadi sajian istimewa.

Jadi ceritanya ini menggabungkan antara dua bumbu ungkepan ayam goreng, bumbu kuning dan bumbu bacem. Lihat juga resep Ayam goreng bacem tanpa air kelapa enak lainnya. Cara memasak ayam dengan mudah serta cukup sederhana tetapi memiliki cita rasa yang enak berkesan, tentu tidak ada salahnya untuk dicoba.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan ayam bumbu bacem sendiri di rumah. Tetap dengan bahan sederhana, hidangan ini dapat memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda dapat membuat Ayam bumbu bacem memakai 12 bahan dan 4 tahap pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan untuk menyiapkan Ayam bumbu bacem:
  1. Ambil 1/2 kg daging ayam
  2. Gunakan 5 cabe rawit (optional)
  3. Gunakan 1/2 sachet merica bubuk
  4. Siapkan 2 biji kemiri
  5. Gunakan 1/2 sdm ketumbar
  6. Ambil 5 siung bawang merah
  7. Siapkan 3 siung bawang putih
  8. Gunakan 4 sdm kecap manis
  9. Ambil sisir gula aren
  10. Ambil kaldu bubuk
  11. Siapkan garam
  12. Ambil air

Satu resep sederhana yang tidak pernah orang Indonesia akan bosan menikmatinya - ayam bumbu bacem! Royco Kaldu Ayam dan Bango Kecap Manis kali ini bahu menciptakan satu harmoni dengan rasa gurih, manis, dan memanjakan pada resep ayam bumbu bacem. Resep ayam bacem, wajib coba untuk hidangan spesial di rumah Selain tahu dan tempe, protein hewani seperti ayam sering diolah menjadi baceman oleh masyarakat Yogyakarta. Potongan ayam diungkep (rebus dengan api kecil) dengan bumbu seperti bawang merah, bawang putih, kemiri, gula Jawa, dan air kelapa.

Cara membuat Ayam bumbu bacem:
  1. Ulek bumbu halus : bawang merah, bawang putih, garam, cabe, ketumbar, kemiri
  2. Tumis bumbu halus sampai harum
  3. Tambahkan air, masukan gula aren, masukan kecap, aduk, masukan daging ayam (kalo saya airnya agak banyak supaya ayamnya empuk dan bumbu dapat meresap ketika direbus agak lama) tunggu hingga air berkurang
  4. Koreksi rasa, sajikan

Spesialisasinya apalagi jika bukan ayam bacem yang gendut, berwarna coklat gelap dengan bumbu yang meresap hingga ke tulang-tulangnya. Dilengkapi dengan lalapan dan sambal terasi goreng yang rasanya top markotop, meminjam istilah Pak Bondan. Hmm, saya selalu usahakan di awal bulan untuk mampir membeli ayam bacem Mbok. Nah jika Anda suka dengan resep bacem tempe ataupun tahu bacem, tak perlu susah untuk membuatnya, karena sebenarnya cukup simple juga kok caranya. Bacem adalah menu masakan sehari-hari yang sering dibuat orang.

Terima kasih telah membaca resep yang tim kami tampilkan di sini. Harapan kami, olahan Ayam bumbu bacem yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan makanan yang sedap untuk keluarga/teman maupun menjadi ide bagi Anda yang berkeinginan untuk berjualan makanan. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved