Resep Ayam Bacem yang Lezat Sekali

Madge Waters   16/08/2020 07:46

Ayam Bacem
Ayam Bacem

Anda sedang mencari ide resep ayam bacem yang unik? Cara membuatnya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Kalau salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal ayam bacem yang enak seharusnya mempunyai aroma dan rasa yang dapat memancing selera kita.

Lihat juga resep Ayam goreng bacem jogja enak lainnya. Baceman merupakan menu makanan favorit khas Indonesia. Ayam Bacem Densus adalah MRE (Meal Ready To Eat) atau kata lainnya Siap Saji sehingga anda dapat saja langsung menyajikan dan menyantap produk kami saat diterima.

Banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari ayam bacem, pertama dari jenis bahan, kedua pemilihan bahan segar sampai cara mengolah dan menghidangkannya. Tak perlu pusing jika hendak menyiapkan ayam bacem enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa jadi sajian istimewa.

Nah, kali ini kita coba, yuk, buat ayam bacem sendiri di rumah. Tetap berbahan sederhana, hidangan ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Ayam Bacem memakai 13 bahan dan 3 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah untuk menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan dalam pembuatan Ayam Bacem:
  1. Ambil 1 ekor ayam, dipotong 12 (sesuai selera)
  2. Gunakan 1000 ml air kelapa
  3. Siapkan 50 g gula merah
  4. Ambil 6 lembar daun salam
  5. Gunakan 3 cm lengkuas, digeprek
  6. Ambil 3 sdm kecap manis
  7. Siapkan 2 sdt garam
  8. Ambil 2 sdm air asam jawa
  9. Siapkan Bumbu Halus
  10. Ambil 5 butir bawang merah
  11. Ambil 3 siung bawang putih
  12. Ambil 1 sdt jinten bubuk
  13. Siapkan 1 sdm ketumbar bubuk

Ayam bacem, tempe bacem, dan tahu bacem. Tiga makanan ini selain gudeg tentunya selalu membuat saya teringat dengan Jogya, kota dengan banyak kenangan, suka dan duka selama belajar disana. Ahh , kalau semasa sekolah sepertinya semua hal menyenangkan, jarang dukanya, kecuali ketika saat penelitian kala harus memasukkan satu truk pupuk kandang ke. Resep ayam bacem, wajib coba untuk hidangan spesial di rumah Selain tahu dan tempe, protein hewani seperti ayam sering diolah menjadi baceman oleh masyarakat Yogyakarta.

Cara menyiapkan Ayam Bacem:
  1. Disiapkan wajan, dimasukkan semua bahan dan bumbu. Diaduk rata. Dimasak dgn api kecil sampai air menyusut.
  2. Diangkat dan ditiriskan. Bisa ditaruh dikulkas atau bisa lgs digoreng dgn minyak panas api sedang, sebentar saja.
  3. Diangkat dan sajikan

Lihat juga resep Ayam kalasan tahu tempe bacem enak lainnya. Resep ini yang datang dari jawa tengah, resep ayam goreng bumbu bacem. Biasanya kita lebih sering menemui masakan tempe bacem, ternyata bukan hanya tempe yang bisa dibacem, ayam pun juga bisa. Istilah bacem sendiri adalah suatu proses pengawetan suatu makanan. Nah jika Anda suka dengan resep bacem tempe ataupun tahu bacem, tak perlu susah untuk membuatnya, karena sebenarnya cukup simple juga kok caranya.

Terima kasih telah membaca resep yang kami tampilkan di sini. Besar harapan kami, olahan Ayam Bacem yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan makanan yang enak untuk keluarga/teman ataupun menjadi inspirasi untuk berjualan makanan. Selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved