Resep Donat Karamel Gula Palm yang Enak

Bill Keller   31/08/2020 13:23

Donat Karamel Gula Palm
Donat Karamel Gula Palm

Lagi mencari inspirasi resep donat karamel gula palm yang unik? Cara membuatnya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Jika keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal donat karamel gula palm yang enak seharusnya memiliki aroma dan cita rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari donat karamel gula palm, mulai dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar, hingga cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing jika mau menyiapkan donat karamel gula palm yang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Lihat juga resep Topping Karamel Donat enak lainnya. Berawal dari melihat postingan Bunda Ayomi, jadi pengen buat donat. Resepnya saya modifikasi dari Bunda Ayomi.

Nah, kali ini kita coba, yuk, ciptakan donat karamel gula palm sendiri di rumah. Tetap dengan bahan sederhana, sajian ini dapat memberi manfaat untuk membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda dapat membuat Donat Karamel Gula Palm menggunakan 12 bahan dan 2 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah untuk menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan dalam pembuatan Donat Karamel Gula Palm:
  1. Siapkan 250 g tepung terigu
  2. Ambil 120 ml susu cair/santan/air biasa
  3. Ambil 1 butir telur
  4. Ambil 30 g mentega
  5. Gunakan 2 sdm gula pasir
  6. Gunakan 1 sdt ragi instan
  7. Sediakan Secukupnya gula palm untuk taburan
  8. Gunakan Saus karamel :
  9. Gunakan 200 g gula palm
  10. Sediakan 80 g butter
  11. Sediakan 1/2 sdt garam
  12. Sediakan 100 ml santan

Baca juga: Resep Creme Brulee khas Perancis, Ide Jualan Dessert Box. Cara menyantap creme brulee, bagian karamel dipecahkan dengan punggung sendok. Hidangan penutup ini memadukan tekstur lembut puding. Gosongkan gula pasir, tuangkan air panas kedalamnya.

Langkah-langkah menyiapkan Donat Karamel Gula Palm:
  1. Campurkan semua bahan(kecuali mentega), uleni sampai 1/2kalis, terakhir masukkan mentega uleni lagi sampai benar2 kalis.Tutup adonan, istirahatkan selama 1 jam.Kempiskan adonan lalu bagi menjadi 10-12buah (saya gak ditimbang). Bulatkan dan pipihkan lalu lubangi tengahnya, istirahatkan kembali selama 15-20 menit dan donat siap digoreng.
  2. 4.Saus karamel : Masak gula di wajan anti lengket,biarkan sampai meleleh lalu masukkan butter.Tambahkan garam dan santan,aduk aduk.Setelah mengental kemudian angkat. - - Penyelesaian ; - Celupkan donat pada saus karamel lalu taburi gula palm diatasnya.Lakukan sampai habis,sajikan dan siap dinikmati.

Aduk-aduk bahan tersebut sampai larut dan mendidih. Masukkan white cooking coklat dan aduk-aduk kemabli merata. Ambil donat dan celupkan dalam bahan tersebut lalu sajikan. Memiliki rasa yang kompleks mirip dengan karamel serta berwarna coklat tua. Gula aren cair sekarang populer dicampur dalam kopi susu kekinian.

Terima kasih telah membaca resep yang tim kami tampilkan di sini. Besar harapan kami, olahan Donat Karamel Gula Palm yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan makanan yang menarik untuk keluarga/teman ataupun menjadi inspirasi untuk berjualan makanan. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved